Beranda » Blog » Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet

Diposting pada 14 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 119 kali

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet (2)

USB dongle WiFi merupakan salah satu perangkat elektronik yang tersedia di toko komputer. Meski berukuran kecil, komponen berperan meningkatkan fungsionalitas saat terhubung ke port USB segala perangkat. Bisa dengan port USB pada televisi digital, komputer, PC, printer, hingga hard drive.

Fitur tambahan untuk segala jenis perangkat ini juga berperan mentransfer data dan meningkatkan keamanan sistem. Menariknya, ukurannya yang super mini memudahkan pengguna membawanya kemana saja.

USB Dongle WiFi

unsplash.com

Apa Itu USB Dongle WiFi?

Dongle WiFi lebih populer dengan sebutan modem USB. Ada juga yang menyebutnya adaptor jaringan USB, stik jaringan, atau stik broadband seluler USB.

Benda kecil yang bisa disimpan di saku baju ini terhubung dengan jaringan internet. Saat hendak memakainya, tinggal menghubungkan ke port USB perangkat. Setelahnya, dongle akan terkoneksi dengan jaringan yang sama dengan jaringan smartphone pengguna.

Kelebihan Dongle WiFi

Biasanya, pengguna USB dongle WiFi adalah orang-orang yang sering bepergian dan tetap membutuhkan akses internet pada perangkat. Terlebih bagi yang pekerjaannya berbasis ruang publik.

Sinyal tidak stabil dan jaringan yang buruk tentu memperlambat proses penyelesaian suatu pekerjaan. Dengan dongle WiFi, permasalahan tersebut teratasi dengan baik. Jadi, seburuk apapun kekuatan sinyal, tidak akan mempengaruhi pengerjaan tugas.

Saat ini, banyak penyedia layanan WiFi rumahan yang memberikan akses kurang memadai. Saat cuaca mendung atau hujan, kekuatan sinyal WiFi menjadi buruk.

Hal ini tentu merugikan pekerja WFH. Nah, untuk mengakali kasus tersebut, pertimbangkan penggunaan USB dongle WiFi untuk mempercepat jaringan. Anda bisa mendapatkan dongle WiFi berkualitas baik dari tempat grosir komputer terpercaya.

Dongle WiFi tidak menyediakan data terbatas. Adapun batasan data tersebut tergantung pada paket layanan dari Penyedia Layanan Internet (ISP). Bisa juga tergantung pada paket data spesifik yang berhubungan dengan dongle WiFi tersebut.

Bagi yang ingin memiliki batas data tak terbatas, bisa menggunakan router sebagai alternatif. Router WiFi memungkinkan penghematan paket internet untuk seluruh keluarga, teman, dan tamu yang berkunjung. Akses internet secara bersamaan di berbagai bagian rumah tidak lagi dijamin tetap lancar.

Dongle WiFi Set Top Box

Tidak hanya mendukung komputer dan laptop, sekarang mari mengenal USB dongle WiFi pada set top box. Dengan perangkat kecil ini, memungkinkan TV digital terhubung dengan internet, laptop, bahkan smartphone.

Penggunaan piranti tambahan dongle pada set top box ternyata jauh lebih praktis dan hemat. Pengguna tidak memerlukan kabel LAN untuk menghubungkan set top box ke router. Jadi, penempatan set top box lebih fleksibel tanpa gangguan panjang kabel.

Fungsi Dongle WiFi Set Top Box

Sebelum membeli dongle WiFi, konsumen harus memperhatikan beberapa hal. Hal terpenting adalah keaslian produk dan kesesuaian dengan jenis STB yang mereka miliki.

Perangkat kecil membantu mendapatkan akses internet pada set top box. USB Dongle WiFi juga memberikan akses terhadap konten-konten online seperti layanan streaming video dan musik serta situs web TV.

Pencinta game bisa puas bermain game online kesayangan tanpa terganggu sinyal. Adapun layanan lainnya adalah pembaruan firmware.

Film-film online saat ini menyuguhkan pengalaman menonton yang luar biasa. Bagi yang terbiasa menonton tayangan film online, dongle merupakan elemen penting pada set top box. Terlebih mengingat jika beberapa model set top box memerlukan dongle WiFi supaya tetap terhubung dengan internet.

Harga USB dongle WiFi jauh lebih terjangkau daripada harga komputer. Pastikan mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan kualitas hanya di SwalayanKomputer.com.

Bagikan ke

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Cara Memilih Mouse Komputer Sesuai Kebutuhan Masing-Masing
19 May 2024

Beberapa perangkat aksesori yang penting untuk dimiliki pada komputer meliputi keyboard, speaker, dan mouse. Meskipun demikian, seringkali orang mengabaikan pentingnya... selengkapnya

Rekomendasi Harga Komputer Desain Grafis dibawah 15 Juta!
23 September 2022

Spesifikasi dan harga komputer untuk desain grafis tentunya berbeda dengan komputer yang digunakan untuk kebutuhan lainnya. Untuk kebutuhan desain grafis,... selengkapnya

Printer HP 2335 Menjadi Pilihan Banyak Orang dengan Hasil Berkualitas
3 February 2023

Printer HP 2335 menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari alat cetak. Printer HP merupakan salah satu produk... selengkapnya

Keunggulan RAM DDR5 Dibandingkan dengan RAM DDR4
16 June 2024

DDR5 merupakan generasi RAM terbaru yang telah diperkenalkan ke pasaran setelah melalui proses penelitian dan pengembangan yang cukup panjang. Para... selengkapnya

Splitter VGA, Review Produk dan Harga Terbarunya 2023, Cek di Sini
18 March 2023

Splitter VGA merupakan sebuah perangkat pembagi port yang berasal dari satu perangkat seperti PC atau laptop, ke beberapa monitor sekaligus... selengkapnya

Posisi Tinta Warna Canon 811 dan Cara Mengisinya dengan Benar
3 February 2023

Posisi tinta warna Canon 811, penting untuk Anda ketahui! Perangkat printer seperti Canon 811, yang biasa Anda jumpai di beberapa... selengkapnya

Kelebihan Layar Monitor 24 Inci untuk Penggunaan Sehari-hari
12 June 2024

Layar monitor 24 inci menawarkan berbagai kelebihan tersendiri yang pastinya cukup bahkan sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Layar komputer memang... selengkapnya

Pengertian Connector RJ45 Lengkap dengan Fungsinya
31 May 2024

Connector RJ45 merupakan konektor kabel ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan berbasis LAN (Local Area Network) dan jaringan lain.... selengkapnya

Konektor USB, Ketahui Jenis-Jenis dan Fungsinya
21 June 2024

Universal Serial Bus atau USB sudah dikembangkan sejak 1990 an. Hal tersebut sebagai upaya untuk menyederhanakan koneksi antar perangkat. Konektor... selengkapnya

Rekomendasi Produk Yang Berguna Di Toko Grosir Accesories Computer
23 October 2022

Komputer Anda tak akan lengkap dengan aksesoris. Meskipun bukan merupakan hal yang wajib namun dalam kenyataannya terdapat fungsi dari komputer... selengkapnya

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: