Beranda » Blog » Pengertian Kabel Data, Fungsi, dan Perbedaanya dengan Kabel Charger

Pengertian Kabel Data, Fungsi, dan Perbedaanya dengan Kabel Charger

Diposting pada 6 June 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 73 kali

Kabel data atau data cable merupakan alat banyak dijumpai di toko-toko komputer. Bahkan, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis kabel ini atau malah sering menggunakannya.

Penggunaan komputer maupun PC sekarang ini sudah menunjukkan kebutuhan yang signifikan. Bagi orang yang baru pertama kali menggunakan PC atau komputer ini, tidak jarang yang masih bertanya-tanya tentang jenis kabel.

Terlebih banyaknya jenis kabel kadang membuat bingung akan penggunaannya. Untuk mendapatkan informasi fungsi data cable dan perbedaannya dengan kabel charger, Anda bisa simak penjelasan berikut.

Kabel Data

unsplash.com

Pengertian Kabel Data

Kabel data adalah tools yang tercipta sebagai penghubung atau konektor. Peran utama dari hadirnya kabel ini adalah untuk menghubungkan dua perangkat keras.

Dengan menggunakan data cable ini diharapkan kedua perangkat bisa saling terkoneksi serta melakukan komunikasi lewat port COM.

Kabel data sendiri kerap difungsikan untuk menyambungkan beragam perangkat. Contohnya adalah seperti ketika menghubungkan komputer dengan hp, komputer dengan printer, dan lainnya.

Sebenarnya, kabel ini memiliki peran dan fungsi yang cukup banyak. Bilamana kabel tersambung dengan software atau perangkat lunak komputer, tidak menutup kemungkinan bisa ikut mengoperasikan beberapa fungsi sekaligus sesuai perintah yang ia terima.

Fungsi Kabel Data

Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan jika data cable ini berfungsi sebagai konektor dua perangkat. Secara lebih rinci, fungsi kabel tersebut adalah sebagai berikut.

  • Untuk media cetak foto yang berasal dari ponsel kemudian dicetak melalui printer.
  • Kabel data juga bisa untuk menyalurkan koneksi internet, namun hal ini tergantung pada jenis hp dan operator.
  • Bisa untuk membuat SMS Gateway yang merupakan program SMS server (umumnya untuk Voucher Elektrik).
  • Kabel data juga memungkinkan pengguna melakukan back up SMS, Calendar, File, Foto, Video, Radio, Organiser, Phone Book, dan lain sebagainya.
  • Bisa untuk mengisi atau transfer aplikasi, game, movie clip, MP3, dan lainnya.

Perbedaannya dengan Kabel Charger

Sekilas, bentuk antara kabel data dengan kabel charger sangat mirip. Namun, ada beberapa perbedaan dari kedua jenis kabel ini.

Perbedaan pertama terletak pada segi fungsi dan kegunaan kabel. Kabel data mempunyai beberapa fungsi seperti yang sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya.

Sementara itu, kabel charger didesain untuk charge. Sehingga kabel tersebut hanya bisa Anda gunakan untuk mengisi daya, bukan untuk keperluan lainnya.

Pada kabel data terdapat komponen empat jalur kabel. Satu jalur untuk daya (+), satu lagi untuk ground (-), dan dua lainnya adalah untuk kebutuhan transfer data.

Berbeda dengan kabel charge yang hanya mempunyai komponen dua kabel saja. Kabel sisi negatif dan positif aliran arus listrik.

Sekarang ini, sudah banyak kabel yang menggabungkan kedua fungsi, antara transfer data dan pengisian daya. Hal ini memungkinkan pengguna lebih fleksibel dalam pemakaian sekaligus hemat pengeluaran.

Namun, jika yang Anda butuhkan adalah pengisian daya yang lebih cepat, maka pilihan tepatnya adalah menggunakan kabel khusus charger saja. Kabel tersebut akan lebih efektif dalam menyalurkan arus listrik ke perangkat Anda.

Kabel data ini bisa Anda beli di toko atau grosir komputer yang menyediakan produk lengkap seperti AIPEL COMPUTER. Di sini tidak hanya menyediakan jenis kabel, melainkan juga berbagai jenis komputer dan peralatannya.

Harga komputer dan perangkat-perangkatnya di AIPEL COMPUTER tidak membuat dompet Anda boncos. Sebagai toko komputer yang terpercaya AIPEL COMPUTER juga menyediakan sistem garansi dan kualitas produk yang dijamin prima.

Tidak hanya melayani pembelian offline, AIPEL COMPUTER juga menyediakan pembelian via marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan Blibli. Jadi tunggu apalagi, kebutuhan kabel data juga bisa Anda temukan di sini.

Bagikan ke

Pengertian Kabel Data, Fungsi, dan Perbedaanya dengan Kabel Charger

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Toko Mouse Terdekat dengan Produk Berkualitas dan Bergaransi
18 March 2023

Apabila Anda berada di kota Surabaya, toko mouse terdekat bisa ditemukan dengan sangat mudah. Mouse merupakan perangkat yang cukup penting... selengkapnya

Mengenal Komponen Bernama Switcher VGA, Kenali Sebelum Membeli
5 March 2023

Switcher VGA merupakan komponen yang cukup penting pada sebuah perangkat komputer maupun laptop. Maka ketika terjadi kerusakan akan memberikan pengaruh... selengkapnya

Pahami Definisi BNC Connector dan Jenis-jenisnya
27 February 2023

BNC Connector memiliki banyak jenisnya. Konektor adalah sebuah alat yang berguna untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan kabel. Penggunaan konektor ini... selengkapnya

Tips Memilih Casing PC Gaming yang Berkualitas di Toko Komputer
23 September 2022

Tidak sedikit pengguna komputer gaming yang bahkan tak begitu peduli dengan casing PC, khususnya di bagian CPU. Padahal, casing CPU... selengkapnya

Mouse dan Keyboard Genius Komputer Pilihan Pelengkap Kebutuhan
2 March 2023

Genius komputer memiliki berbagai produk terbaik yang bisa menjadi pelengkap kebutuhan. Terdapat berbagai produk keluaran Genius seperti mouse dan keyboard.... selengkapnya

Review Harga Printer Epson L3210 Terbaru 2023 dan Spesifikasinya
10 March 2023

Harga printer Epson L3210 spesifikasi lengkap seringkali menjadi sejumlah pertimbangan yang penting sebelum memutuskan untuk membelinya. Printer tipe ini, merupakan... selengkapnya

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya
24 February 2023

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan, yang sistemnya dapat terbaca dengan bantuan sinar laser berkekuatan rendah. Pertama kali hadir... selengkapnya

Rekomendasi Printer Terbaik 2023, Hemat Waktu dan Efisien Budget
5 March 2023

Rekomendasi printer terbaik dan murah bisa Anda temukan di toko komputer kesayangan.  Beberapa printer berkualitas terbaik juga dijual dengan harga... selengkapnya

Mengetahui Fungsi Optical Drive pada Komputer dan Cara Kerjanya
5 May 2024

Fungsi optical drive cukup penting dalam sebuah perangkat komputer. Optical drive atau yang juga dikenal dengan istilah optical drive disk... selengkapnya

Kelebihan Belanja di Grosir Komputer Online, Serba Hemat!
23 September 2022

Perlu untuk Anda ketahui, grosir komputer tidak hanya tersedia secara offline saja, melainkan juga online. Tentu hal ini tak mengejutkan... selengkapnya

Pengertian Kabel Data, Fungsi, dan Perbedaanya dengan Kabel Charger

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: