Beranda » Blog » USB Flashdisk Punya Fungsi Tersembunyi Sudah Tahu

USB Flashdisk Punya Fungsi Tersembunyi Sudah Tahu

Diposting pada 22 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 117 kali

USB flashdisk merupakan perangkat keras yang kerap menjadi buruan di grosir komputer. Perangkat eksternal komputer berukuran kecil ini memang bukan barang baru.

Biasanya, orang memanfaatkan flashdisk sebagai fitur tambahan penyimpanan. Apalagi penggunaannya lebih praktis karena tidak perlu memindahkan data. Hanya saja, bentuknya yang kecil rentan hilang atau terselip, sehingga harus berhati-hati saat menyimpannya.

USB Flashdisk

unsplash.com

Serba Serbi USB Flashdisk 

Flashdisk atau flash drive merupakan bukti inovasi dari adanya perkembangan teknologi. Semula, orang menyimpan data pada disket atau CD.

Dari segi ketahanan, flashdisk lebih baik ketimbang disket. Keterbatasan dalam segi kapasitas penyimpanan data juga menjadi faktor mengapa disket tergantikan oleh USB flashdisk. Kemungkinan besar sudah kesulitan menemukannya di toko komputer.

Adapun kapasitas penyimpanan flashdisk bervariasi, sehingga pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Bentuk perangkat eksternal juga beraneka ragam. Ada bentuk bulat, kotak, bahkan menyerupai boneka.

Penggunaan flashdisk terbilang sederhana. Cukup menghubungkan ke port USB pada komputer atau laptop.

Penyimpanan data bersifat permanen. Artinya, meski tidak lagi terhubung dengan port perangkat, data di dalam flashdisk tetap aman. Hal ini berkat dukungan controller yang dibenamkan dalam USB flashdisk.

Fungsi Flashdisk

Istilah flashdisk memang populer bagi pengguna komputer. Sayangnya, terkadang mereka hanya mengetahui fungsi flashdisk hanya sebatas penyimpanan data saja. Padahal, ada fungsi-fungsi penting lainnya yang masih tersembunyi.

Pengunci dan Pembuka Perangkat

Dengan flashdisk, memungkinkan membuka perangkat saat menghubungkan dengan port perangkat, sekaligus mengunci perangkat saat melepaskan dari port. Untuk mendapatkan fungsi ini, perlu software tambahan, yaitu aplikasi Predator.

Menariknya, tidak perlu memasukkan kata sandi setiap kali menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi bekerja otomatis saat flashdisk terhubung atau terlepas dari port perangkat.

Penghubung ke Jaringan WiFi

Sebagai penghubung ke jaringan WiFi secara tepat. USB flashdisk bisa menyimpan profil jaringan WiFi yang digunakan, sehingga bisa langsung terhubung sewaktu-waktu membutuhkan akses internet.

Artinya, tidak perlu memasukkan kata kunci setiap kali hendak menggunakannya. Hal ini berkat sistem Windows yang mendukung aktivitas tersebut.

Langkah-langkahnya adalah:

  • Klik ikon wireless, kemudian gunakan klik kanan pada jaringan WiFi yang terhubung.
  • Klik opsi Properties.
  • Cermati tab connection yang tampil.
  • Pilih link Copy this network profile to a USB Flash Drive.
  • Terakhir, silakan klik Next.
  • Tunggu hingga proses konfigurasi dan pengaturan profil ke flashdisk selesai.

Bila menggunakannya pada komputer lain, gunakan double klik file setup SNK.exe bila sudah menghubungkan USB flashdisk pada port perangkat. Secara otomatis jaringan telah terinstal dan komputer siap menerima perintah.

Meningkatkan Kinerja Perangkat

USB flashdisk juga berfungsi sebagai opsi RAM eksternal yang membantu meningkatkan kinerja perangkat. Untuk menikmati fungsi tersebut, butuh aplikasi tambahan bernama Readyboost.

Aplikasi akan membaca cache file yang sering dibuka dari USB flashdisk jika kinerja hard disk berjalan lelet.

Berfungsi sebagai Web Server Portable

Memenuhi kebutuhan akan web server, USB flashdisk akan memenuhinya dengan baik. Bisa membawa web server kemana saja pasti menjadi hal mengasyikkan. Cukup instal server2go pada USB flashdisk.

Menjalankan Aplikasi Portable

Fungsi terakhir adalah pengguna bisa memanfaatkan flashdisk untuk mengakses aplikasi portabel, seperti OpenOffice.

Kunjungi PortableApps.com untuk melihat program-program yang bisa dijalankan melalui flashdisk. Pilih aplikasi yang sekiranya berguna.

Harga komputer dan komponen hardware lain lebih terjangkau di SwalayanKomputer.com. Kunjungi website resminya untuk melihat katalog dan harga produk.

Sudah tahu apa fungsi tersembunyi USB flashdisk? Pastikan mengecek keaslian perangkat, sehingga tidak ada kendala menyelesaikan tugas maupun pekerjaan.

Bagikan ke

USB Flashdisk Punya Fungsi Tersembunyi Sudah Tahu

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
3 Tips & Saran Bisnis Dari Komputer Grosir Hardware Komputer
6 November 2022

Grosir Hardware Komputer bisa Anda incar untuk mendapatkan aneka produk yang bisa dijual kembali buat Anda yang ingin membuka bisnis... selengkapnya

Supplier Komputer Surabaya dengan Produk Lengkap dan Harga Terbaik
18 November 2019

Perkembangan zaman yang semakin maju, semua kegiatan yang dilakukan akan dipermudah dengan inovasi yang diciptakan seperti  adanya komputer. Hadirnya komputer... selengkapnya

Mengenal Lebih Dekat Pengertian dan Fungsi HDMI Splitter
26 April 2024

HDMI splitter termasuk perangkat yang penting. Hanya saja, tak sedikit orang yang masih belum mengenalnya secara lebih mendalam. Untuk itu,... selengkapnya

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis
24 March 2024

Cara melihat spesifikasi PC sebenarnya sangat mudah. Ini menjadi salah satu tips komputer yang wajib dipahami. Sebab, bisa saja bermanfaat.... selengkapnya

Apa Itu CMOS, Ketahui Fungsi serta Cara Kerja Perangkatnya
9 February 2023

Apa itu CMOS? Kata CMOS sendiri mungkin saja masih terdengar asing di telinga pengguna biasa. Karena biasanya tidak terlalu mengenal... selengkapnya

Printer HP 2335 Menjadi Pilihan Banyak Orang dengan Hasil Berkualitas
3 February 2023

Printer HP 2335 menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari alat cetak. Printer HP merupakan salah satu produk... selengkapnya

Cara Menggunakan Komputer yang Tepat untuk Pemula
28 April 2024

Cara menggunakan komputer yang tepat menjadi penting diketahui, terutama untuk para pemula. Sebagian orang awam beranggapan bahwa memulai untuk belajar... selengkapnya

Berbagai Keunggulan dari Router TP-Link SIM Card TL-MR6400
4 March 2023

TP-Link SIM card seri TL-MR6400 ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang membutuhkan internet portabel tetapi tidak ingin... selengkapnya

Spesifikasi Switch pada Jaringan Komputer Perlu Anda Ketahui
27 February 2023

Spesifikasi switch mungkin masih banyak yang belum mengetahui. Pada dunia informatika, komponen dan jaringan adalah sesuatu yang tidak bisa terlepas... selengkapnya

Mengenal Bluetooth Dongle dan Cara Menggunakannya
24 April 2024

Bluetooth dongle merupakan perangkat yang berukuran kecil, namun dapat digunakan untuk menerima serta mengirimkan sinyal Bluetooth. Umumnya perangkat ini akan... selengkapnya

USB Flashdisk Punya Fungsi Tersembunyi Sudah Tahu

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: