Beranda » Blog » Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Diposting pada 3 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 2.180 kali / Kategori:

Cara Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik

Keyboard menjadi salah satu komponen penting komputer maupun laptop. Sehingga, saat keyboard komputer tidak bisa mengetik maka harus tahu penyebabnya. Dengan demikian, dapat mengatasinya agar berfungsi normal kembali.

Keyboard yang tidak berfungsi tentu akan menghambat dan mempengaruhi produktivitas kerja. Salah satu penyebab keyboard tidak bisa digunakan adalah penggunaan dengan intensitas tinggi. Namun banyak pula pemicu lainnya yang menjadi penyebab keyboard rusak.

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Pixabay

Penyebab Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu keyboard mengalami kerusakan. Umumnya disebabkan oleh kotoran dan debu yang menumpuk di sela papan tik. Karena tidak dibersihkan secara rutin, maka keyboard tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kemudian adanya bug sistem operasi juga bisa menjadi penyebabnya. Tidak hanya tak bisa dioperasikan, bahkan adanya bug membuat komponen yang satu ini tidak bisa digunakan sama sekali.

Kerusakan fisik juga bisa terjadi pada keyboard, terutama untuk jenis papan tik USB. Penyebabnya adalah kerusakan pada kabel, sehingga saat menekannya tidak bisa merespon.

Penyebab lainnya adalah adanya masalah driver pada komputer. Sehingga menimbulkan kerusakan atau ketidakcocokan pada software driver dengan perangkat.

Harga keyboard tidak semahal harga komputer, namun perawatan rutin dan tepat perlu Anda lakukan agar perangkat ini tetap optimal kinerjanya serta awet. Anda bisa dengan mudah menemukan keyboard komputer di grosir komputer.

Cara Mengatasi Keyboard Tidak Bisa Mengetik

Jika sudah mengetahui penyebab keyboard komputer tidak bisa mengetik, berikut ini cara mengatasinya.

1. Restart Komputer

Untuk mengatasi keyboard tidak bisa mengetik, metode pertama dengan merestart komputer. Mulai ulang perangkat agar bisa mengatasi bug. Sehingga keyboard bisa kembali dipakai.

2. Cek Pengaturan Keyword

Cara berikutnya adalah dengan mengecek pengaturan papan ketik. Banyak yang menggunakan metode ini sebelum menerapkan solusi yang lainnya. Pasalnya, mengatasi papan ketik dengan cara ini sangat mudah.

  1. Klik Start
  2. Buka Control Panel, lalu klik Ease of Access
  3. Pilih Set up filter key, selanjutnya klik Uncheck all
  4. Langkah berikutnya cek kembali apakah keyboard sudah bisa digunakan belum.

3. Update Driver

Cara berikutnya adalah dengan update driver pada keyboard. Langkah pertama, klik logo Windows, ketikkan Device Manager.

Jika aplikasi sudah muncul, pilih opsi Keyboard dan klik kanan. Akan muncul menu, pilih Update Driver. Selanjutnya pilih Search automatically for updated driver software.

Ikuti petunjuk selanjutnya untuk update driver keyboard. Jika sudah, untuk melihat permasalahan sudah terselesaikan apa belum, maka restart komputer.

4. Bersihkan Keyboard

Salah satu alasan keyboard tidak bisa mengetik adalah terdapat kotoran di sela-sela tombol. Maka dari itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membersihkan terlebih dahulu.

Cek bagian papan ketik yang tidak berfungsi, kemungkinan terdapat kotoran yang menyangkut atau menempel di antara tombol. Cara membersihkannya dengan menggunakan kain microfiber atau sikat kecil untuk menyeka bagian yang kotor.

Gunakan sedikit alkohol pada larutan air. Kemudian basahi kain dan gosokkan secara lembut untuk memastikan kebersihan laptop.

5. Memasang Ulang Driver

Ketika driver lama tidak di-update, maka dapat memasang ulang. Untuk memasang ulang driver dengan langkah sebagai berikut.

  1. Buka Device Manager
  2. Klik Keyboard dan pasang ulang driver keyboard. Pada Scan for Hardware Changes, klik kanan dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  3. Langkah terakhir cek apakah komponen ini dapat berfungsi normal kembali.

Apabila keyboard tak berfungsi juga meskipun sudah diatasi dengan berbagai cara di atas, maka bisa menggantinya dengan yang baru. Tak perlu membawanya ke jasa servis, karena mengatasi keyboard komputer tidak bisa mengetik ini bisa dengan mengganti dengan komponen baru. Anda bisa menemukan keyboard baru berkualitas hanya di toko komputer terpercaya.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Manfaat Casing CPU dan Tips Memilihnya yang Paling Tepat
19 June 2024

Casing CPU merupakan salah satu komponen komputer yang sangat penting karena memiliki banyak manfaat atau fungsi. Namun tidak sedikit pengguna... selengkapnya

3 Tips & Saran Bisnis Dari Komputer Grosir Hardware Komputer
6 November 2022

Grosir Hardware Komputer bisa Anda incar untuk mendapatkan aneka produk yang bisa dijual kembali buat Anda yang ingin membuka bisnis... selengkapnya

Cara Memperbaiki Laptop Mati Sendiri, Kenali Penyebabnya
9 September 2024

Laptop menjadi perangkat yang penting untuk beberapa orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari, baik untuk belajar, bekerja, maupun hiburan. Namun, terkadang... selengkapnya

Grosir Accesories Komputer Surabaya Original Terlengkap Jaminan Mutu Terbaik
16 November 2019

Komputer tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari penggunaannya. Agar aktivitas semakin lancar yang dibutuhkan komputer tidak hanya CPU dan monitor... selengkapnya

Penyebab Headset Microphone Tidak Connect ke Komputer dan Solusinya
28 May 2024

Headset microphone merupakan perangkat audio khusus untuk dipasang di kepala lengkap dengan fitur microphone. Headset ini memungkinkan pengguna mendengarkan audio... selengkapnya

Fungsi Kabel LAN yang Mempermudah Kebutuhan dalam Komputer
7 March 2023

Kabel LAN atau kabel UTP memiliki fungsi penting untuk kebutuhan dalam komputer Anda. Kabel ini sangat bermanfaat bagi para pengguna... selengkapnya

Keunggulan Printer Epson L121, Cocok untuk Cetak Berkas Sendiri
2 February 2023

Printer Epson L121 bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari printer dengan kualitas terbaik dan menawarkan banyak keunggulan. Printer... selengkapnya

Keunggulan Cartridge Canon dan Cara Mengenali Produk Asli
20 June 2024

Tanpa adanya cartridge maka printer tidak dapat berjalan dengan normal. Pasalnya, fungsi cartridge ini adalah untuk menampung tinta. Kemudian terjadi... selengkapnya

Prolink PRO700SFC, Spesifikasi, Fungsi, Harga dan Keunggulannya
12 March 2023

Prolink PRO700SFC adalah sebuah perangkat networking yang berfungsi sebagai switch dengan 7 port Gigabit Ethernet dan 1 port fiber optic.... selengkapnya

Tipe-Tipe Kabel USB Micro yang Sering Digunakan, Cek di Sini!
9 February 2023

Kita tentu mengetahui apa itu kabel USB micro. Pasalnya peralatan elektronik yang satu ini terbilang cukup penting dan wajib dimiliki... selengkapnya

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: