Beranda » Blog » Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja USB WiFi pada PC

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja USB WiFi pada PC

Diposting pada 22 May 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 98 kali

Komputer atau PC membutuhkan USB WiFi supaya terhubung dengan jaringan internet. Sudah menjadi hal lumrah jika sekarang ini kebutuhan internet penting bagi setiap orang.

Seiring berkembangnya zaman, semua serba digital. Sehingga yang demikian itu menuntut masyarakat untuk terus-terusan online supaya tidak ketinggalan informasi sekaligus mempermudah kehidupan sehari-hari mereka.

USB WiFi

shopee.id

Pengertian USB WiFi Adapter pada Komputer

USB WiFi atau WiFi adapter merupakan salah satu tools yang digunakan untuk memperlancar penyebaran jaringan internet pada laptop, komputer, dan PC. Sejumlah orang menyebut WiFi adapter ini dengan nama lain yakni WLAN Card.

Definisi secara umum dari WiFi adapter ini adalah perangkat yang digunakan pada komputer supaya bisa terhubung dengan jaringan WiFi yang ada di sekitarnya. WiFi adapter ini memanfaatkan gelombang radio dalam melakukan proses pertukaran data.

Di samping menerima sinyal WiFi, alat ini juga sekaligus memperkuat sinyal WiFi tersebut.

Saat ini sudah begitu mudah untuk menemukan WiFi adapter. Di toko-toko komputer kini sudah menyediakan USB WiFi adapter ini.

Cara Kerja WiFI Adapter

Bentuk koneksi secara umum terbagi menjadi dua jenis.

1. Mode Ad Hoc

Jenis koneksi ini tidak membutuhkan AP sehingga tools nirkabel bisa langsung tersambung dengan internet. Namun, koneksi mode ad hoc ini memerlukan saluran dan SSID yang sama.

2. Mode Infrastruktur

Di jenis koneksi kedua ini data jaringan akan dikirimkan melalui acces point (AP). Acces point di sini berperan sebagai titik pusat koneksi.

SSID yang ada pada AP akan ditransfer ke tiap-tiap perangkat yang terhubung dengan sinyal internet. Mode infrastruktur ini menggunakan WEP/WPA untuk sistem keamanan jaringan internetnya.

Wireless Local Area Network atau WLAN Card artinya tools ini bisa Anda gunakan untuk jaringan lokal seperti kelas, ruang kantor, atau ruang yang tidak terlalu luas. Dalam hal ini, pengguna membutuhkan AP supaya sinyal internet yang disebar bisa ditangkap oleh WiFi adapter dan koneksinya lebih kuat.

Cara kerja dari USB WIFi terbilang mudah. Pertama cukup buka casing desktop komputer Anda untuk menyematkan WiFi adapternya.

Selanjutnya pasang pada slot PCI express atau juga bisa di slot sejenis lainnya. Terakhir, tutup kembali dekstop komputer Anda. Anda bisa melakukan booting pada komputer tersebut.

Fungsi WIFi Adapter

Untuk mengetahui lebih rinci terkait fungsi WiFi adapter ini, Anda bisa menyimak poin-poin di bawah ini.

1. Menangkap dan Menyebarkan Data Koneksi WiFi

Bila tidak mendapatkan koneksi, komputer tidak bisa menjalankan beberapa perintahnya. Salah satunya mengakses website atau membuka aplikasi dan program yang memerlukan internet.

Maka dari itu, supaya pekerjaan lancar, komputer perlu mendapatkan tambahan USB WiFi ini sehingga bisa menangkap sinyal yang dikirimkan oleh router atau AP.

2. Memungkinkan Pengguna untuk Berbagai File

Selain berfungsi untuk menangkap sinyal, WiFi adapter juga memungkingkan pengguna bisa saling berbagi file atau data, asalkan terkoneksi dengan jaringan yang sama. Contohnya, di dalam suatu ruang, komputer terhubung ke koneksi internet dengan alamat IP sama, maka masing-masing komputer bisa mengakses folder bersama untuk sharing data.

Jenis USB WiFI

WiFi adapter ini terbagi menjadi dua jenis. Pertama WiFi adapter single band yang hanya bisa beroperasi pada satu jenis frekuensi. Frekuensi tersebut adalah 2.4 GHz dan 5 GHz dengan satu jenis sinyal.

Jenis kedua yaitu WiFi adapter dual band yang mempunyai keleluasaan untuk mengganti frekuensi. Pengguna lebih mudah jika menggunakan WiFi adapter dual band ini karena bisa beroperasi pada frekuensi koneksi internet yang berbeda.

Jenis-jenis WiFi di atas bisa Anda temukan di toko atau grosir komputer, salah satunya yaitu AIPEL COMPUTER. Hadir dengan garansi dan produk prima, AIPEL COMPUTER menghadirkan kebutuhan komputer Anda.

Harga komputer di sini juga terjangkau. Jangan salah pilih lagi, kunjungi AIPEL COMPUTER untuk mendapatkan USB WiFi adapter sesuai kebutuhan Anda.

Bagikan ke

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja USB WiFi pada PC

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Harga Connector Surabaya Berbagai Macam Jenis dan Type
19 November 2019

Komputer terdiri dari serangkaian sistem dan beberapa komponen yang sering dikenal dengan sebutan perangkat keras. Perangkat keras mempunyai fungsi yang... selengkapnya

Kabel VGA Komputer Berperan Penting, Cari Tahu Fungsinya
11 February 2023

Kabel VGA komputer memiliki peran yang cukup penting. Jika sering mengoperasikan komputer, tentu Anda tidak asing lagi dengan penggunaan kabel... selengkapnya

HDD Caddy Pelengkap Kebutuhan Penyimpanan Data dalam Laptop
7 March 2023

HDD Caddy menjadi salah satu kebutuhan dalam perangkat laptop. HDD dalam laptop atau komputer memiliki fungsi penting bagi para pengguna.... selengkapnya

Memupuk Semangat Belajar dan Mengembangkan Diri
14 May 2023

Dalam era globalisasi dan persaingan kerja yang semakin ketat, semangat belajar dan mengembangkan diri menjadi kunci sukses bagi setiap individu.... selengkapnya

Flashdisk 64 GB, Kelebihannya Sebagai Penyimpanan Data
10 June 2024

Sama seperti kebanyakan flashdisk yang ada, USB flash drive atau flashdisk 64 GB memiliki kegunaan untuk menyimpan data flash bertipe... selengkapnya

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet
14 April 2024

USB dongle WiFi merupakan salah satu perangkat elektronik yang tersedia di toko komputer. Meski berukuran kecil, komponen berperan meningkatkan fungsionalitas... selengkapnya

Grosir Accesories Komputer Surabaya Original Terlengkap Jaminan Mutu Terbaik
16 November 2019

Komputer tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari penggunaannya. Agar aktivitas semakin lancar yang dibutuhkan komputer tidak hanya CPU dan monitor... selengkapnya

Hal-Hal Yang Dipertimbangkan Dalam Memilih Distributor Aksesoris Laptop
21 October 2022

Berjualan aksesoris laptop termasuk laptopnya ternyata memiliki cara tersendiri. Termasuk dalam memilih distributornya. Ada banyak sekali hal-hal yang perlu anda... selengkapnya

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer
19 April 2024

Fungsi LAN card curi perhatian siapa saja, terlebih lagi bagi pengguna komputer. Hal ini karena LAN card termasuk salah satu... selengkapnya

Ciri-ciri Toko Komputer Online yang Terbaik dan Terpercaya
17 September 2022

Toko komputer yang menjual perangkat komputer beserta komponennya secara online kini semakin menjamur dan banyak bermunculan. Hal tersebut pun tak... selengkapnya

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja USB WiFi pada PC

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: