Beranda » Blog » Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Diposting pada 1 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 193 kali / Kategori:

Cara mengatasi blue screen Windows 10 mungkin cukup membingungkan. Hal itu karena tidak semua orang memahami komputer dengan baik.

Dengan harga komputer yang cukup mahal, memang tidak heran jika pengguna akan panik ketika muncul blue screen. Padahal, sebenarnya ini bisa diatasi dengan mudah.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

pcmag.com

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Pernah bermain laptop atau komputer namun tiba-tiba terhambat dengan blue screen? Jika ini terjadi, maka sebaiknya jangan langsung panik.

Blue screen sendiri adalah salah satu jenis kesalahan atau error. Ini biasa ditemukan di perangkat dengan OS Microsoft Windows.

Bahkan, perangkat dengan Windows 10 juga bisa mengalami masalah ini. Sebagai informasi, Windows 10 adalah salah satu versi yang banyak digunakan untuk saat ini.

Blue screen terjadi ketika terjadi masalah pada sistem operasi, termasuk software dan hardware. Sehingga, perangkat akan crash dan tidak bisa pengguna operasikan dengan benar.

Error pada system ini terkenal dengan sebutan blue screen of death atau BSOD. Sesuai dengan namanya, kesalahan sistem akan membuat perangkat berhenti secara paksa sehingga menimbulkan efe berupa layar biru.

Apabila ini terjadi, jangan langsung panik. Tetap tenang dan lakukan beberapa cara di bawah ini agar bisa mengatasi blue screen Windows 10.

1. Mulai Ulang Perangkat

Ketika perangkat mengalami blue screen, maka layar akan berubah menjadi biru. Pengguna juga tidak akan bisa melakukan apapun untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, pengguna bisa langsung melakukan restart atau mulai ulang perangkat laptop maupun komputer. Umumnya perangkat yang mengalami blue screen akan melakukan restart otomatis.

Namun, pengguna bisa melakukan restart manual. Pengguna bisa menekan tombol power perangkat beberapa saat atau Windows + X secara bersamaan.

2. Repair Operasi Windows

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ketika perangkat yang dibeli di toko komputer mengalami blue screen adalah repair operasi Windows. Ini menjadi langkah alternatif yang direkomendasikan.

Pengguna bisa mempertimbangkan untuk melakukan perbaikan sistem operasi Windows ini ketika blue screen terus muncul. Tindakan ini umumnya sangat diperlukan untuk mengatasi masalah blue screen akibat kerusakan pada file Windows.

Perlu dipahami bahwa langkah ini akan membutuhkan DVD sistem operasi Windows. DVD sistem ini berfungsi sebagai alat perbaikan.

Pengguna akan menggunakan DVD sistem tersebut untuk merestorasi sistem operasi Windows. Dengan begitu, sistemnya akan kembali membaik dan blue screen akan menghilang.

3. Hapus Instalasi Program Baru

Cara mengatasi blue screen Windows 10 adalah dengan menghapus instalasi program baru. Sebab, bisa jadi program tersebut adalah sumber masalah blue screen.

Ketika masalah blue screen muncul setelah menginstal program atau perangkat lunak baru, maka ini adalah sumber masalahnya. Pengguna sebaiknya menghapus program tersebut.

Sebab, bisa jadi program tidak kompatibel pada perangkat. Dengan begitu, akhirnya instalasi menyebabkan blue screen pada perangkat laptop atau komputer.

4. Instal Ulang Windows

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah menginstal ulang Windows. Ini bisa dilakukan ketika cara di atas belum bisa mengatasi masalah blue screen.

Pengguna sebaiknya menginstal ulang sistem operasi Windows pada komputer atau laptop. Namun, jika cara ini tidak berhasil juga artinya adalah masalah pada perangkat keras dan harus diganti.

Jadi, itulah cara mengatasi blue screen pada perangkat. Untuk mendapatkan perangkat komputer dan laptop serta aksesorisnya, toko komputer terpercaya sangat dibutuhkan.

Aipel Computer adalah menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Jika mengalami masalah ini, pengguna bisa langsung melakukan cara mengatasi blue screen Windows 10 seperti yang disebutkan sebelumnya.

Tags: ,

Bagikan ke

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Solusi Mengatasi Gagal Saat Instal Aplikasi di Komputer
14 August 2024

Mungkin sebagian pengguna mengalami masalah saat menginstal aplikasi di komputer, yang bisa sangat merugikan, terutama jika aplikasi tersebut sangat dibutuhkan.... selengkapnya

Pengertian Kabel Data, Fungsi, dan Perbedaanya dengan Kabel Charger
6 June 2024

Kabel data atau data cable merupakan alat banyak dijumpai di toko-toko komputer. Bahkan, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan... selengkapnya

Harga Connector Surabaya Berbagai Macam Jenis dan Type
19 November 2019

Komputer terdiri dari serangkaian sistem dan beberapa komponen yang sering dikenal dengan sebutan perangkat keras. Perangkat keras mempunyai fungsi yang... selengkapnya

Jenis Baterai AA yang Sering Digunakan, Kenali Sebelum Membeli
27 February 2023

Jenis baterai AA seringkali dijumpai di lingkungan sekitar. Pada era modern, barang elektronik sudah menjadi kebutuhan pokok hingga seluruh dunia.... selengkapnya

Harga Switch Hub TP-Link Surabaya Dengan Berbagai Jumlah Port Ada Diskon
18 November 2019

Switch hub TP-Link memudahkan anda dalam memperluas jaringan kabel. Supaya tujuan tersebut terpenuhi dengan baik, pastikan anda memilih switch hub... selengkapnya

Mengenal Definisi SSD, Fungsi dan Perbedaannya dengan HDD
17 April 2024

Laptop SSD adalah jenis komputer yang tidak mengandalkan Hard Disk Drive (HDD) sebagai media penyimpanan data, melainkan menggunakan Solid State... selengkapnya

Apa Itu Stavolt, Coba Kenali Fungsinya Dulu Sebelum Beli
4 February 2023

Apa itu stavolt memang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membeli. Fungsi stabilizer atau stavolt perlu diketahui, apalagi bagi yang berkecimpung... selengkapnya

Yuk Kenali Stavolt Komputer, Ternyata Bisa Beri Banyak Keuntungan
5 March 2023

Stavolt komputer atau biasa disebut stabilizer ini menjadi salah satu komponen yang dapat menjaga daya tahan komputer serta juga menstabilkan... selengkapnya

Tips Mengatasi Power Supply Komputer Rusak Beserta Ciri-cirinya
4 September 2024

Power supply komputer adalah komponen vital yang menyuplai listrik ke semua bagian komputer, memastikan perangkat berfungsi dengan baik. Selain memberikan... selengkapnya

Kenali Kriteria Toko Komputer Terdekat Di Sini Paling Ideal
16 October 2022

Mencari toko komputer terdekat di sini mungkin bisa menjadi pilihan Anda yang paling mudah untuk mencari toko komputer. Karena jika... selengkapnya

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: