Beranda » Blog » Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis

Diposting pada 24 March 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 174 kali

Cara melihat spesifikasi PC sebenarnya sangat mudah. Ini menjadi salah satu tips komputer yang wajib dipahami. Sebab, bisa saja bermanfaat.

Tidak hanya PC, cara ini juga bisa dilakukan pada laptop. Hal ini akan sangat mempermudah pemilik jika ingin mencari aksesori komputer atau bahkan dalam proses perbaikan. Toko komputer tidak selalu menjelaskan secara rinci spesifikasinya.

Cara Melihat Spesifikasi PC

pixabay.com

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah

Spesifikasi PC menjadi hal utama yang harus diperhatikan, terutama karena harga komputer tidak murah. Bagaimanapun juga, spesifikasi ini bisa mempengaruhi performa perangkat komputer.

Sebelum membeli komputer atau laptop, seseorang harus memahami spesifikasinya. Apakah spesifikasi komputer sudah sesuai dengan kebutuhan penggunaan atau tidak .

Adapun spesifikasi dari komputer meliputi berbagai aspek, seperti memori, sistem operasi, kartu grafis, dan bahkan prosesor. Selain itu, ada berbagai bagian yang termasuk ke dalam spesifikasi komputer.

Sayangnya, ada banyak orang yang tidak tahu atau bahkan lupa spesifikasi dari laptop mereka. Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa caranya.

Melalui My Computer

Cara melihat spesifikasi PC pertama yang dibeli di grosir komputer adalah dari menu My Computer. Ini merupakan salah satu menu yang akan sangat membantu para penggunanya.

Fitur My Computer akan memberikan informasi lengkap terkait spesifikasi laptop maupun komputer. Cara menggunakannya juga sangat mudah.

Pemilik hanya harus membuka menu My Computer atau This PC di desktop. Selain itu, pemilik juga klik langsung ikon My Computer atau This PC di menu Start. Dengan begitu akan muncul semua informasi terkait spesifikasi perangkat.

PC MacOS

Meski sebagian besar komputer saat ini menggunakan sistem operasi Windows, tetapi produk Apple menggunakan sistem operasi MacOS. Mac adalah PC atau laptop dari perusahaan Apple.

Pengguna Mac saat ini juga semakin banyak. Bagi para pengguna PC berbasis MacOS, maka bisa melihat spesifikasi perangkat dengan cara yang sedikit berbeda.

Namun, cara pengecekannya juga tetap mudah. Pertama klik bagian logo Apple terlebih dahulu yang ada di layar utama MacBook.

Setelah itu, akan muncul menu drop-down dan segera klik menu “About This Mac”. Perangkat akan segera memunculkan jendela aplikasi yang memperlihatkan informasi prosesor, grafis, serta memorinya.

Jika ingin melihat menu RAM, klik “Memory” dan apabila ingin melihat informasi baterai, klik “About This Mac” kemudian “System Report”. Untuk mengecek Hardware, pilih opsi “Power”.

Melalui System Information

Cara melihat spesifikasi PC selanjutnya adalah bisa menggunakan System Information. Ini merupakan fitur yang ada di perangkat desktop berbasis Microsoft.

Windows System Information adalah sebuah fitur khusus bawaan dari sistem operasi. Dengan fitur ini, pemilik laptop bisa mendapatkan informasi terkait RAM, sistem operasi, dan juga berbagai komponen lainnya.

Sebenarnya, fitur ini mirip seperti My Computer. Fitur System Information dapat digunakan dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Pertama, klik tombol Windows + R secara bersamaan pada keyboard. Kombinasi tersebut akan membuka dialog “Run” di PC. Setelah itu, ketik “msinfo32” di dalam kotak dialog, kemudian klik Enter atau OK.

Hal itu akan membuat jendela Windows System Information akan segera muncul. Selanjutnya pengguna bisa melihat berbagai informasi lengkap terkait PC ini.

Melalui cara tersebut, melihat spesifikasi komputer maupun laptop akan lebih mudah. Hal ini bisa sangat bermanfaat untuk memahami kapasitas performa perangkat komputer itu sendiri.

Selain itu, cara ini juga memudahkan pemilik jika ingin mengganti komponen tertentu. Bahkan, cara melihat spesifikasi PC juga akan memberikan informasi terkait perangkat lunak yang ada di dalam komputer.

Bagikan ke

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Kenali Apa Itu Splitter, Jenis hingga Fungsinya dalam Headset Gaming
8 February 2023

Bagi Anda yang suka bermain game, pastinya tak asing lagi dengan splitter. Namun berbeda halnya untuk Anda yang tidak suka... selengkapnya

TP LINK 150mbps TL-WN722N, Buat Sinyal Lebih Stabil
25 February 2023

TP LINK 150mbps atau TP LINK TL-WN722N merupakan perangkat wireless yang berfungsi sebagai pengganti wireless internal laptop atau PC. Perangkat... selengkapnya

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Agar Lebih Menarik
8 May 2024

Cara menyalakan lampu keyboard laptop akan sangat bermanfaat. Lampu pada keyboard laptop akan menambah kesan unik dan menarik pada perangkat.... selengkapnya

Ingin Beli PC Rakitan di Toko Komputer? Ketahui Beberapa Hal Ini!
23 September 2022

Beberapa tips membeli PC rakitan di toko komputer ini mungkin akan membantu Anda saat hendak membeli sebuah komputer. Ya, teknologi... selengkapnya

Kenali Jenis Grosir Komputer Secara Umum, Ini Penjelasan Lengkapnya!
23 September 2022

Membeli komputer di tempat grosir bisa lebih hemat budget karena harganya miring. Namun sebelum membeli komputer, pastikan Anda tahu apa... selengkapnya

Tips Memilih Monitor PC Murah Terbaik Sesuai Kebutuhan
16 May 2024

Monitor PC murah tidak selamanya murahan atau menawarkan spesifikasi yang buruk. Apalagi mengingat monitor adalah  perangkat output yang menampilkan informasi... selengkapnya

Inilah Sederet Keuntungan Beli di Toko Komputer Online
21 September 2022

Dewasa ini, membeli perangkat, komponen, maupun hardware komputer sudah semakin mudah. Kamu hanya perlu datang ke toko komputer kemudian melakukan... selengkapnya

3 Tips & Saran Bisnis Dari Komputer Grosir Hardware Komputer
6 November 2022

Grosir Hardware Komputer bisa Anda incar untuk mendapatkan aneka produk yang bisa dijual kembali buat Anda yang ingin membuka bisnis... selengkapnya

Rekomendasi Produk Yang Berguna Di Toko Grosir Accesories Computer
23 October 2022

Komputer Anda tak akan lengkap dengan aksesoris. Meskipun bukan merupakan hal yang wajib namun dalam kenyataannya terdapat fungsi dari komputer... selengkapnya

Jenis dan Contoh Hardware yang Ada di Toko Komputer
23 September 2022

Ketika Anda pergi ke toko komputer, pasti akan menemukan istilah hardware. Hardware sendiri memiliki arti sebagai perangkat keras komputer. Artinya,... selengkapnya

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: