Beranda » Blog » Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!

Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!

Diposting pada 23 September 2022 oleh BANG YOK / Dilihat: 1.250 kali

Printer adalah salah satu aksesori pelengkap komputer yang wajib Anda miliki. Anda dapat dengan mudah menemukan printer di toko komputer. Meski begitu, printer memiliki jenis-jenis tertentu.

Setiap jenis printer memiliki fungsi dan tujuan penggunaannya tersendiri. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih printer. Jangan sampai Anda memilih printer yang tidak sesuai dengan kebutuhan sebenarnya.

Selain itu, setiap printer juga pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan harga yang berbeda. Nah, bagi Anda yang akan mencari printer, inilah macam-macam jenis dan fungsinya.

Toko Komputer

pixabay.com

Beragam Jenis Printer di Toko Komputer

Printer berasal dari kata ‘print’ yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti sebagai ‘cetak’. Dari arti namanya saja pasti Anda sudah mengetahui apa fungsi dari alat ini. Ya, printer berfungsi untuk mencetak.

Di dalam dunia komputer, printer termasuk ke dalam salah satu perangkat keras atau hardware. Printer ini akan menyajikan hasil representasi dari tulisan atau grafis ke dalam sebuah kertas atau media lainnya.

Karena fungsinya yang cukup penting, maka alat ini sudah menjadi kebutuhan umum dan mudah untuk ditemukan. Ternyata, pinter juga terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Inilah beberapa macamnya.

Printer Laserjet

Pada urutan pertama ada jenis printer yang paling umum, yaitu laserjet. Printer satu ini menggunakan laser sebagai media utama pencetakannya. Anda dapat menemukan printer laserjet ini di berbagai toko komputer.

Keunggulan dari printer laserjet adalah cetakannya yang lebih tajam dan cepat. Selain itu, printer ini juga tidak menggunakan tinta sehingga jauh lebih hemat biaya.

Printer Thermal

Ketika Anda pergi ke toko swalayan, pasti printer ini ada di meja kasir. Thermal printer menggunakan panas untuk mencetak. Keuntungan dari printer ini adalah prosesnya lebih halus sehingga tidak berisik dan juga memiliki kecepatan cetak tinggi.

Namun, printer thermal juga memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa menggunakan sembarangan kertas. Anda harus menggunakan kertas khusus thermal untuk bisa mencetak.

Printer Inkjet

Ini juga menjadi printer yang paling umum digunakan dan banyak ditemukan di toko komputer. Cara kerja printer ini adalah dengan cara menyemprotkan tinta pada sebuah kertas untuk nantinya membentuk gambar atau dokumen.

Nantinya semacam plat magnet akan menyalurkan tinta ke atas kertas dengan bentuk yang telah diinstruksikan oleh komputer atau drivernya. Kualitas dari printer ini umumnya juga tidak terlalu jauh dari laserjet.

Printer Dos Matrix

Di daftar berikutnya ada printer dos matrix. Printer ini menerapkan sistem pembentukan karakter yang berasal dari jarum-jarum di dalamnya. Jarum tersebut akan menekan pita sehingga memunculkan hasil cetakan di atas kertas.

Uniknya, printer dos matrix juga menggunakan pita untuk menjadi sumber tinta bersama dengan pin. Hasil cetakan printer ini akan berupa titik-titik kecil yang berjumlah sangat banyak. Titik tersebut kemudian membentuk karakter yang diinginkan.

Printer Plotter

Terakhir ada printer plotter yang digunakan untuk mencetak grafis pada permukaan kertas, vinyl, sticker, dan juga berbagai barang berukuran besar lainnya. Printer jenis ini biasanya dimiliki oleh pemilik usaha jasa printing.

Ukuran dari printer ini cukup besar dengan kecepatan cetak yang sangat baik. Meski ukurannya besar, tetapi printer ini tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising.

Umumnya berbagai jenis printer tersebut tersedia di toko komputer. Anda bisa membeli printer sesuai dengan kebutuhan saja. Sebab, setiap jenis printer juga memiliki rentang harga yang beragam, dari standar hingga mahal.

Bagikan ke

Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Beli Laptop Di Tempat Toko Komputer Terdekat, Ini Yang Perlu Anda Perhatikan
22 October 2022

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat toko komputer terdekat, untuk membeli laptop yang sesuai kebutuhan, ada baiknya jika Anda membaca... selengkapnya

Tips Ketika Berbelanja Di Pusat Aksesoris Komputer, Yang Perlu Anda Tahu
27 October 2022

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi pusat aksesoris komputer untuk membeli aksesoris komputer yang diinginkan, misalnya saja fask disk, mouse, headset,... selengkapnya

Temukan Harga Grosir Komputer Untuk Usaha Toko Komputer
25 October 2022

Sekarang ini teknologi informasi berkembang pesat dan canggih selaras dengan kebutuhan masyarakat akan perlengkapan digital yang meningkat tajam. Tak heran... selengkapnya

Peluang Usaha Bisnis Perangkat Komputer & Borong Produk Di Pusat Grosir Accessories Komputer
6 November 2022

Distributor Grosir Accessories Komputer sepertinya harus Anda cari tahu informasinya ketika Anda tertarik ingin berjualan berbagai produk yang terkait dengan... selengkapnya

Tips Memilih Aksesoris Di Pusat Grosir Komputer
20 October 2022

Mengunjungi pusat grosir komputer bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan beragam komponen komputer dengan harga yang murah dengan banyak pilihan. Salah... selengkapnya

Cara Screenshot di Komputer yang Cepat dan Mudah
28 March 2024

Cara screenshot di komputer atau laptop tidak memerlukan kemampuan teknis yang rumit. Hanya perlu menggunakan beberapa tombol di keyboard atau... selengkapnya

Pilih Pusat Grosir Aksesoris Laptop Berkualitas
25 October 2022

Sudah banyak supplier ataupun grosir aksesoris laptop yang bisa anda temukan. Meningkatkan jumlah grosir aksesoris untuk komputer tersebut seiring dengan... selengkapnya

Kenali Apa Itu Splitter, Jenis hingga Fungsinya dalam Headset Gaming
8 February 2023

Bagi Anda yang suka bermain game, pastinya tak asing lagi dengan splitter. Namun berbeda halnya untuk Anda yang tidak suka... selengkapnya

Perhatikan Hal Ini Ketika Membeli Komputer Di Grosir Computer
17 October 2022

Komputer sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib di masa yang serba teknologi seperti saat ini. Itulah mengapa Anda tidak boleh sembarangan... selengkapnya

Cara Mengecek Spek Komputer Secara Detail dan Lengkap
20 April 2024

Cara mengecek spek komputer penting untuk konsumen pahami sebelum membeli perangkat PC atau laptop di toko komputer. Spesifikasi komputer meliputi... selengkapnya

Jenis-Jenis Printer di Toko Komputer yang Paling Umum Digunakan!

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: