Beranda » Blog » Perangkat Output Komputer dan Cara Tepat Merawatnya

Perangkat Output Komputer dan Cara Tepat Merawatnya

Diposting pada 18 May 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 81 kali

Perangkat output komputer merupakan piranti keluaran yang memiliki fungsi untuk menampilkan data dari PC. Data tersebut dapat berupa teks, gambar, suara, video, maupun media lainnya. Output device ini juga memiliki arti sebagai bagian yang menggunakan data maupun perintah dari PC untuk menjalankan tugas tertentu.

Perangkat Output Komputer

unsplash.com

Daftar Perangkat Output Komputer Lengkap dengan Cara Perawatannya

Meskipun harga komputer mungkin terasa mahal bagi beberapa orang, namun saat ini keberadaannya telah menjadi kebutuhan utama dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, pekerjaan, hingga hiburan. Investasi dalam komputer seringkali dianggap sebagai langkah penting untuk memenuhi tuntutan zaman yang semakin digital ini.

Komputer memiliki beberapa komponen atau bagian, mulai dari input, processing, dan output device. Semua perintah dan tugas yang pengguna berikan kepada komputer akan diolah dan kemudian ditampilkan di beberapa perangkat output. Berikut inilah beberapa output device, lengkap dengan fungsi dan cara merawatnya.

Monitor

Layar komputer ini memiliki peranan vital dalam sebuah kesatuan unit PC. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk menampilkan berbagai data seperti teks, gambar, hingga video. Monitor ini sendiri memiliki banyak sekali komponen penyusunnya. 

Mulai dari sirkuit utama, power supply, tombol konfigurasi, dan casing. Perkembangan monitor saat ini sudah begitu bagus. Dulu monitor berjenis CRT menggunakan tabung. Saat ini monitor sudah semakin tipis dengan panel layar lang lebih bagus. Anda bisa menemukan beragam pilihan monitor di grosir komputer.

Cara merawat monitor yang baik adalah dengan membersihkannya dengan kain lembut secara berkala. Untuk menghindari debu masuk ke monitor, sebaiknya tutup monitor ketika tidak digunakan. Penting juga untuk menjauhkannya dari alat yang memiliki induksi magnetik.

Speaker

Untuk dapat menikmati konten komputer yang berbentuk suara, baik itu musik maupun video. Pengguna memerlukan perangkat output komputer yang bernama speaker. Penghasil suara ini akan berfungsi setelah mendapatkan sinyal dari kartu suara. Sound card sendiri biasanya terpasang di motherboard PC. Namun ada pula yang tersedia secara eksternal. Perangkat ini juga bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko komputer.

Untuk merawat speaker, pengguna sebaiknya menjauhkan perangkat ini dari alat-alat yang memiliki gelombang radio. Sebab, frekuensi radio bisa menjadikan hasil suara menjadi buruk. Speaker yang letaknya berdekatan dengan layar juga dapat mengganggu kualitas dan lifetime monitor.

Printer

Output device ini adalah perangkat keras yang fungsinya dapat mencetak suatu data hasil olahan dari komputer. Salinan atau cetakan tersebut berupa teks maupun foto dengan media kertas. Umumnya terdapat dua jenis printer yaitu InkJet dan Laser. 

InkJet adalah teknologi printer yang memakai tinta cair yang disuntikkan ke cartridge. Sedangkan laser biasanya sudah menggunakan serbuk toner. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Printer memerlukan perawatan yang tidak kalah intensif seperti perangkat output komputer lainnya. Pengguna sebaiknya memastikan untuk menutup printer ketika sedang tidak beroperasi. 

Cegah masuknya debu, remah-remah makanan, atau barang-barang berukuran kecil lain agar tidak masuk ke dalam printer. Sebab akan mengganggu kinerja alat ketika proses mencetak dokumen.

Proyektor

Fungsinya mirip seperti monitor, yang membedakannya adalah perangkat ini dapat menampilkan data ke media datar seperti dinding. Alat ini juga mampu menampilkan display dari komputer dalam skala ukuran yang lebih besar daripada monitor. Umumnya, perangkat keluaran ini digunakan dalam sesi presentasi di hadapan banyak orang.

Untuk merawat proyektor juga perlu penanganan yang baik dan tepat. Jauhkan piranti ini dari tempat yang berdebu. Simpan di tempat yang kering supaya lensa tidak mudah berjamur. Kemudian bersihkan lensa proyektor secara berkala. 

Lebih baik gunakan alat pembersih lensa dan cairan yang aman. Ketika menggunakan proyektor, sebaiknya letakan secara benar. Jangan sampai alat terjatuh untuk menghindari kerusakan pada komponen dan lensanya.

Itulah beberapa perangkat output komputer yang umum digunakan lengkap dengan cara perawatannya. Alat-alat yang bisa Anda temukan  dengan mudah di toko atau grosir komputer tersebut saling mendukung satu sama lain, menjadikan komputer bekerja secara optimal. Sehingga dapat memudahkan pekerjaan pengguna. 

Bagikan ke

Perangkat Output Komputer dan Cara Tepat Merawatnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Pengertian Router Wifi, Fungsi, dan Cara Kerjanya
4 May 2024

Router WiFi adalah perangkat yang tidak terpisahkan dari jaringan internet. Adanya router memungkinkan beberapa perangkat bisa terkoneksi ke internet. Di... selengkapnya

Fungsi USB Micro B Sebagai Penghubung Antar Perangkat Elektronik
3 February 2023

USB micro B merupakan salah satu kabel USB dari banyaknya yang tersebar. Kabel USB merupakan perlengkapan yang sering ada pada... selengkapnya

TL MR100, Router Terbaik dengan Harga Terjangkau
22 February 2023

TL MR100 menjadi salah satu router terbaik yang bisa Anda pilih sebab menawarkan kualitas serta penggunaan yang sangat praktis dan... selengkapnya

Harga Casing Surabaya Ekonomis Dengan kualitas Terbaik
19 November 2019

Salah satu piranti komputer yang jarang dirawat adalah casing. Casing memiliki fungsi yang sangat penting untuk komputer. Karena fungsinya yang... selengkapnya

,
Mengelola Pesan dan Grup dengan Efisien di WhatsApp
1 June 2023

Mengelola Pesan dan Grup di WhatsApp   A. Organisasi dan Manajemen Pesan WhatsApp menjadi tempat utama bagi banyak orang dalam... selengkapnya

Tips Memilih Grosir Komputer Dan Laptop Yang Pasti Berkualitas
16 October 2022

Komputer atau laptop adalah barang elektronik yang tidak boleh asal memilih ketika Anda akan membelinya. Itulah mengapa, Anda perlu mengetahui... selengkapnya

Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard, Simpel dan Aman
30 April 2024

Cara mematikan komputer dengan keyboard cukup mudah dan simpel. Caranya yaitu dengan mengandalkan kombinasi beberapa tombol pada keyboard. Metode ini... selengkapnya

Harga Card Reader Surabaya Berkualitas dan Lengkap
19 November 2019

Salah satu perangkat yang digunakan sebagai perantara penghubung adalah card reader. Pengertian dari card reader jika diterjemahkan dari namanya adalah... selengkapnya

Pilih Pusat Grosir Aksesoris Laptop Berkualitas
25 October 2022

Sudah banyak supplier ataupun grosir aksesoris laptop yang bisa anda temukan. Meningkatkan jumlah grosir aksesoris untuk komputer tersebut seiring dengan... selengkapnya

Toko Aksesoris Komputer Melayani Grosir dan Eceran
21 November 2019

Agar anda bisa memperoleh pengalaman dan juga manfaat terbaik dari komputer atau laptop. Kadang anda dituntut agar bisa melengkapinya dengan... selengkapnya

Perangkat Output Komputer dan Cara Tepat Merawatnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: