Beranda » Blog » Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Diposting pada 1 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 199 kali / Kategori:

Cara mengatasi blue screen Windows 10 mungkin cukup membingungkan. Hal itu karena tidak semua orang memahami komputer dengan baik.

Dengan harga komputer yang cukup mahal, memang tidak heran jika pengguna akan panik ketika muncul blue screen. Padahal, sebenarnya ini bisa diatasi dengan mudah.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

pcmag.com

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Pernah bermain laptop atau komputer namun tiba-tiba terhambat dengan blue screen? Jika ini terjadi, maka sebaiknya jangan langsung panik.

Blue screen sendiri adalah salah satu jenis kesalahan atau error. Ini biasa ditemukan di perangkat dengan OS Microsoft Windows.

Bahkan, perangkat dengan Windows 10 juga bisa mengalami masalah ini. Sebagai informasi, Windows 10 adalah salah satu versi yang banyak digunakan untuk saat ini.

Blue screen terjadi ketika terjadi masalah pada sistem operasi, termasuk software dan hardware. Sehingga, perangkat akan crash dan tidak bisa pengguna operasikan dengan benar.

Error pada system ini terkenal dengan sebutan blue screen of death atau BSOD. Sesuai dengan namanya, kesalahan sistem akan membuat perangkat berhenti secara paksa sehingga menimbulkan efe berupa layar biru.

Apabila ini terjadi, jangan langsung panik. Tetap tenang dan lakukan beberapa cara di bawah ini agar bisa mengatasi blue screen Windows 10.

1. Mulai Ulang Perangkat

Ketika perangkat mengalami blue screen, maka layar akan berubah menjadi biru. Pengguna juga tidak akan bisa melakukan apapun untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, pengguna bisa langsung melakukan restart atau mulai ulang perangkat laptop maupun komputer. Umumnya perangkat yang mengalami blue screen akan melakukan restart otomatis.

Namun, pengguna bisa melakukan restart manual. Pengguna bisa menekan tombol power perangkat beberapa saat atau Windows + X secara bersamaan.

2. Repair Operasi Windows

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ketika perangkat yang dibeli di toko komputer mengalami blue screen adalah repair operasi Windows. Ini menjadi langkah alternatif yang direkomendasikan.

Pengguna bisa mempertimbangkan untuk melakukan perbaikan sistem operasi Windows ini ketika blue screen terus muncul. Tindakan ini umumnya sangat diperlukan untuk mengatasi masalah blue screen akibat kerusakan pada file Windows.

Perlu dipahami bahwa langkah ini akan membutuhkan DVD sistem operasi Windows. DVD sistem ini berfungsi sebagai alat perbaikan.

Pengguna akan menggunakan DVD sistem tersebut untuk merestorasi sistem operasi Windows. Dengan begitu, sistemnya akan kembali membaik dan blue screen akan menghilang.

3. Hapus Instalasi Program Baru

Cara mengatasi blue screen Windows 10 adalah dengan menghapus instalasi program baru. Sebab, bisa jadi program tersebut adalah sumber masalah blue screen.

Ketika masalah blue screen muncul setelah menginstal program atau perangkat lunak baru, maka ini adalah sumber masalahnya. Pengguna sebaiknya menghapus program tersebut.

Sebab, bisa jadi program tidak kompatibel pada perangkat. Dengan begitu, akhirnya instalasi menyebabkan blue screen pada perangkat laptop atau komputer.

4. Instal Ulang Windows

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah menginstal ulang Windows. Ini bisa dilakukan ketika cara di atas belum bisa mengatasi masalah blue screen.

Pengguna sebaiknya menginstal ulang sistem operasi Windows pada komputer atau laptop. Namun, jika cara ini tidak berhasil juga artinya adalah masalah pada perangkat keras dan harus diganti.

Jadi, itulah cara mengatasi blue screen pada perangkat. Untuk mendapatkan perangkat komputer dan laptop serta aksesorisnya, toko komputer terpercaya sangat dibutuhkan.

Aipel Computer adalah menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Jika mengalami masalah ini, pengguna bisa langsung melakukan cara mengatasi blue screen Windows 10 seperti yang disebutkan sebelumnya.

Tags: ,

Bagikan ke

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Kisaran Harga Hardware Toko Komputer Surabaya Terlengkap
20 November 2019

Komputer merupakan peralatan yang memudahkan sebuah pekerjaan. Setiap pekerjaan pastinya memiliki campur tangan komputer. Salah satu komponen komputer yang memiliki... selengkapnya

Pahami Definisi BNC Connector dan Jenis-jenisnya
27 February 2023

BNC Connector memiliki banyak jenisnya. Konektor adalah sebuah alat yang berguna untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan kabel. Penggunaan konektor ini... selengkapnya

Memupuk Semangat Belajar dan Mengembangkan Diri
14 May 2023

Dalam era globalisasi dan persaingan kerja yang semakin ketat, semangat belajar dan mengembangkan diri menjadi kunci sukses bagi setiap individu.... selengkapnya

Tips Dalam Memilih PC Bagus Dan Murah
7 November 2022

Dalam membeli pc atau komputer baru tentunya tidak bisa dibilang mudah. Apalagi jika anda masih mempunyai budget yang terbatas, yang... selengkapnya

Pilihan Harga Mouse Laptop Murah dengan Kualitas Terbaik
7 June 2024

Harga mouse laptop memang sangat beragam. Ada berbagai jenis mouse laptop yang bisa ditemukan di pusat grosir komputer. Tentu saja... selengkapnya

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown
30 July 2024

Komputer tidak bisa shutdown adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna. Ketika komputer tidak merespon perintah shutdown, ini dapat... selengkapnya

Tips Membeli Produk Di Grosir Aksesoris Komputer Termurah
23 October 2022

Laptop sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan tak lagi menjadi barang Langkah dan mewah. Bahkan sudah banyak berdiri berbagai tempat... selengkapnya

Tang Crimping Berfungsi untuk Banyak Hal, Inilah 4 Komponen Pentingnya
11 March 2023

Tang crimping berfungsi untuk banyak hal dalam bidang instalasi listrik dan jaringan. Seperti menggunting, mengupas, hingga menjepit kabel berjenis Unshielded... selengkapnya

Harga USB Hub Surabaya Sangat Terjangkau dan Lengkap
19 November 2019

USB Hub merupakan salah satu perangkat yang digunakan sebagai perantara. Perantara ini diperlukan untuk menghubungkan antara perangkat eksternal dengan komputer.... selengkapnya

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dengan Aman
15 May 2024

Kipas laptop berisik merupakan kerusakan yang wajib diketahui. Sebab, hal ini akan sangat mengganggu pemilik dan orang lain di sekitarnya.... selengkapnya

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: