Beranda » Blog » Fungsi Wifi Repeater dan Jenisnya, Sinyal Makin Kencang

Fungsi Wifi Repeater dan Jenisnya, Sinyal Makin Kencang

Diposting pada 9 May 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 76 kali

Sudah banyak tersedia di toko atau grosir komputer, WiFi repeater ternyata punya peran penting sekarang ini. Bekerja atau mengoperasikan komputer, sudah barang tentu tidak terpisahkan dengan yang namanya internet maupun WiFi.

Mungkin saat mengakses jaringan di komputer, kerap mengalami putus-nyambung sinyal WiFinya. Ini bersumber dari keterbatasan kemampuan pemancar WiFi yang hanya bisa diterima jika masih berada dalam radius tertentu. Nah, di sinilah peran repeater sangat membantu.

Repeater hadir sebagai alat bantu agar sinyal makin kuat dan kecepatan internet kembali lancar. Lantas bagaimana perangkat repeater ini bekerja dan apa saja jenisnya?

Wifi Repeater

blibli.com

Fungsi dan Jenis WiFi Repeater

Repeater adalah perangkat tambahan yang fungsinya untuk menangkap dan memperluas jangkauan sinyal WiFi. Syarat utama jika hendak menggunakan alat ini adalah berada di dalam jangkauan WiFi utama.

Menariknya saat menggunakan repeater adalah selain sinyal yang kuat, juga tidak memengaruhi kualitas pengiriman data antar node (penerima data paling akhir).

Fungsi Repeater

Ada beragam fungsi repeater dalam ekosistem jaringan dan WiFi, yakni sebagai berikut.

1. Memperluas Jangkauan Sinyal WiFi

Memperlebar jangkauan internet adalah fungsi utama dari repeater. Jika tidak ada repeater, maka jaringan WiFi hanya bisa diakses secara terbatas. Yakni hanya di area tertentu dan tidak bisa disebarkan secara menyeluruh.

2. Meminimalisir Pemakaian Kabel Jaringan

Biasanya suatu tempat memerlukan kabel jaringan agar bisa terhubung dengan sinyal WiFi. Mengingat harga kabel jaringan yang tidak murah, alternatifnya bisa menggunakan repeater.

3. Mempercepat Proses Pengiriman dan Penerimaan Data

Fungsi WiFi repeater selanjutnya adalah untuk meningkatkan kecepatan proses pengiriman dan penerimaan data sinyal WiFi. Dengan demikian, saat ingin mengunduh, mengunggah, atau berkegiatan yang memerlukan internet (browsing) akan berjalan dengan lancar tanpa kendala.

4. Memaksimalkan Sinyal WiFi

Repeater juga bisa membantu menguatkan sinyal WiFi melalui metode pengulangan transfer data yang dimilikinya. Nantinya, repeater akan menangkap fan menambah sinyal WiFi ke akses jaringan internet.

Di samping itu, repeater bisa menggantikan posisi sebagai access point di kala router sedang mengalami kerusakan.

Jenis Repeater

Ada 3 jenis WiFi repeater dengan peran dan kelebihan masing-masing, yakni sebagai berikut.

  • Radio Repeater

Jenis repeater pertama ada radio repeater yang mempunyai fungsi untuk mengoptimalkan sinyal radio. Radio repeater bekerja dengan memancarkan ulang sinyal secara lebih kuat dan menerobos objek penghalang.

  • Repeater Telepon

Telephone repeater adalah jenis repeater yang dipakai pada saluran telepon. Fungsi dari repeater ini adalah untuk meningkatkan sinyal telepon yang lemah lantaran jauhnya jarak tempuh.

Jadi, bilamana titik lokasi jauh dari pemancar, sinyal yang diterima akan lemah serta koneksinya tidak bagus. Solusinya adalah menggunakan repeater telepon ini.

  • Repeater Komunikasi Optik

Optical communication repeater merupakan jenis repeater yang mempunyai fungsi memaksimalkan sinyal dalam kabel optik.

Mengapa Harus Memasang Repeater?

Penggunaan WiFi repeater jadi hal penting untuk bisa mendapatkan jaringan dan koneksi internet yang lancar. Repeater bekerja dengan cara menerima sinyal melalui beberapa antena.

Sinyal yang tertangkap antena receiver akan dipancarkan kemudian diproses dengan mengubah frekuensi sinyal supaya lebih baik kekuatannya. Selanjutnya, antena transmitter bertugas menyalurkan kembali sinyal ke perangkat yang membutuhkan koneksi.

Repeater akan membantu sekali jika dipasang pada rumah atau ruang yang berdinding tebal. Untuk memperluas jangkauan sinyal, repeater juga bisa jadi alternatifnya.

Meski banyak fungsi dan manfaat, harga repeater ini tidak menguras kantong. Salah satu toko yang bisa Anda kunjungi untuk pembelian yakni ada AIPEL COMPUTER.

Sebagai salah toko komputer dan perintilannya, AIPEL COMPUTER menawarkan banyak keuntungan. Sebut saja seperti harga komputer yang murah namun produknya dijamin prima. Selain itu, jenis WiFi repeater juga bisa Anda temukan di sini.

Bagikan ke

Fungsi Wifi Repeater dan Jenisnya, Sinyal Makin Kencang

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Mengetahui Apa Itu HDMI Extender Beserta Manfaatnya
9 June 2024

HDMI extender dapat membantu memperpanjang jarak kabel HDMI dengan efektif. Biasanya, extender ini dihubungkan ke ujung kabel HDMI dan dapat... selengkapnya

Pengertian Motherboard, Fungsi dan Jenis-jenisnya
11 April 2024

Motherboard adalah sebuah komponen utama dalam komputer, telah ada sejak era 1970-an. Pada awalnya, desain motherboard tidak sekompleks seperti sekarang... selengkapnya

Mengenal Bluetooth Dongle dan Cara Menggunakannya
24 April 2024

Bluetooth dongle merupakan perangkat yang berukuran kecil, namun dapat digunakan untuk menerima serta mengirimkan sinyal Bluetooth. Umumnya perangkat ini akan... selengkapnya

Grosir Accesories Komputer Surabaya Original Terlengkap Jaminan Mutu Terbaik
16 November 2019

Komputer tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari penggunaannya. Agar aktivitas semakin lancar yang dibutuhkan komputer tidak hanya CPU dan monitor... selengkapnya

Penjelasan Mengenai Hard Disk Drive atau HDD Caddy adalah
19 March 2023

HDD caddy adalah casing khusus untuk hard drive atau SSD yang terbuat dari bahan alumunium. Dalam casing ini ada bingkai... selengkapnya

Spesifikasi Laptop Lenovo g450, Perangkat Pendukung Berbagai Aktivitas
19 March 2023

Lenovo dengan ciri khasnya hadir bersama produknya yakni Lenovo g450. Ya, pasar elektronik yang terus semakin berkembang pesat membuat berbagai... selengkapnya

Fungsi RJ45, Spesifikasi Hingga Cara Kerjanya pada Komputer
2 March 2023

Fungsi RJ45 cukup penting pada perangkat komputer. RJ atau Registered Jack merupakan standar peralatan pada jaringan. Hampir semua komponen komputer... selengkapnya

Driver Epson L121, Simak Cara Mudah Menginstalnya
8 March 2023

Driver Epson L121 menarik untuk kita ulas! Berbicara perihal spesifikasi printer yang irit dan berkualitas namun tetap terjangkau, maka Epson... selengkapnya

Fungsi Penting Baterai CMOS CR2032 pada Komputer
31 January 2023

Baterai CMOS CR2032 merupakan baterai ringan yang berbentuk lingkaran serta berukuran kecil dan memiliki tegangan operasi sebesar 3 V. Biasanya... selengkapnya

Cara Mengecek Spek Komputer Secara Detail dan Lengkap
20 April 2024

Cara mengecek spek komputer penting untuk konsumen pahami sebelum membeli perangkat PC atau laptop di toko komputer. Spesifikasi komputer meliputi... selengkapnya

Fungsi Wifi Repeater dan Jenisnya, Sinyal Makin Kencang

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: