Beranda » Blog » Penyebab Laptop Freeze dan Cara Cepat Mengatasinya

Penyebab Laptop Freeze dan Cara Cepat Mengatasinya

Diposting pada 5 September 2024 oleh WRITER / Dilihat: 46 kali / Kategori:

Penyebab Laptop Freeze dan CaraMengatasinya

Saat ini, sudah banyak orang yang memiliki laptop. Penggunaan perangkat yang satu ini sangat membantu untuk kegiatan sehari-hari. Baik untuk bekerja, mengerjakan tugas ataupun sekedar bermain game. Namun, terkadang laptop mengalami kendala seperti freeze, lantas apa yang menjadi penyebab masalah tersebut?

Laptop yang nge-freeze biasanya tidak bisa pengguna gerakkan sama sekali. Freeze atau hang ini bisa terjadi kapan saja.

Penyebab Laptop Freeze dan Cara Cepat Mengatasinya

pexels

Ketahui Penyebab Laptop Freeze

Setiap laptop tentu saja mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk penggunaan dalam tempo lama mungkin akan terjadi kerusakan seperti tiba-tiba freeze, lemot atau permasalahan baterai yang tidak tahan lama lagi.

Nah, untuk penyebab laptop freeze beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

  • Overheating atau panas berlebihan dapat memperlambat kinerja laptop dan membuat freeze. Suhu terlalu panas ini biasanya karena penggunaan laptop non-stop. Bisa pula karena komponen mesin pada laptop tertutup debu.
  • Terkena malware atau virus.
  • Terlalu banyak program yang dibuka secara bersamaan, memungkinkan laptop kehabisan daya komputasi atau memori untuk mendukung semuanya. Karena setiap program membutuhkan sejumlah sumber daya, baik internal maupun eksternal agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.
  • RAM atau memori yang terlalu penuh juga menjadi salah satu penyebab laptop freeze. Hal ini dapat menyebabkan aplikasi yang sedang berjalan mengalami not responding, force close hingga restart otomatis.
  • Perangkat lunak dari pihak ketiga juga dapat menyebabkan freeze pada laptop.
  • USB atau perangkat eksternal lain yang rusak, seperti keyboard dan mouse menjadi penyebab laptop lemot maupun nge-freeze.

Cara Mengatasi

Jika laptop sudah mengalami freeze, maka tidak perlu panik karena untuk mengatasinya mudah.

1. Restart Laptop

Agar dapat berfungsi kembali secara normal, mengatasi freeze pada laptop dengan restart ulang. Tekan secara bersamaan tombol Ctrl + Alt + Del. Selain itu, bisa dengan klik tombol Power, tahan 10-15 detik. Secara otomatis laptop akan melakukan restart.

2. Gunakan Tombol Kombinasi

Fungsi laptop kembali normal akibat freeze bisa dengan menggunakan kombinasi tombol atau shortcut. Caranya cukup praktis, yakni secara bersamaan klik tombol Windows + Ctrl + Shift + B. Laptop akan berfungsi seperti biasa dalam hitungan detik saja.

3. Hentikan Beberapa Program Melalui Task Manager

Penyebab laptop freeze salah satunya adalah spesifikasi RAM yang terlalu kecil. Untuk memberikan sedikit keringanan pada ruang penyimpanan laptop, melalui task manager hentikan beberapa program.

Caranya tekan secara bersamaan Ctrl + Alt + Del lalu pilih Task Manager. Lalu identifikasi program yang terlalu berat, tekan End Task.

4. Hard Reset Laptop

Solusi terakhir jika semua cara sudah dicoba adalah dengan hard reset atau mengembalikan setelan laptop seperti bawaan dari pabrik atau ke setelan awal. Terlebih dahulu lakukan restart pada laptop, lalu file-file penting pindahkan ke ruang penyimpanan lain yang aman atau ke flashdisk.

Setelah itu, reset laptop agar masalah freeze tidak terjadi lagi. Namun aktivitas ini akan menghapus isi file di dalamnya secara menyeluruh. Bahkan tidak akan bisa dikembalikan lagi. Untuk proses reset pada laptop akan memerlukan waktu kurang lebih 20 menit atau tergantung kondisi laptop.

Jika dirasa RAM kurang memadai, maka perlu mempertimbangkan untuk meningkatkannya. Bahkan bisa menginstal ulang sistem operasi jika laptop sering freeze.

Komputer atau laptop adalah perangkat elektronik yang memerlukan perhatian khusus saat pembelian. Penting untuk memastikan bahwa grosir komputer atau laptop yang Anda pilih menjamin kualitas produk yang mereka tawarkan.

Anda tidak perlu ragu untuk berbelanja di tempat grosir komputer yang terpercaya. Jika Anda mencari komputer, perangkat keras, perangkat lunak, atau aksesori, kunjungi Swalayankomputer.com. Toko komputer ini adalah pilihan ideal untuk memenuhi semua kebutuhan teknologi Anda dengan kualitas terjamin.

Penyebab laptop freeze penting diketahui, sehingga tahu cara mengatasinya. Jika cara-cara di atas belum dapat menyelesaikan masalah, sebaiknya bawa ke tempat servis untuk mendapat pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut. Mengingat harga komputer dan laptop tidak murah, perawatan rutin perlu dilakukan agar perangkat awet.

Tags: ,

Bagikan ke

Penyebab Laptop Freeze dan Cara Cepat Mengatasinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Spyware Komputer, Malware yang Mengganggu Kinerja Perangkat
24 August 2024

Spyware komputer mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang. Istilah ini berbeda dari CPU, mouse, dan keyboard yang sudah sering... selengkapnya

Toko Elektronik Laptop Terdekat yang Ada di Surabaya
16 March 2023

Toko elektronik laptop terdekat yang ada di Surabaya, dewasa ini cukup mudah untuk kita temukan. Hal ini tidak terlepas dari... selengkapnya

Distributor Accessories Komputer Surabaya Jaminan Kualitas Bagus dan Bergaransi
16 November 2019

Pekerjaan kini bisa dengan mudah diselesaikan berkat bantuan komputer. Seiring berjalannya waktu, bidang teknologi memang mengalami peningkatan. Hal ini mendorong... selengkapnya

Cara Kerja Router Wireless, Dapatkan di Toko Konputer!
5 October 2022

Toko komputer adalah tempat yang paling tepat untuk mencari berbagai perlengkapan dan aksesoris komputer. Tidak hanya itu, mereka juga bisa... selengkapnya

Tips Beli Aksesoris Komputer yang Benar Di Distributor Aksesoris Laptop
3 November 2022

Tips Membeli Aksesoris Laptop Untuk menunjang penggunaannya, komputer memiliki beberapa aksesoris yang banyak macamnya dengan fungsi berbeda-beda. Contoh aksesoris yang... selengkapnya

3 Tips Memilih Toko Grosir Alat Komputer
19 October 2022

Berbelanja kebutuhan komponen atau peripheral di toko grosir alat komputer merupakan salah satu pilihan taktis untuk mendapatkan komponen dan peripheral... selengkapnya

Tipe-Tipe Kabel USB Micro yang Sering Digunakan, Cek di Sini!
9 February 2023

Kita tentu mengetahui apa itu kabel USB micro. Pasalnya peralatan elektronik yang satu ini terbilang cukup penting dan wajib dimiliki... selengkapnya

Penyebab Headset Microphone Tidak Connect ke Komputer dan Solusinya
28 May 2024

Headset microphone merupakan perangkat audio khusus untuk dipasang di kepala lengkap dengan fitur microphone. Headset ini memungkinkan pengguna mendengarkan audio... selengkapnya

Votre Mouse Jadi Pilihan Banyak Pengguna, Ungkap Alasannya
14 February 2023

Votre mouse saat ini memang banyak diminati. Mouse ini termasuk salah satu media hardware-nya komputer dan berperan penting sebagai alat... selengkapnya

Cara Merawat Keyboard Komputer dengan Baik dan Benar
5 April 2024

Membersihkan keyboard komputer atau laptop secara teratur merupakan tindakan yang penting. Meskipun terlihat bersih, keyboard yang sering digunakan setiap hari... selengkapnya

Penyebab Laptop Freeze dan Cara Cepat Mengatasinya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: