Beranda » Blog » Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara

Diposting pada 31 July 2024 oleh WRITER / Dilihat: 116 kali / Kategori:

Komputer tidak ada suara jelas mengganggu penggunaannya. Hal ini karena pengguna jadi kesulitan dalam memanfaatkan aplikasi tertentu. Misalnya saja YouTube ataupun aplikasi musik.

freepik.com

Oleh karena itu, segera atasi agar tidak merasa terganggu lagi dengan masalah tersebut. Untuk mengatasinya pun perlu mengetahui berbagai penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Komputer Tidak Ada Suara 

Komputer memang bisa mengalami masalah. Adapun salah satunya ialah tiba-tiba tidak ada suaranya.

Terkait masalah tersebut, tentu ada penyebabnya. Langsung saja, berikutnya sejumlah penyebabnya.

Volume Dimatikan 

Salah satu penyebabnya yakni karena volume yang ada di komputer sengaja dimatikan. Akan tetapi, tidak sedikit pengguna yang lupa telah mengatur volumenya.

Oleh karena itu, cek dulu volume yang ada di komputer. Apabila memang kondisinya dimatikan, pastikan untuk menghidupkannya lagi agar suaranya terdengar sebagaimana mestinya. Dengan demikian, audio komputer tak lagi membisu.

Kabel Putus 

Bisa juga komputer tidak ada audionya karena memang kabelnya terputus. Untuk membuktikan penyebab tersebut, pastikan mengeceknya secara berkala.

Saat mengecek kabel, perhatikan pula kondisi colokan, speaker, maupun koneksi headphone. Dengan demikian, audio yang ada di komputer bisa kembali normal.

Driver Bermasalah 

Tak banyak yang menyadari bahwa ternyata driver bermasalah juga bisa memicu masalah ini. Maka dari itu, pastikan update driver secara berkala.

Selain itu, coba untuk uninstall driver tersebut. Jika sudah, install lagi drivernya. Lalu cek apakah masih menemukan masalah yang sama. Jika masih bermasalah, bisa coba cara lain untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara 

Dari penyebab, kini kita beralih ke cara mengatasi masalah tersebut. Sebenarnya pada pembahasan tadi sudah sedikit kita singgung tentang solusi untuk memperbaiki masalahnya.

Namun masih banyak solusi lainnya yang juga bisa dilakukan. Berikut beberapa diantaranya.

Ganti Perangkat Audio 

Salah satu caranya yakni dengan mengganti perangkat audio. Untuk menggantinya cukup mudah. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah klik kanan pada icon speaker yang ada pada pojok kanan bawah taskbar.
  2. Lanjutkan dengan klik Pengaturan Suara.
  3. Setelah itu, scroll ke bawah menuju Pengaturan Terkait.
  4. Kemudian pilih Sound Control Panel.
  5. Berikutnya klik tab Playback.
  6. Lalu pilih perangkat sesuai keinginan.
  7. Dari sini tinggal klik tombol Set Default yang ada di bawah Windows.
  8. Pilih OK. Audio di komputer pastinya bisa kembali terdengar.

Restart Layanan Audio

Cara lainnya yang juga bisa jadi andalan untuk mengatasi masalah ini ialah merestart layanan audio. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama, ketik layanan di kotak pencarian taskbar.
  2. Kemudian pilih hasilnya sesuai kebutuhan.
  3. Klik Mulai Ulang dan pilih YA.

Tak butuh waktu lama, layanan audio akan merestart secara otomatis. Nantinya layanan audio bisa hidup kembali. Cek apakah masalahnya masih ada.

Coba System Restore 

Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya juga bisa dengan mencoba system restore. Tak bisa kita pungkiri bahwa cara ini memang jadi andalan untuk mengatasi berbagai masalah. Hal ini tidak terkecuali dengan komputer tak bisa mengeluarkan audio.

Dengan melakukan system restore, maka bisa kembali ke pemulihan sistem sebelum update. Hal ini bisa dicoba apabila masalahnya muncul setelah update.

Setelah simak uraian di atas, pasti bisa mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah komputer tidak ada suara. Pengguna pun tidak perlu panik ataupun bingung ketika menghadapinya. Agar mendapatkan perangkat yang tak bermasalah, beli saja di toko komputer terbaik. Dalam hal ini, Swalayan Komputer terkenal sebagai grosir komputer terlengkap. Harga komputer di toko ini juga terjangkau.

Tags:

Bagikan ke

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Menggunakan Printer Bluetooth Melalui Komputer
4 June 2024

Printer bluetooth adalah printer mini yang berguna untuk mencetak struk pembayaran dengan mudah dan simpel. Printer ini bisa terhubung ke... selengkapnya

Cara Memilih Cooling Pad Terbaik untuk Laptop Anda
21 August 2024

Laptop saat ini telah menjadi kebutuhan utama atau primer untuk banyak orang. Namun, penggunaan laptop yang berkelanjutan dalam waktu lama... selengkapnya

LCD Cleaner Kit, Pilihan Terbaik untuk Pembersih Layar PC hingga TV!
1 February 2023

Membersihkan layar LCD laptop, komputer, maupun TV tidak bisa menggunakan LCD Cleaner sembarangan. Penggunaan cleaner ini sangat direkomendasikan agar layar... selengkapnya

Mengenal Jenis-Jenis Kabel Komputer Beserta Fungsinya
6 April 2024

Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak pula berbagai jenis kabel komputer. Kabel-kabel tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. Walaupun setiap bentuknya... selengkapnya

Tips Menggunakan Mouse Logitech Wireless yang Benar Agar Awet
26 May 2024

Mouse Logitech wireless telah menjadi favorit bagi banyak pengguna komputer. Brand ini telah meraih ketenaran yang luas di kalangan konsumen,... selengkapnya

Grosir Alat Komputer: Tips Merawat Motherboard Agar Lebih Awet
30 October 2022

Motherboard merupakan salah satu komponen terpenting dalam komputer dan laptop. Saking pentingnya, motherboard yang mengalami kerusakan akan menyebabkan masalah fatal... selengkapnya

Cara Memperbaiki Laptop Mati Sendiri, Kenali Penyebabnya
9 September 2024

Laptop menjadi perangkat yang penting untuk beberapa orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari, baik untuk belajar, bekerja, maupun hiburan. Namun, terkadang... selengkapnya

,
Mengoptimalkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp: Panduan Lengkap untuk Pengguna
1 June 2023

Keamanan dan Privasi di WhatsApp . Mengoptimalkan Keamanan dan Privasi di WhatsApp . Panduan Lengkap untuk Pengguna   A. Pengaturan... selengkapnya

Mengenal Bluetooth Dongle dan Cara Menggunakannya
24 April 2024

Bluetooth dongle merupakan perangkat yang berukuran kecil, namun dapat digunakan untuk menerima serta mengirimkan sinyal Bluetooth. Umumnya perangkat ini akan... selengkapnya

USB Flashdisk Punya Fungsi Tersembunyi Sudah Tahu
22 April 2024

USB flashdisk merupakan perangkat keras yang kerap menjadi buruan di grosir komputer. Perangkat eksternal komputer berukuran kecil ini memang bukan... selengkapnya

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: