Beranda » Blog » Mengenal Pengertian Komputer Mainframe, Fungsi hingga Contohnya

Mengenal Pengertian Komputer Mainframe, Fungsi hingga Contohnya

Diposting pada 27 March 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 216 kali

Peran komputer dalam dunia modern sangatlah besar. Hampir semua aktivitas saat ini sangat bergantung pada teknologi ini. Berkembangnya inovasi telah menghasilkan berbagai macam jenis komputer yang tersedia. Salah satunya adalah komputer mainframe.

Jika berencana untuk memulai usaha toko komputer, penting untuk memahami variasi jenis yang ada agar tidak kebingungan. Nah, berikut ini adalah pengertian mengenai komputer jenis mainframe. Simak hingga selesai!

Komputer Mainframe

powercode.id

Pengertian Komputer Mainframe

Mainframe dalam bahasa Inggris merujuk pada teknologi informasi kelas atas yang terdiri dari sejumlah komputer. Kemampuannya untuk menangani tugas-tugas komputasi kompleks dalam rentang waktu yang relatif singkat. Biasanya, mainframe digunakan untuk komputer yang terhubung melalui terminal.

Penting untuk diingat bahwa mainframe cenderung fokus pada pusat data, dimana mereka menjadi sumber daya komputasi yang besar. Namun, dengan kemajuan teknologi yang pesat, PC atau Komputer Personal kini mulai mengejar fungsi-fungsi yang sebelumnya hanya dimiliki oleh komputer mainframe.

Jenis komputer ini juga dimanfaatkan untuk perhitungan sederhana yang melibatkan volume data besar. Seperti dalam bisnis asuransi atau aplikasi survei untuk pemilihan umum. Oleh karena itu, desain mainframe ditujukan agar mampu menangani tugas-tugas dalam skala yang luas.

Sedangkan, untuk harga komputer mainframe bervariasi, mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Harga tergantung pada banyaknya server.

Fungsi Mainframe

Fungsi utama mainframe adalah sebagai berikut:

1. Pemrosesan Transaksi

Menangani ribuan transaksi bisnis per detik dengan kecepatan dan akurasi tinggi. Ini digunakan dalam industri seperti perbankan, e-commerce dan manufaktur.

2. Manajemen Data

Menyediakan lingkungan yang aman dan andal untuk manajemen database perusahaan. Termasuk penyimpanan, pengelolaan dan keamanan data penting seperti informasi pelanggan dan catatan keuangan.

3. Aplikasi Bisnis Tingkat Tinggi

Mendukung aplikasi bisnis yang memerlukan waktu respons cepat dan ketersediaan 24/7. Seperti sistem perbankan online, manajemen persediaan dan sistem reservasi penerbangan.

4. Keamanan Data

Jenis komputer ini dikenal karena sistem keamanan yang sangat kuat. Karena menyediakan perlindungan data tingkat tinggi dan kemampuan otentikasi yang kuat.

5. Konsolidasi Sumber Daya

Fungsi komputer mainframe selanjutnya, menggabungkan beberapa server fisik ke dalam satu sistem untuk mengurangi biaya operasional dan pengelolaan infrastruktur.

6. Pemrosesan Batch

Digunakan untuk pemrosesan data dalam jumlah besar pada jadwal tertentu, seperti laporan bulanan atau pemrosesan gaji.

7. Pusat Data Perusahaan

Perannya menjadi pusat data dari perusahaan pengelola, penyimpan dan pendukung komputasi aplikasi bisnis juga operasi perusahaan.

8. Skalabilitas Tinggi

Mainframe juga memiliki kemampuan skalabilitas tinggi. Sehingga memungkinkan perusahaan untuk dapat memperluas sumber daya dan kapasitas sesuai kebutuhan tanpa perlu mengganti infrastruktur utama.

Contoh Mainframe

Meskipun teknologi komputasi mirip mainframe banyak digunakan, komputer mainframe jarang terlihat di pasaran, kecuali model IBM.

Contoh-contoh utama mainframe termasuk IBM Z, yang memiliki keluarga produk seperti z16, z15, z14, dan z13. Kompatibilitas yang dipertahankan hingga 100% dengan sistem lama membuatnya populer, dengan akar sejarahnya berasal dari System/360 yang diperkenalkan pada tahun 1964.

Server FUJITSU GS21 juga merupakan contoh mainframe. Cocok untuk infrastruktur bisnis yang membutuhkan ketersediaan tinggi. Meskipun demikian, Fujitsu berencana untuk menghentikan penjualan mainframe pada tahun 2030, dengan dukungan teknis berakhir pada 2035.

UNIVAC 9400, dibuat untuk organisasi skala menengah. Meskipun sudah tua, beberapa masih berfungsi hingga saat ini. Seperti yang berada di museum komputer Jerman, technikum29, setelah digunakan di pusat komputer industri di Cologne pada tahun 1960an.

Komputer mainframe memiliki peran penting dalam dunia bisnis modern dengan kemampuannya dalam pemrosesan transaksi, manajemen data, dan aplikasi bisnis tingkat tinggi. Meskipun jarang terlihat, contoh-contoh seperti IBM Z dan Server FUJITSU GS21 menunjukkan keandalan dan keberhasilannya dalam industri. Nah, jika ingin membeli perangkat yang berkualitas dapat mengunjungi grosir komputer terdekat.

Bagikan ke

Mengenal Pengertian Komputer Mainframe, Fungsi hingga Contohnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Tips Memilih Casing PC Gaming yang Berkualitas di Toko Komputer
23 September 2022

Tidak sedikit pengguna komputer gaming yang bahkan tak begitu peduli dengan casing PC, khususnya di bagian CPU. Padahal, casing CPU... selengkapnya

15 Tips Belanja Parts PC Di Pusat Komputer Besar
26 October 2022

Di tiap kota besar, Anda pasti menemukan pusat perbelanjaan komputer. Bisa dibandingkan, pusat komputer ini sama seperti mall untuk keperluan... selengkapnya

Mengenal Komponen Perangkat Lunak Komputer dengan Benar
23 April 2024

Perangkat lunak komputer memiliki fungsi penting bagi kinerja sebuah teknologi. Bahkan, peningkatan efisiensi kinerja komputer melalui software ini sangatlah berpengaruh.... selengkapnya

Mengenal Perangkat Keras Komputer Beserta Jenis-Jenisnya
15 April 2024

  Dalam pembagiannya, komputer terbagi menjadi keras, dan perangkat lunak. Perangkat keras juga biasa disebut sebagai perangkat hardware. Komponen ini... selengkapnya

Kelebihan Epson L3210 Scanner, Lebih Irit dan Multifungsi
21 February 2023

Epson L3210 scanner bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari printer baru untuk kebutuhan mencetak berbagai dokumen. Ketika hendak... selengkapnya

Tips Mengatur Kecerahan Layar Komputer Agar Nyaman Dilihat
27 April 2024

Layar komputer merupakan salah satu hal penting sehingga jangan sampai luput dari perhatian. Tak terkecuali pula memperhatikan tingkat kecerahannya. Akan... selengkapnya

Cara Merawat Monitor Komputer Agar Tidak Mudah Rusak
29 March 2024

Merawat monitor komputer menjadi hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh semua pemilik dan pengguna komputer. Sebab,... selengkapnya

Berbagai Aksesoris yang Tersedia di Toko Perlengkapan Komputer
30 January 2023

Toko perlengkapan komputer menjadi pilihan yang tepat apabila sedang membutuhkan sparepart dari komputer. Saat ini sudah tersebar banyak toko yang... selengkapnya

Cara Tepat Bersihkan CPU Komputer Optimalkan Kinerja Perangkat
29 April 2024

CPU komputer biasanya menjadi bagian komputer yang jarang dibersihkan. Letak perangkat pendingin yang menutupi CPU mengharuskan pemilik untuk membongkarnya terlebih... selengkapnya

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya
24 February 2023

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan, yang sistemnya dapat terbaca dengan bantuan sinar laser berkekuatan rendah. Pertama kali hadir... selengkapnya

Mengenal Pengertian Komputer Mainframe, Fungsi hingga Contohnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: