Beranda » Blog » Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

Diposting pada 19 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 111 kali

Fungsi LAN card curi perhatian siapa saja, terlebih lagi bagi pengguna komputer. Hal ini karena LAN card termasuk salah satu komponen komputer yang peranannya cukup penting. Langsung saja, berikut uraian selengkapnya.

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

study.com

Fungsi LAN Card di Komputer

LAN card juga terkenal dengan sebutan Network Interface Card (NIC). Selain itu, banyak pula yang menyebutnya sebagai kartu jaringan.

Dalam hal ini, LAN card memiliki fungsi penting tersendiri. Adapun fungsi utamanya ialah untuk menyambungkan perangkat komputer ke jaringan. Baik itu jaringan internet maupun jaringan lokal (Local Area Network) antar komputer.

Dengan fungsi tersebut, komponen yang biasanya ada di toko komputer ini memang jadi kunci penghubung komputer dan struktur fisik jaringan. Misalnya saja Wi-Fi dan kabel ethernet.

Di sisi lain, komponen ini juga memiliki fungsi khusus dalam mengatur data dari jaringan. Berkat peran tersebut, komputer bisa memahami instruksi penggunanya dengan baik.

Tak berhenti di situ saja, rupanya LAN card juga mampu menjamin keamanan jaringan. Hal ini karena di dalamnya sudah ada fitur tambahan.

Adanya fitur tersebut juga membantu kartu LAN untuk memanajemen kualitas layanan sekaligus mengatur jaringan lanjutan. Pengguna komputer pun bisa merasakan manfaat yang lebih maksimal berkat adanya LAN card.

Seiring berjalannya waktu, teknologi yang tersemat pada LAN card tentu kian canggih. Hal ini membuatnya mampu memiliki peranan penting lain.

Fungsi lain tersebut ialah menyediakan kemampuan transfer data secara cepat. Meski cepat, namun LAN card ini tetap hemat energi.

Dengan fungsi-fungsi ini, terlihat jelas bahwa LAN card jadi andalan untuk menunjang komunikasi lewat perangkat dan jaringan. Komunikasi pun bisa berjalan lancar dan efektif.

Komponen LAN Card

Grosir komputer berkualitas pastinya menyediakan LAN card dengan jaminan mutu baik. LAN card yang terjaga kualitasnya biasanya terdiri dari beberapa komponen. Adapun komponen-komponen LAN card ialah sebagai berikut.

Router

Salah satu komponennya ialah router. Dengan adanya router, maka LAN card bisa tersambung ke jaringan secara mudah dan cepat.

Mac Address

Komponen lainnya yang juga ada di LAN card yakni mac address. Komponen ini sangatlah unik sehingga tak bisa diubah begitu saja.

Untuk perannya, mac address berfungsi sebagai identitas komputer. Berkat adanya mac address, maka jaringan bisa mengenalinya secara mudah. Alhasil, keduanya bisa menjalin komunikasi sebagaimana mestinya.

Connectivity LED

Terlihat jelas bahwa LAN card seringkali berbekal lampu indikator LED. Lampu tersebut sudah terintegrasi secara langsung ke dalam konektor.

Mengenai fungsinya, lampu LED ini berperan dalam memberitahu pengguna soal kondisi jaringan. Misalnya saja ketika jaringannya sudah terhubung atau data ditransmisikan ke komputer.

Kecepatan Transmisi Data

Di dalam LAN card juga ada kecepatan transmisi data. Sebagaimana yang kita tahu bahwa LAN card memang membawa tingkat kecepatan transmisi data yang berbeda-beda. Tingkat kecepatan ini bisa memperlihatkan kinerja LAN card ketika terhubung dalam jaringan.

Pentingnya LAN Card Komputer

Dari fungsi hingga komponennya, tampak jelas bahwa LAN card memang sangat penting. Tanpa adanya LAN card, kinerja ponsel jadi tidak optimal.

Oleh karena itu, gunakan LAN card yang benar-benar berkualitas. Jangan sampai menggunakan LAN card tidak berkualitas padahal harga komputer cukup tinggi sehingga terasa tak optimal.

Sebagai pengguna komputer, pastikan memahaminya apa saja fungsi LAN card. Dengan memahami fungsinya, tentu bisa memanfaatkan sekaligus memberikan kemudahan ketika memilih LAN card berkualitas.

Bagikan ke

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Printer HP 2335 Menjadi Pilihan Banyak Orang dengan Hasil Berkualitas
3 February 2023

Printer HP 2335 menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari alat cetak. Printer HP merupakan salah satu produk... selengkapnya

Beli Komputer Di Toko Komputer Murah Terdekat, Ini Yang Harus Anda Perhatikan !
17 October 2022

Mempunyai budget terbatas, dan saat ini sedang mencari toko komputer murah terdekat. Maka ini akan jadi ulasan yang tepat untuk... selengkapnya

Microphone Wireless Advance untuk Pengalaman Audio Lebih Baik
27 May 2024

Microphone Wireless Advance hadir untuk memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik bagi para pengguna setianya. Produk ini mengandalkan teknologi tanpa... selengkapnya

Memupuk Semangat Belajar dan Mengembangkan Diri
14 May 2023

Dalam era globalisasi dan persaingan kerja yang semakin ketat, semangat belajar dan mengembangkan diri menjadi kunci sukses bagi setiap individu.... selengkapnya

Apa Itu CMOS, Ketahui Fungsi serta Cara Kerja Perangkatnya
9 February 2023

Apa itu CMOS? Kata CMOS sendiri mungkin saja masih terdengar asing di telinga pengguna biasa. Karena biasanya tidak terlalu mengenal... selengkapnya

Rekomendasi Printer Terbaik 2023, Hemat Waktu dan Efisien Budget
5 March 2023

Rekomendasi printer terbaik dan murah bisa Anda temukan di toko komputer kesayangan.  Beberapa printer berkualitas terbaik juga dijual dengan harga... selengkapnya

Kelebihan Printer HP, Cek Dulu Biar Lebih Yakin Beli di Toko Komputer
25 September 2022

Untuk memudahkan proses mencetak, kini telah tersedia printer. Printer itu pun tersedia dalam beragam merek. Salah satunya ialah printer HP.... selengkapnya

Harga Baterai Laptop Surabaya Segala Jenis Awet Digunakan
18 November 2019

Baterai menjadi sumber energi listrik yang perannya tak bisa dilepaskan dari laptop. Tanpa adanya baterai, maka laptop tak bisa berfungsi... selengkapnya

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya
24 February 2023

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan, yang sistemnya dapat terbaca dengan bantuan sinar laser berkekuatan rendah. Pertama kali hadir... selengkapnya

Spesifikasi LAN Tester yang Terjual di Toko Komputer Berkualitas
14 March 2023

Spesifikasi LAN Tester perlu untuk Anda cek sebelum membeli di Toko Komputer Grosir langganan. Alat ini membantu untuk beberapa kebutuhan... selengkapnya

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: