Beranda » Blog » Cara Tepat Bersihkan CPU Komputer Optimalkan Kinerja Perangkat

Cara Tepat Bersihkan CPU Komputer Optimalkan Kinerja Perangkat

Diposting pada 29 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 104 kali

CPU komputer biasanya menjadi bagian komputer yang jarang dibersihkan. Letak perangkat pendingin yang menutupi CPU mengharuskan pemilik untuk membongkarnya terlebih dahulu jika hendak membersihkan.

Alasan lain mengapa orang seringkali mengabaikan kebersihan CPU adalah hanya dilakukan secara berkala, bahkan dalam hitungan tahun. Wajar bila orang seringkali lupa melakukannya.

Cara Tepat Bersihkan CPU Komputer Optimalkan Kinerja Perangkat

unsplash.com

Cara Membersihkan CPU Komputer yang Benar

Biasanya, toko komputer memiliki berbagai merk CPU. Namun, merk dan spesifikasi bukanlah jaminan kinerja dan performa komputer berjalan dengan baik.

Tanpa mengimbanginya dengan pemakaian dan perawatan yang baik, mustahil kinerja perangkat selalu baik. Hal ini juga mempengaruhi usia pakai komputer.

Setidaknya, jagalah bagian CPU atau prosesor dari debu dan berbagai kotoran lain. Terlebih lagi jika intensitas penggunaan komputer terlalu sering.

Komputer dalam kondisi kotor tentu mengganggu kenyamanan pengguna. Nah, step by step khusus membersihkan CPU komputer terdapat dalam ulasan berikut.

Tahap Persiapan

Supaya proses membersihkan prosesor berjalan lancar, sebaiknya mempersiapkan kebutuhan alat dan bahan terlebih dahulu. Adapun daftar alat dan bahannya meliputi kain microfiber bersih, kuas halus, pembersih khusus atau alkohol isopropil, dan sikat gigi bekas.

Penting juga menyiapkan masker dan pelindung tangan. Keduanya sebagai antisipasi kulit dari paparan cairan pembersih elektronik dan keamanan.

Putuskan Seluruh Aliran Listrik

Selanjutnya, penting untuk memastikan melepas semua kabel CPU yang masih terhubung dengan aliran listrik. Lakukan juga pengecekan pada kabel yang terhubung pada printer, monitor, printer, speaker, dan perangkat lain.

Intinya, benar-benar memastikan tidak ada kabel-kabel yang terhubung dengan CPU, baik secara langsung maupun yang melewati perangkat. Bebaskan juga dari mouse, keyboard, LAN, dan USB.

Bersihkan Motherboard

Tahap membersihkan CPU komputer selanjutnya, melepas semua baut dan mulailah membersihkan bagian motherboard. Gunakan blower atau hairdryer dengan hati-hati untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel.

Pakai kuas halus untuk memastikan tidak ada lagi debu dan kotoran yang tertinggal. Hindari membersihkan perangkat dengan kain lembab karena bisa memicu kerusakan atau korsleting.

Membersihkan Kipas dan Heatsink CPU

Selanjutnya adalah tahap membersihkan heatsink dan kipas setelah melepaskannya dari motherboard. Pastikan juga membersihkan sisa-sisa thermal heatsink yang ada di bagian bawah.

Hasil lebih maksimal jika bisa memisahkan kipas dari heatsink. Setelah benar-benar bersih, barulah menyatukannya kembali.

Membersihkan CPU

Mengingat harga komputer tidak murah, lebih baik melakukan perawatan dengan benar agar tidak cepat rusak.

Sebagai langkah membersihkan CPU komputer, setelah mengangkat CPU dari tempatnya, lanjutkan dengan membersihkan debu dan kotoran yang bersarang.

Bagian lain yang harus dibersihkan adalah sisa thermal paste pada prosesor dan dudukan prosesor pada motherboard.

Bersihkan RAM

Bagian RAM juga tidak luput dari tahap pembersihan. Pakai penghapus karet untuk menggosok bagian emas pada RAM. Usahakan tidak menyentuh bagian tersebut secara langsung.

Bersihkan Kabel dan Komponen Lainnya

Tahap selanjutnya adalah membersihkan kabel dan komponen-komponen lain. Langkah-langkahnya adalah:

  • Pakailah sikat bekas dengan bulu halus untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang menempel pada kabel dan komponen lain.
  • Pastikan debu dan kotoran yang ada benar-benar hilang sempurna.
  • Untuk proses pembersihan efektif, bisa menggunakan semprotan udara atau kompresor.
  • Hati-hati saat melakukannya agar tidak berpotensi merusak kabel dan komponen lain tersebut.

Membersihkan Casing

Casing atau rumah semua perangkat juga tidak luput dari tahap pembersihan debu dan kotoran. Bersihkan bagian dalam dan luar casing.

Boleh menggunakan cairan khusus untuk mengangkat debu dan kotoran membandel. Sebelum merakitnya kembali, pastikan bagian casing benar-benar kering.

Di grosir komputer terpercaya, Anda bisa mendapatkan CPU komputer berkualitas baik. Klik www.SwalayanKomputer.com untuk mendapatkan aksesoris komputer lain sesuai kebutuhan.

Bila membersihkan CPU komputer sudah selesai, silakan merakit dan mencobanya. Penting meletakkan CPU di tempat kering dan bersih.

Bagikan ke

Cara Tepat Bersihkan CPU Komputer Optimalkan Kinerja Perangkat

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Pengertian Router Wifi, Fungsi, dan Cara Kerjanya
4 May 2024

Router WiFi adalah perangkat yang tidak terpisahkan dari jaringan internet. Adanya router memungkinkan beberapa perangkat bisa terkoneksi ke internet. Di... selengkapnya

MicroSD Card, Perangkat Penyimpanan Non-volatile
21 May 2024

MicroSD card merupakan salah satu perangkat penyimpanan non-volatile yang semakin penting dalam kehidupan digital modern. Dengan beragam merek dan spesifikasi... selengkapnya

Keunggulan RAM DDR5 Dibandingkan dengan RAM DDR4
16 June 2024

DDR5 merupakan generasi RAM terbaru yang telah diperkenalkan ke pasaran setelah melalui proses penelitian dan pengembangan yang cukup panjang. Para... selengkapnya

Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!
23 September 2022

Printer adalah salah satu aksesori pelengkap komputer yang wajib Anda miliki. Anda dapat dengan mudah menemukan printer di toko komputer.... selengkapnya

Fungsi Rahasia dari Flash Disk, Dapatkan di Toko Komputer Sekarang!
23 September 2022

Salah satu barang yang ada di toko komputer adalah flashdisk. Untuk Anda yang sudah akrab dengan komputer pasti tidak asing... selengkapnya

Mouse dan Keyboard Genius Komputer Pilihan Pelengkap Kebutuhan
2 March 2023

Genius komputer memiliki berbagai produk terbaik yang bisa menjadi pelengkap kebutuhan. Terdapat berbagai produk keluaran Genius seperti mouse dan keyboard.... selengkapnya

Pahami Fungsi Penting Kabel Power SATA pada Komputer
10 February 2023

Kabel power SATA termasuk dalam komponen komputer. Kabel SATA atau Serial Advanced Technology Attachment adalah sebuah kabel standar Internasional yang... selengkapnya

Cara Kerja Router Wireless, Dapatkan di Toko Konputer!
5 October 2022

Toko komputer adalah tempat yang paling tepat untuk mencari berbagai perlengkapan dan aksesoris komputer. Tidak hanya itu, mereka juga bisa... selengkapnya

Harga Mouse Surabaya Terjangkau, Bergaransi dan Lengkap Pilihannya
19 November 2019

Dalam era modern yang semakin canggih saat ini hampir semua kegiatan tidak dapat jauh dari komputer. Salah satu aksesoris komputer... selengkapnya

Tips Memilih Toko Grosir Sparepart Komputer Murah, Barangnya Berkualitas
29 October 2022

Memilih toko grosir sparepart komputer murah tidak boleh asal-asalan. Sebab, pemilihan toko akan mempengaruhi kualitas barang yang Anda beli. Jangan... selengkapnya

Cara Tepat Bersihkan CPU Komputer Optimalkan Kinerja Perangkat

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: