Beranda » Blog » Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet

Diposting pada 14 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 126 kali

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet (2)

USB dongle WiFi merupakan salah satu perangkat elektronik yang tersedia di toko komputer. Meski berukuran kecil, komponen berperan meningkatkan fungsionalitas saat terhubung ke port USB segala perangkat. Bisa dengan port USB pada televisi digital, komputer, PC, printer, hingga hard drive.

Fitur tambahan untuk segala jenis perangkat ini juga berperan mentransfer data dan meningkatkan keamanan sistem. Menariknya, ukurannya yang super mini memudahkan pengguna membawanya kemana saja.

USB Dongle WiFi

unsplash.com

Apa Itu USB Dongle WiFi?

Dongle WiFi lebih populer dengan sebutan modem USB. Ada juga yang menyebutnya adaptor jaringan USB, stik jaringan, atau stik broadband seluler USB.

Benda kecil yang bisa disimpan di saku baju ini terhubung dengan jaringan internet. Saat hendak memakainya, tinggal menghubungkan ke port USB perangkat. Setelahnya, dongle akan terkoneksi dengan jaringan yang sama dengan jaringan smartphone pengguna.

Kelebihan Dongle WiFi

Biasanya, pengguna USB dongle WiFi adalah orang-orang yang sering bepergian dan tetap membutuhkan akses internet pada perangkat. Terlebih bagi yang pekerjaannya berbasis ruang publik.

Sinyal tidak stabil dan jaringan yang buruk tentu memperlambat proses penyelesaian suatu pekerjaan. Dengan dongle WiFi, permasalahan tersebut teratasi dengan baik. Jadi, seburuk apapun kekuatan sinyal, tidak akan mempengaruhi pengerjaan tugas.

Saat ini, banyak penyedia layanan WiFi rumahan yang memberikan akses kurang memadai. Saat cuaca mendung atau hujan, kekuatan sinyal WiFi menjadi buruk.

Hal ini tentu merugikan pekerja WFH. Nah, untuk mengakali kasus tersebut, pertimbangkan penggunaan USB dongle WiFi untuk mempercepat jaringan. Anda bisa mendapatkan dongle WiFi berkualitas baik dari tempat grosir komputer terpercaya.

Dongle WiFi tidak menyediakan data terbatas. Adapun batasan data tersebut tergantung pada paket layanan dari Penyedia Layanan Internet (ISP). Bisa juga tergantung pada paket data spesifik yang berhubungan dengan dongle WiFi tersebut.

Bagi yang ingin memiliki batas data tak terbatas, bisa menggunakan router sebagai alternatif. Router WiFi memungkinkan penghematan paket internet untuk seluruh keluarga, teman, dan tamu yang berkunjung. Akses internet secara bersamaan di berbagai bagian rumah tidak lagi dijamin tetap lancar.

Dongle WiFi Set Top Box

Tidak hanya mendukung komputer dan laptop, sekarang mari mengenal USB dongle WiFi pada set top box. Dengan perangkat kecil ini, memungkinkan TV digital terhubung dengan internet, laptop, bahkan smartphone.

Penggunaan piranti tambahan dongle pada set top box ternyata jauh lebih praktis dan hemat. Pengguna tidak memerlukan kabel LAN untuk menghubungkan set top box ke router. Jadi, penempatan set top box lebih fleksibel tanpa gangguan panjang kabel.

Fungsi Dongle WiFi Set Top Box

Sebelum membeli dongle WiFi, konsumen harus memperhatikan beberapa hal. Hal terpenting adalah keaslian produk dan kesesuaian dengan jenis STB yang mereka miliki.

Perangkat kecil membantu mendapatkan akses internet pada set top box. USB Dongle WiFi juga memberikan akses terhadap konten-konten online seperti layanan streaming video dan musik serta situs web TV.

Pencinta game bisa puas bermain game online kesayangan tanpa terganggu sinyal. Adapun layanan lainnya adalah pembaruan firmware.

Film-film online saat ini menyuguhkan pengalaman menonton yang luar biasa. Bagi yang terbiasa menonton tayangan film online, dongle merupakan elemen penting pada set top box. Terlebih mengingat jika beberapa model set top box memerlukan dongle WiFi supaya tetap terhubung dengan internet.

Harga USB dongle WiFi jauh lebih terjangkau daripada harga komputer. Pastikan mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan kualitas hanya di SwalayanKomputer.com.

Bagikan ke

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Gamepad
17 June 2024

Pecinta game pastikan memiliki gamepad. Alas kendali ini memberikan kemudahan bagi gamers untuk memainkan game. Dengan menggunakan alat tersebut, gaya... selengkapnya

Pilihan Harga Mouse Laptop Murah dengan Kualitas Terbaik
7 June 2024

Harga mouse laptop memang sangat beragam. Ada berbagai jenis mouse laptop yang bisa ditemukan di pusat grosir komputer. Tentu saja... selengkapnya

Tips Dalam Memilih PC Bagus Dan Murah
7 November 2022

Dalam membeli pc atau komputer baru tentunya tidak bisa dibilang mudah. Apalagi jika anda masih mempunyai budget yang terbatas, yang... selengkapnya

Mengenal Komponen Bernama Switcher VGA, Kenali Sebelum Membeli
5 March 2023

Switcher VGA merupakan komponen yang cukup penting pada sebuah perangkat komputer maupun laptop. Maka ketika terjadi kerusakan akan memberikan pengaruh... selengkapnya

Cara Ngeprint di Komputer Sendiri dengan Mudah dan Cepat
13 May 2024

Cara ngeprint di komputer sendiri sangatlah mudah, simpel, dan tidak memakan waktu yang lama. Bisa mencetak berbagai dokumen sendiri baik... selengkapnya

Belanja Mouse di Toko Komputer, Pilih Kabel atau Wireless? Yuk Simak!
23 September 2022

Saat akan membeli mouse, toko komputer adalah tempat yang tempat. Hal itu karena biasanya mereka menyediakan cukup banyak pilihan. Dari... selengkapnya

Komputer Client, Pahami Pengertian dan Fungsinya
3 April 2024

Komputer client merupakan sebuah komponen utama dalam sistem jaringan yang berfungsi sebagai pengguna layanan. Baik itu dalam hal menjalankan aplikasi,... selengkapnya

Ingin Beli Komputer Gaming? Cek Spesifikasi dan Harga Komputer!
15 September 2022

Harga komputer gaming tentunya akan tergantung dengan spesifikasi yang komputer tersebut miliki. Untuk para gamers, tentu saja membutuhkan komputer yang... selengkapnya

Votre Mouse Jadi Pilihan Banyak Pengguna, Ungkap Alasannya
14 February 2023

Votre mouse saat ini memang banyak diminati. Mouse ini termasuk salah satu media hardware-nya komputer dan berperan penting sebagai alat... selengkapnya

Susunan Kabel HDMI Beserta Jenis dan Fungsinya
13 March 2023

Susunan kabel HDMI menjadi salah satu informasi yang sangat penting, terutama bagi Anda yang seringkali menggunakannya. Melalui susunannya inilah, jenis... selengkapnya

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: