Beranda » Blog » Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

Diposting pada 21 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 75 kali

Dalam memenuhi kebutuhan jaringan, komputer seringkali bekerja sama dengan router. Meskipun kegunaannya sangatlah penting, namun nyatanya masih ada sebagian orang yang belum memahami bagaimana cara kerjanya. Untuk mengetahui cara kerja router, cermati saja uraian lengkap di bawah ini.

Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

freepik.com

Pahami Cara Kerja Router

Router termasuk salah satu perangkat jaringan yang mampu memberikan kinerja maksimal. Router ini berperan penting dalam mengarahkan paket data jaringan sehingga bisa bergerak secara efisien di perangkat yang membutuhkannya.

Dalam ketersediaannya, ada router berupa hardware maupun software di dalam komputer. Dengan bentuk apapun itu, perangkat ini bisa menyambungkan jaringan ke dalam internet.

Untuk menunjang fungsi maupun kinerjanya dengan baik, router memiliki mekanisme kerja tersendiri. Adapun cara kerja perangkat yang biasanya ada di toko komputer ini ialah dengan menghubungkan beberapa jenis perangkat sekaligus ke jaringan internet.

Dengan demikian, perangkat tersebut bisa akses internet karena mendapatkan jaringan yang memadai. Dalam cara kerja ini, router awalnya akan menerima paket data yang berasal dari satu jaringan.

Kemudian router akan membaca alamat tujuan yang ada di paket tersebut. Setelah menganalisis alamat IP sumber maupun tujuan yang ada di paket data, lantas berupaya untuk mengenali jaringan.

Selanjutnya, router akan memanfaatkan kabel routing untuk menentukan jalur pengiriman paket ke jaringan tujuan. Selain routing, router biasanya juga menggunakan mekanisme pengalihan seperti halnya switching.

Dengan mekanisme pengalihan tersebut, pemindahan paket data pun bisa langsung ke port keluar. Melalui mekanisme tersebut, router akan terus bekerja secara berulang setiap mendapatkan paket data.

Manfaat Router

Grosir komputer menyediakan router dengan cara kerja maksimal bukan tanpa alasan. Alasannya tak lain karena perangkat ini memang memiliki banyak manfaat yang menguntungkan setiap penggunanya. Adapun beberapa manfaatnya ialah sebagai berikut.

Menghubungkan Jaringan

Sudah bukan rahasia lagi apabila router memberikan manfaat dalam menghubungkan jaringan. Dalam artian, menyambungkan suatu jaringan dengan jaringan yang lainnya.

Karena jaringan bisa tersambung dengan baik, maka perangkat mampu berfungsi secara optimal. Hal ini tidak hanya berlaku pada komputer saja, melainkan juga perangkat lainnya. Misalnya saja smartphone, laptop, CCTV dan lain sebagainya.

Arahkan Lalu Lintas Data

Tak banyak yang menyadari sepenuhnya bahwa router juga bermanfaat dalam mengarahkan lalu lintas data. Manfaat ini pun terasa semakin maksimal karena mampu melibatkan berbagai perangkat ataupun jaringan sekaligus.

Cara kerja router ini bisa membuat penggunanya merasa lebih praktis. Pengguna memang tidak perlu mengaturnya sendiri secara manual sehingga tak akan buang-buang waktu maupun tenaga.

Memudahkan Pembacaan Packet Filtering

Manfaat lainnya dari router ialah memberikan kemudahan dalam membaca packet filtering. Hal ini tidak lain karena router ada di OSI layer 2.

Karena posisinya tersebut, router bisa membaca sekaligus mengolah packet. Hal ini memungkinkan router bisa melakukan Qos di dalam jaringan tertentu.

Beda Router dan Routerboard

Tak sedikit yang kesulitan dalam membedakan router dan routerboard. Padahal keduanya memiliki perbedaan dari segi tampilan.

Untuk router, bisa berupa hardware maupun software sebagaimana uraian di atas. Namun untuk routerboard, biasanya berupa grafik. Hal ini memungkinkan pengguna tak perlu menuliskan perintah-perintah saat ingin memanfaatkannya karena cara kerja routerboard beda dengan router.

Harga komputer memang tinggi. Karenanya, jangan asal-asalan dalam memilih komponen pendukungnya. Gunakan router berkualitas dengan cara kerja mumpuni. Hal ini bisa membuat komputer semakin optimal dalam menjalankan kinerjanya sesuai dengan keinginan maupun keperluan pengguna.

Bagikan ke

Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Tips Membeli Supaya Mendapatkan Harga Komputer Murah dan Bagus
23 September 2022

Membeli produk komputer, hardware, maupun komponen lainnya, sudah barang tentu tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. Salah satu hal penting... selengkapnya

Berbagai Aksesoris yang Tersedia di Toko Perlengkapan Komputer
30 January 2023

Toko perlengkapan komputer menjadi pilihan yang tepat apabila sedang membutuhkan sparepart dari komputer. Saat ini sudah tersebar banyak toko yang... selengkapnya

Adaptor Monitor LG Bergaransi dengan Kualitas dan HargaTerbaik
31 January 2023

Untuk Anda yang kini tengah mencari adaptor monitor LG, sebaiknya tidak sembarangan membeli. Terkadang karena terburu-buru Anda bahkan jadi gegabah... selengkapnya

Mini HDMI2AV untuk Sambungkan Perangkat Laptop ke TV
13 March 2023

Mini HDMI2AV merupakan sebuah alat yang dapat Anda pergunakan untuk mentransfer atau mengkonversi perangkat HDMI, baik itu laptop, komputer, media... selengkapnya

DDR4 Adalah, Pahami Pengertian dan Keunggulannya
15 March 2023

DDR4 adalah singkatan dari Double Data Rate 4. Double Data Rate (DDR) merupakan jenis dari sebuah RAM komputer sebagai penerus... selengkapnya

Fungsi dan Manfaat Penting Menggunakan Mouse Pad Bantal
17 February 2023

Mouse pad bantal merupakan salah satu aksesoris komputer dan laptop yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Bahkan... selengkapnya

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Printer Surabaya Terlengkap
19 November 2019

Mencetak dokumen bisa dilakukan secara mudah dengan bantuan printer. Tak hanya dokumen saja, printer juga bisa dimanfaatkan untuk mencetak foto.... selengkapnya

Fungsi USB Micro B Sebagai Penghubung Antar Perangkat Elektronik
3 February 2023

USB micro B merupakan salah satu kabel USB dari banyaknya yang tersebar. Kabel USB merupakan perlengkapan yang sering ada pada... selengkapnya

Mengenal Pengertian Komputer Mainframe, Fungsi hingga Contohnya
27 March 2024

Peran komputer dalam dunia modern sangatlah besar. Hampir semua aktivitas saat ini sangat bergantung pada teknologi ini. Berkembangnya inovasi telah... selengkapnya

Mengenal Lebih Dekat Pengertian dan Fungsi HDMI Splitter
26 April 2024

HDMI splitter termasuk perangkat yang penting. Hanya saja, tak sedikit orang yang masih belum mengenalnya secara lebih mendalam. Untuk itu,... selengkapnya

Cara Kerja Router Lengkap Dengan Segudang Manfaatnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: