Beranda » Blog » Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Diposting pada 3 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 2.068 kali / Kategori:

Cara Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik

Keyboard menjadi salah satu komponen penting komputer maupun laptop. Sehingga, saat keyboard komputer tidak bisa mengetik maka harus tahu penyebabnya. Dengan demikian, dapat mengatasinya agar berfungsi normal kembali.

Keyboard yang tidak berfungsi tentu akan menghambat dan mempengaruhi produktivitas kerja. Salah satu penyebab keyboard tidak bisa digunakan adalah penggunaan dengan intensitas tinggi. Namun banyak pula pemicu lainnya yang menjadi penyebab keyboard rusak.

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Pixabay

Penyebab Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu keyboard mengalami kerusakan. Umumnya disebabkan oleh kotoran dan debu yang menumpuk di sela papan tik. Karena tidak dibersihkan secara rutin, maka keyboard tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kemudian adanya bug sistem operasi juga bisa menjadi penyebabnya. Tidak hanya tak bisa dioperasikan, bahkan adanya bug membuat komponen yang satu ini tidak bisa digunakan sama sekali.

Kerusakan fisik juga bisa terjadi pada keyboard, terutama untuk jenis papan tik USB. Penyebabnya adalah kerusakan pada kabel, sehingga saat menekannya tidak bisa merespon.

Penyebab lainnya adalah adanya masalah driver pada komputer. Sehingga menimbulkan kerusakan atau ketidakcocokan pada software driver dengan perangkat.

Harga keyboard tidak semahal harga komputer, namun perawatan rutin dan tepat perlu Anda lakukan agar perangkat ini tetap optimal kinerjanya serta awet. Anda bisa dengan mudah menemukan keyboard komputer di grosir komputer.

Cara Mengatasi Keyboard Tidak Bisa Mengetik

Jika sudah mengetahui penyebab keyboard komputer tidak bisa mengetik, berikut ini cara mengatasinya.

1. Restart Komputer

Untuk mengatasi keyboard tidak bisa mengetik, metode pertama dengan merestart komputer. Mulai ulang perangkat agar bisa mengatasi bug. Sehingga keyboard bisa kembali dipakai.

2. Cek Pengaturan Keyword

Cara berikutnya adalah dengan mengecek pengaturan papan ketik. Banyak yang menggunakan metode ini sebelum menerapkan solusi yang lainnya. Pasalnya, mengatasi papan ketik dengan cara ini sangat mudah.

  1. Klik Start
  2. Buka Control Panel, lalu klik Ease of Access
  3. Pilih Set up filter key, selanjutnya klik Uncheck all
  4. Langkah berikutnya cek kembali apakah keyboard sudah bisa digunakan belum.

3. Update Driver

Cara berikutnya adalah dengan update driver pada keyboard. Langkah pertama, klik logo Windows, ketikkan Device Manager.

Jika aplikasi sudah muncul, pilih opsi Keyboard dan klik kanan. Akan muncul menu, pilih Update Driver. Selanjutnya pilih Search automatically for updated driver software.

Ikuti petunjuk selanjutnya untuk update driver keyboard. Jika sudah, untuk melihat permasalahan sudah terselesaikan apa belum, maka restart komputer.

4. Bersihkan Keyboard

Salah satu alasan keyboard tidak bisa mengetik adalah terdapat kotoran di sela-sela tombol. Maka dari itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membersihkan terlebih dahulu.

Cek bagian papan ketik yang tidak berfungsi, kemungkinan terdapat kotoran yang menyangkut atau menempel di antara tombol. Cara membersihkannya dengan menggunakan kain microfiber atau sikat kecil untuk menyeka bagian yang kotor.

Gunakan sedikit alkohol pada larutan air. Kemudian basahi kain dan gosokkan secara lembut untuk memastikan kebersihan laptop.

5. Memasang Ulang Driver

Ketika driver lama tidak di-update, maka dapat memasang ulang. Untuk memasang ulang driver dengan langkah sebagai berikut.

  1. Buka Device Manager
  2. Klik Keyboard dan pasang ulang driver keyboard. Pada Scan for Hardware Changes, klik kanan dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  3. Langkah terakhir cek apakah komponen ini dapat berfungsi normal kembali.

Apabila keyboard tak berfungsi juga meskipun sudah diatasi dengan berbagai cara di atas, maka bisa menggantinya dengan yang baru. Tak perlu membawanya ke jasa servis, karena mengatasi keyboard komputer tidak bisa mengetik ini bisa dengan mengganti dengan komponen baru. Anda bisa menemukan keyboard baru berkualitas hanya di toko komputer terpercaya.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Jenis Baterai AA yang Sering Digunakan, Kenali Sebelum Membeli
27 February 2023

Jenis baterai AA seringkali dijumpai di lingkungan sekitar. Pada era modern, barang elektronik sudah menjadi kebutuhan pokok hingga seluruh dunia.... selengkapnya

Card Reader, Perangkat Input Pembaca Kartu Memori
25 May 2024

Salah satu elemen penting yang dapat mendukung kemudahan dalam membaca informasi adalah card reader. Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi... selengkapnya

Berbagai Fitur Unggulan Modem 4G Prolink untuk Pengguna
9 August 2024

Modem 4G Prolink merupakan teknologi terkini yang menghadirkan inovasi baru dalam dunia jaringan internet dan perangkat pintar. Ini merupakan modem... selengkapnya

Tips Memilih Aksesoris Di Pusat Grosir Komputer
20 October 2022

Mengunjungi pusat grosir komputer bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan beragam komponen komputer dengan harga yang murah dengan banyak pilihan. Salah... selengkapnya

4 Tinta Epson L121 untuk Cetakan Akurat, Cepat, dan Berkualitas
15 March 2023

Epson L121 merupakan salah satu printer yang banyak digunakan. Printer ini memberikan hasil cetak yang cepat, banyak, dan berkualitas. Supaya... selengkapnya

Cara Mengoperasikan Desktop Jarak Jauh dengan Lebih Mudah
16 April 2024

Desktop jarak jauh ternyata tetap bisa diakses. Para penggunanya bisa mengakses perangkat yang dibeli di toko komputer secara jarak jauh.... selengkapnya

Beli Laptop Di Tempat Toko Komputer Terdekat, Ini Yang Perlu Anda Perhatikan
22 October 2022

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat toko komputer terdekat, untuk membeli laptop yang sesuai kebutuhan, ada baiknya jika Anda membaca... selengkapnya

Tips Memilih Supplier Accessories Komputer Surabaya yang Berkualitas
16 November 2019

Supplier accessories komputer Surabaya kini sudah semakin banyak bermunculan. Peningkatan jumlah supplier accessories komputer ini berkaitan dengan semakin tingginya permintaan... selengkapnya

Tips Membeli Di Grosir Aksesori Laptop Dengan Tepat
7 November 2022

Sekarang ini sudah semakin banyak bermunculan grosir aksesoris laptop di Indonesia. Peningkatan dari jumlah grosir aksesoris laptop tersebut tentunya berkaitan... selengkapnya

Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya
9 March 2023

Saat ini ada berbagai jenis kabel di grosir komputer dengan fungsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Adapun salah satunya yaitu kabel... selengkapnya

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik, Berikut Cara Mengatasinya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: