Beranda » Blog » Konektor USB, Ketahui Jenis-Jenis dan Fungsinya

Konektor USB, Ketahui Jenis-Jenis dan Fungsinya

Diposting pada 21 June 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 696 kali

Universal Serial Bus atau USB sudah dikembangkan sejak 1990 an. Hal tersebut sebagai upaya untuk menyederhanakan koneksi antar perangkat. Konektor USB makin populer berkat kemudahan penggunaannya. Bahkan kompatibel dengan berbagai macam platform dan sistem operasi.

Fungsi connector USB ini tidak hanya untuk membawa data dari dan ke komponen. Namun juga dapat membawa daya listrik dan menampung banyak perangkat keras seperti ponsel, printer, dan keyboard.

Konektor USB, Ketahui Jenis-Jenis dan Fungsinya

unsplash

Jenis Konektor USB dan Fungsinya

Media penghubung komputer dengan berbagai macam perangkat elektronik ini mempunyai banyak jenis. Diantaranya adalah:

1. USB Tipe-A

USB ini memiliki antarmuka standar, yakni data dan persegi panjang. Banyak ditemukan di ujung setiap kabel USB kebanyakan dan pada pengontrol host.

Tipe USB satu ini hanya dapat digunakan atau dimasukkan satu arah. Kebanyakan komputer mempunyai port untuk USB Tipe-A sebagai penghubung perangkat eksternal.

2. Tipe-B

Bentuk USB Type-B ini persegi dan untuk perangkat terbaru sudah jarang ditemukan. Fungsinya untuk menghubungkan printer ke komputer.

3. Mini-USB

Mini-USB sebelum digantikan oleh Micro USB juga dipakai untuk model  smartphone. Sampai saat ini pun masih banyak perangkat periferal yang menggunakannya. Seperti pemutar MP3 dan kamera digital.

4. Micro USB

Micro USB lebih kecil dari Mini-USB, hingga saat ini penggunaannya standar untuk perangkat seluler. Bentuknya yang kecil akan membuat perangkat seluler tetap terhubung ke komputer dengan bentuk lebih ramping.

Meskipun model USB ini banyak ditemui pada ponsel, tablet, dan berbagai perangkat lainnya, namun kebanyakan model terbaru sudah beralih menggunakan USB Tipe-C.

5. Tipe-C

Antarmuka USB paling baru ini mulai diperkenalkan di pasaran bersamaan standar kecepatan dari USB 3.1. Kelebihan dari konektor USB Tipe-C ini lebih reversibel atau mudah dicolokkan, baik itu ke bawah maupun ke atas.

Selain itu juga bisa menggunakannya untuk port perangkat pengontrol upstream. Konektor Tipe-C ini sudah banyak dipakai pada smartphone dan laptop terbaru.

Standar Kecepatan USB

USB mempunyai standar kecepatan transfer berbeda. Untuk USB 1.1 sudah jarang digunakan pada perangkat saat ini.

Kemudian terdapat pengembangan dari USB 1.1, yakni USB 2.0. Untuk kecepatan transfer datanya semakin meningkat. Kemudian muncul USB Micro dan Mini. Meski kecepatan USB 2.0 lambat, namun hingga kini masih banyak perangkat yang menggunakannya seperti keyboard, flash drive, dan sebagian besar port di komputer.

Sementara itu, sebagai standar untuk kecepatan USB terbaru adalah USB 3.0/3.1. Daripada USB 2.0, kecepatan USB 3.0 jauh lebih cepat.

Simbol SS untuk port USB 3.0 yang terdapat pada perangkat komputer merupakan kepanjangan dari SuperSpeed. Pada Bus SuperSpeed tersedia mode transfer dengan kecepatan lebih tinggi. Meskipun demikian, standar untuk USB 3.0 ini tetap kompatibel USB 2.0.

Perkembangan Aplikasi USB

Konektor USB mempunyai banyak kelebihan, yakni dari faktor bentuknya yang kecil. Kemudian kecepatan komunikasi, desain dan penggunaan mudah dan peningkatan transfer daya. Semua hal itu membuat banyak aplikasi yang menggunakan USB. Misalnya saja komputer, laptop, kamera video, ponsel, smart TV, dan masih banyak lagi.

USB sebagai konektor tidak hanya untuk transfer data, namun dapat memberi daya seperti untuk bantalan pengisi daya, senter, dan perangkat portabel lainnya.

Sama seperti harga komputer yang bervariasi, harga konektor USB juga tergantung dari jenis dan mereknya. USB menjadi perangkat yang fleksibel dan universal untuk seluruh penggunaan transfer daya dan data. Banyaknya perangkat yang membutuhkan USB membuatnya banyak dicari, dapatkan hanya di grosir komputer atau toko komputer.

Bagikan ke

Konektor USB, Ketahui Jenis-Jenis dan Fungsinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Mini HDMI2AV untuk Sambungkan Perangkat Laptop ke TV
13 March 2023

Mini HDMI2AV merupakan sebuah alat yang dapat Anda pergunakan untuk mentransfer atau mengkonversi perangkat HDMI, baik itu laptop, komputer, media... selengkapnya

Cara Beli Hardware PC Di Toko Komputer Terdekat 24 Jam
13 October 2022

Mending rakit PC. Kata-kata tersebut sering terdengar di forum diskusi komputer ketika sedang membicarakan mana yang lebih cocok, membeli komputer... selengkapnya

Perbedaan Gamepad dan Joystick, Mana yang Lebih Unggul?
7 September 2024

Para gamers sejati, wajib tahu beberapa perbedaan gamepad dan joystick agar pemakaiannya bisa sesuai dan semakin optimal. Dalam dunia game,... selengkapnya

Tips Memilih Processor di Grosir Komputer, Jangan Salah Beli!
3 October 2022

Tips memilih processor di grosir komputer berikut ini jangan sampai Anda lewatkan agar bisa mendapatkan processor yang tepat. Processor merupakan... selengkapnya

Keyboard Laptop Terkunci, Coba Restart Perangkat
4 October 2024

Ada berbagai cara untuk mengatasi keyboard laptop terkunci. Berikut ini akan kita bahas beberapa metode yang bisa Anda coba untuk... selengkapnya

Cara Merawat Monitor Komputer Agar Tidak Mudah Rusak
29 March 2024

Merawat monitor komputer menjadi hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh semua pemilik dan pengguna komputer. Sebab,... selengkapnya

Harga Keyboard Surabaya Terjangkau dan Ekonomis
19 November 2019

Keyboard merupakan salah satu piranti keras atau hardware. Keyboard tidak hanya digunakan pada komputer, namun juga bisa digunakan pada laptop.... selengkapnya

Berbagai Fitur Unggulan Modem 4G Prolink untuk Pengguna
9 August 2024

Modem 4G Prolink merupakan teknologi terkini yang menghadirkan inovasi baru dalam dunia jaringan internet dan perangkat pintar. Ini merupakan modem... selengkapnya

Mousepad dan Fungsinya untuk Membantu Kinerja Mouse
12 March 2023

Mousepad adalah aksesoris yang biasa digunakan sebagai alas mouse atau juga bisa disebut sebagai bantalan mouse yang biasanya diletakan di... selengkapnya

Daftar Harga Aksesoris Toko Komputer Surabaya Terlengkap
20 November 2019

Kinerja komputer akan lebih handal apabila didukung dengan aksesoris yang tepat. Dengan alasan tersebut, saat ini sudah banyak toko aksesoris... selengkapnya

Konektor USB, Ketahui Jenis-Jenis dan Fungsinya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: