Beranda » Blog » Baterai CMOS Berfungsi untuk Apa Saja? Simak Penjelasan Berikut

Baterai CMOS Berfungsi untuk Apa Saja? Simak Penjelasan Berikut

Diposting pada 6 March 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 3.095 kali

Baterai CMOS untuk apa saja

Baterai CMOS berfungsi untuk memberikan daya ke CPU yang masih erat kaitannya dengan data dari sebuah perangkat lunak. Nah, mari kita mengenali lebih akan peran baterai CMOS ini sebelum membeli di toko grosir komputer langganan Anda.

Menjadi salah satu komponen yang penting dalam perangkat komputer atau laptop, tentu kegunaan baterai CMOS ini tidak bisa kita sepelekan.  Namun, beberapa pengguna ternyata masih banyak yang belum tahu akan fungsinya. Bahkan tak jarang abai dengan keberadaanya.

Biasanya pengguna akan sadar ketika terjadi eror pada bagian sistemnya. Lalu mereka akan otomatis mencari tahu apa yang sedang rusak dan perlu untuk segera diperbaiki. Oleh karena itulah pentingnya Anda membaca pembahasan kali ini sampai selesai.

Baterai CMOS Berfungsi untuk

freepik.com

Baterai CMOS Berfungsi untuk Apa Saja?

CMOS sendiri merupakan akronim dari complementary Metal Oxide Semi-conductor termasuk salah satu perangkat keras atau hardware. Letaknya di motherboard komputer dengan bentuk yang menyerupai baterai.

Fungsi bagian ini secara garis besar untuk memberikan daya ke chip CMOS pada CPU. Nantinya perangkat ini akan menjadi wadah untuk menampung segala informasi. Sehingga dapat mulai dari pengaturan BIOS, waktu, lalu tanggal sistem, dan informasi konfigurasi perangkat keras secara lengkap akan mereka miliki.

Menariknya pada bagian Chip CMOS tetap membutuhkan daya meskipun sedikit untuk memelihara datanya tadi. Ini juga berlaku ketika sebuah komputer dimatikan atau tidak digunakan. Data ini akan tersimpan dengan baik dan tidak perlu dikhawatirkan sama sekali.

BIOS tersebut akan mengganti daya listrik untuk menjaga sebuah data. Oleh sebab itulah baterai ini bisa bekerja dengan baik dan efisien tanpa takut hilang data.

Kerusakan pada Baterai CMOS

Baterai CMOS berfungsi untuk menjaga sebuah data meskipun tanpa data listrik. Lalu bagaimana apabila terjadi kerusakan pada bagian yang satu ini? Apa yang saja yang akhirnya terpengaruh dan terlihat efeknya secara langsung?

Nah, silahkan perhatikan, ketika bagian ini mengalami kerusakan secara otomatis akan memberikan pengaruh terhadap fungsi utama tersebut. Proses pembacaan data dalam memori perangkat tersebut akan terhambat dan mengganggu aktivitas harian Anda.

Ini juga beri pengaruh pada bagian BIOS tidak bisa membaca jumlah total dari kapasitas RAM yang ada dalam sebuah perangkat tersebut.

Setelah itu bagian PC terkendala untuk proses bootingnya. Bahkan tidak jarang sampai muncul peringatan Error pada bagian sistem RAM dari komputer.

Beberapa Manfaat dari Baterai CMOS

Untuk ketahui beberapa manfaat dari Baterai CMOS berfungsi untuk perangkat tertentu akan lebih baik Anda simak secara lengkap.

Simpan Data Pengaturan Waktu

Ingat bahwa baterai CMOS ini membantu untuk menyimpan data dari pengaturan waktu. Pada laptop, computer, bahkan juga jam tangan yang membutuhkannya. Sebab itulah data akan tersimpan meskipun perangkat tidak terhubung ke listrik secara langsung.

Maka dari itulah ketika kita bisa mengakses data dari waktu sebuah perangkat terbantu oleh hal ini. Jadi jangan sepelekan ketika membutuhkan hal seperti ini.

Membersihkan BIOS

Manfaat baterai yang satu ini juga membantu melakukan pembersihan pada bios. Secara otomatis kita perlu hal seperti ini untuk menghapus dan kembalikan ke defaultnya. Sebab itulah beberapa perangkat membutuhkan baterai jenis ini.

Sehingga nantinya akan membentuk penghapusan pada bagian BIOS tersebut. Jadi tidak heran jika beberapa perangkat akan membutuhkannya secara menyeluruh.

Baterai CMOS berfungsi untuk apa saja sudah kita bahas di atas. Nah kini kita bisa membeli di toko komputer jika CMOS di perangkat Anda terjadi kerusakan. Sebelum membahayakan dan menyebabkan terjadinya gangguan lain, baiknya segera cari pengganti.

Bagikan ke

Baterai CMOS Berfungsi untuk Apa Saja? Simak Penjelasan Berikut

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Merawat Hardware Komputer dengan Tepat dan Mudah
23 March 2024

Komponen hardware komputer adalah aspek yang sangat penting karena berpengaruh langsung pada kinerja optimal perangkat tersebut. Kualitas dan umur panjang... selengkapnya

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Printer Surabaya Terlengkap
19 November 2019

Mencetak dokumen bisa dilakukan secara mudah dengan bantuan printer. Tak hanya dokumen saja, printer juga bisa dimanfaatkan untuk mencetak foto.... selengkapnya

Konverter USB to LAN dan Fungsinya untuk Komputer
9 March 2023

Konverter USB to LAN adalah salah satu perangkat penting dalam dunia komputer maupun PC. Sama seperti komponen lainnya, perangkat tersebut... selengkapnya

Grosir Alat Komputer: Tips Merawat Motherboard Agar Lebih Awet
30 October 2022

Motherboard merupakan salah satu komponen terpenting dalam komputer dan laptop. Saking pentingnya, motherboard yang mengalami kerusakan akan menyebabkan masalah fatal... selengkapnya

15 Tips Belanja Parts PC Di Pusat Komputer Besar
26 October 2022

Di tiap kota besar, Anda pasti menemukan pusat perbelanjaan komputer. Bisa dibandingkan, pusat komputer ini sama seperti mall untuk keperluan... selengkapnya

Fungsi Penting Baterai CMOS CR2032 pada Komputer
31 January 2023

Baterai CMOS CR2032 merupakan baterai ringan yang berbentuk lingkaran serta berukuran kecil dan memiliki tegangan operasi sebesar 3 V. Biasanya... selengkapnya

Mengenal Komponen Bernama Switcher VGA, Kenali Sebelum Membeli
5 March 2023

Switcher VGA merupakan komponen yang cukup penting pada sebuah perangkat komputer maupun laptop. Maka ketika terjadi kerusakan akan memberikan pengaruh... selengkapnya

Flashdisk 64 GB, Kelebihannya Sebagai Penyimpanan Data
10 June 2024

Sama seperti kebanyakan flashdisk yang ada, USB flash drive atau flashdisk 64 GB memiliki kegunaan untuk menyimpan data flash bertipe... selengkapnya

Keuntungan Belanja di Toko Komputer Online, Harga Lebih Murah?
27 September 2022

Toko komputer online saat ini sudah menjadi hal lumrah. Hal itu mengingat kemajuan teknologi memang semakin berkembang pesat setiap waktu.... selengkapnya

Kelebihan Keyboard Logitech K120 dan Cara Menggunakannya
18 June 2024

Keyboard Logitech K120 adalah salah satu keyboard dengan kabel yang bisa menjadi pilihan karena menawarkan berbagai kelebihan tersendiri. Nah, berikut... selengkapnya

Baterai CMOS Berfungsi untuk Apa Saja? Simak Penjelasan Berikut

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: