Beranda » Blog » Cara Mematikan Laptop yang Benar Agar Awet dan Tidak Eror

Cara Mematikan Laptop yang Benar Agar Awet dan Tidak Eror

Diposting pada 31 March 2024 oleh ASEN / Dilihat: 104 kali

Cara mematikan laptop yang benar ternyata harus diperhatikan. Sayangnya, masih cukup banyak orang yang menyepelekan hal ini.

Laptop adalah komputer portabel. Daripada PC, laptop lebih mudah dibawa kemana-mana, sehingga menjadi pilihan lebih banyak orang.

Cara Mematikan Laptop yang Benar

pixabay.com

Cara Mematikan Laptop yang Benar dengan Mudah

Laptop di toko komputer terdiri dari berbagai merek. Setiap laptop yang tersedia di grosir komputer tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda, namun perawatannya tetap sama.

Tidak hanya cara mengecas dan aksesorisnya, tetapi cara mematikan laptop juga perlu menjadi perhatian khusus. Fakta bahwa banyak orang menganggap hal ini tidak penting bisa membuat laptop tambah hang.

Mematikan laptop secara normal atau saat sedang hang itu tidak sembarangan. Ketika hang, maka laptop jadi tidak responsif sehingga pemiliknya tidak bisa melanjutkan aktivitas. 

Berikut ini beberapa cara yang tepat untuk mematikan laptop sehingga tidak mudah rusak.

Menggunakan Menu Power

Mematikan atau shutdown laptop melalui menu Power adalah langkah yang paling normal. Hal ini juga dapat mencegah perangkat hang saat menyala.

Caranya hanya perlu klik ikon Windows yang berada di bagian taskbar. Kemudian, tekan tombol Power yang berbentuk seperti lingkarang dengan garis kecil di bagian tengah.

Setelah itu, akan ada tiga pilihan yang muncul, yakni sleep, restart dan shut down. Untuk mematikan, maka klik shut down.

Dengan cara ini, laptop akan memberikan notifikasi jika masih ada program yang berjalan. Pengguna harus segera menutupnya agar perangkat bisa mati.

Tekan Windows + R

Cara mematikan laptop yang benar berikutnya ialah menekan Windows + R. Apabila laptop hang atau error, maka layarnya akan freeze. Ketika ini terjadi, pengguna hanya bisa menggunakan keyboard untuk mematikannya.

Salah satu kombinasi keyboard yang penting adalah Windows + R. Ini merupakan alternatif untuk memasukkan perintah ke dalam jendela Run.

Kombinasi keyboard Windows + R akan membuka jendela pop-up Run. Di sana, pengguna dapat mengetik dan menyalin perintah shutdown atau s. Setelah itu, cukup klik ok atau tekan Enter pada keyboard.

Metode ini sangat sederhana dan dapat digunakan oleh siapa pun. Tidak mengherankan bahwa kombinasi keyboard ini sangat membantu dalam situasi-situasi tersebut.

Tombol Power

Di dekat keyboard laptop terdapat tombol Power yang umumnya terletak di bagian atas. Biasanya, tombol ini digunakan untuk menyalakan laptop setelah dimatikan atau dari mode sleep.

Ketika laptop mengalami hang, pengguna juga dapat menggunakan tombol Power untuk mematikannya. Metode ini menjadi alternatif yang paling umum digunakan.

Kelebihan dari metode ini adalah kecepatannya. Pengguna hanya perlu menekan tombol Power dan menahannya selama beberapa detik hingga layar mati.

Melalui Command Prompt

Cara mematikan laptop yang benar selanjutnya adalah melalui Command Prompt. Cara ini menggunakan Command Prompt yang merupakan fitur di dalam laptop.

Command Prompt terkenal sebagai cmd.exe atau cmd. Fungsi dari fitur Command Prompt adalah sebagai penerjemah baris perintah default untuk sistem operasi OS/2, eComStation, Microsoft windows, ReactOS dan ArcaOS.

Para penggemar teknologi biasa menggunakan Command Prompt untuk menginput beberapa perintah syntax untuk mematikan laptop secara otomatis. Caranya hanya perlu menekan kombinasi WIndows + R

Berbeda dengan cara sebelumnya Command Prompt di bagian Run hanya perlu menulis “cmd”. Setelah itu, klik “Close” dan secara otomatis laptop akan mati.

Kekurangan cara alternatif selain melalui menu Windows pada laptop adalah program yang berjalan di laptop belum tertutup secara sempurna. Hal ini sebenarnya bukan menjadi masalah jika tidak terlalu sering.

Ketika program masih berjalan dan pemilik mematikan laptop, maka termasuk mematikan paksa. Jika terjadi terlalu sering, perangkat bisa hang dan lebih eror.

Jadi, itulah berbagai cara mematikan laptop yang benar. Jangan lakukan cara alternatif dan mematikan paksa laptop jika tidak dalam kondisi mendesak seperti layar freeze dan lain sebagainya, karena dapat merusak perangkat. Seperti yang kita ketahui, harga komputer dan laptop tidaklah murah.

Bagikan ke

Cara Mematikan Laptop yang Benar Agar Awet dan Tidak Eror

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Apa Itu Adaptor? Alat Catu Daya untuk Berbagai Peralatan Elektronik
12 March 2023

Adaptor merupakan salah satu alat kelistrikan yang sudah familiar di telinga banyak orang. Namun, masih banyak juga yang belum paham... selengkapnya

Perhatikan Hal Ini Ketika Membeli Komputer Di Grosir Computer
17 October 2022

Komputer sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib di masa yang serba teknologi seperti saat ini. Itulah mengapa Anda tidak boleh sembarangan... selengkapnya

Harga Kabel USB Surabaya Terjangkau, Produk Lengkap
19 November 2019

Perangkat komputer atau laptop pastinya dibekali fitur port USB sebagai tempat menghubungkan kedua perangkat. Mulai dari smartphone atau kamera dihubungkan... selengkapnya

Fungsi Wifi Repeater dan Jenisnya, Sinyal Makin Kencang
9 May 2024

Sudah banyak tersedia di toko atau grosir komputer, WiFi repeater ternyata punya peran penting sekarang ini. Bekerja atau mengoperasikan komputer,... selengkapnya

Keuntungan Belanja di Toko Komputer Online, Harga Lebih Murah?
27 September 2022

Toko komputer online saat ini sudah menjadi hal lumrah. Hal itu mengingat kemajuan teknologi memang semakin berkembang pesat setiap waktu.... selengkapnya

Mengenal Perangkat Keras Komputer Beserta Jenis-Jenisnya
15 April 2024

  Dalam pembagiannya, komputer terbagi menjadi keras, dan perangkat lunak. Perangkat keras juga biasa disebut sebagai perangkat hardware. Komponen ini... selengkapnya

Trik Belanja Di Grosir Aksesoris Komputer Secara Online
28 October 2022

Belanja aksesoris komputer secara online memang terbilang lebih praktis dan efisien. Apalagi ketika Anda berbelanja di grosir aksesoris komputer, sudah... selengkapnya

Ingin Beli Komputer Gaming? Cek Spesifikasi dan Harga Komputer!
15 September 2022

Harga komputer gaming tentunya akan tergantung dengan spesifikasi yang komputer tersebut miliki. Untuk para gamers, tentu saja membutuhkan komputer yang... selengkapnya

4 Kriteria Distributor Peralatan Komputer Profesional Dan Kredibel
2 November 2022

Kriteria Distributor Peralatan Komputer Memilih distributor peralatan komputer yang tepat tidak hanya akan membuat Anda mendapatkan produk berkualitas. Bisa lebih... selengkapnya

Mengenal Sistem Hardware Software Brainware Secara Lengkap
14 May 2024

Hardware software brainware merupakan komponen-komponen yang ada dalam sebuah komputer. Ketiganya memiliki fungsi yang saling terkait dan saling mendukung, sehingga... selengkapnya

Cara Mematikan Laptop yang Benar Agar Awet dan Tidak Eror

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: