Beranda » Blog » Layar Monitor Berwarna Kuning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Layar Monitor Berwarna Kuning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada 18 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 136 kali / Kategori:

Layar monitor berwarna kuning dapat menjadi permasalahan yang mengganggu bagi para pengguna laptop maupun perangkat komputer. Masalah monitor yang satu ini tentu dapat terjadi karena berbagai faktor.

Seperti yang kita tahu, layar monitor merupakan salah satu komponen penting pada setiap sistem komputer. Komponen ini berguna untuk menampilkan output dalam bentuk gambar maupun video.

Layar Monitor Berwarna Kuning, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

arshahmd.blogspot.com

Layar Monitor Berwarna Kuning, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Layar monitor merupakan salah satu bagian krusial dari perangkat komputer. Namun, komponen ini seringkali mengalami berbagai permasalahan. Salah satunya adalah tampilannya yang mulai menguning.

Permasalahan tersebut tentu dapat mengganggu kenyamanan pengguna. Kegiatan komputasi pun mungkin akan terhambat karena ketidaknyamanan tersebut.

Penyebab Layar Monitor Komputer yang Menguning

Menguningnya layar monitor komputer tentu disebabkan oleh berbagai faktor. Adapun beberapa hal penyebab menguningnya layar monitor komputer adalah sebagai berikut:

  • Usia Monitor: Usia monitor yang sudah usang dapat menjadi penyebab utama menguningnya layar monitor komputer. Sebab, seiring berjalannya waktu dan pemakaian monitor LCD atau LED akan mengalami perubahan kualitas tampilan.
  • Kesalahan Pengaturan Kalibrasi: Pengaturan kalibrasi warna yang salah pada monitor dapat juga menjadi penyebab layar monitor berwarna kuning. Jika pengguna tidak mengaturnya dengan benar, maka keseimbangan warna akan berubah sehingga hasil gambar maupun video yang ditampilkan akan menguning.
  • Kabel yang Rusak: Adanya sambungan kabel yang rusak pada sistem monitor dapat mempengaruhi kualitas tampilan layar. Sebab, hal ini bisa mengganggu pengiriman sinyal sehingga tampilan layar monitor bisa menguning atau terdistorsi.
  • Masalah Perangkat Keras: Beberapa permasalahan pada perangkat keras dalam sistem juga bisa menyebabkan tampilan layar menguning. Sebagai contoh, adanya permasalahan pada komponen elektronik atau blacklight dalam sistem sebuah komputer.

Cara Mengatasi Layar Komputer yang Menguning

Setelah mengetahui apa saja penyebab layar monitor berwarna kuning, berikut ini adalah beberapa solusi untuk mengatasinya:

Periksa Pengaturan Layar Monitor

Jika letak kesalahannya pada aspek ini, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Klik tombol Windows, lalu, ketikkan Calibrate Display Color pada kolom pencarian dan Enter untuk melanjutkan.
  • Pada tampilan awal atau beranda, ketik Next untuk melanjutkan. Ikuti setiap petunjuk dan langkah-langkah hingga sampai ke menu Adjust Color Balance.
  • Selanjutnya, atur konfigurasi warna pada layar monitor secara manual. Jika sudah sesuai, jangan lupa untuk klik Save atau Simpan untuk menyimpan perubahan.

Periksa Sambungan Kabel Penghubung Layar Monitor

Cara mengatasi layar monitor yang menguning berikutnya adalah dengan memeriksa sambungan kabel penghubungnya. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, karena sambungan kabel dapat mempengaruhi tampilan monitor secara keseluruhan.

Permasalahan sambungan kabel penghubung layar monitor ini biasanya terjadi karena konektor yang tidak terhubung dengan baik atau kendor. Untuk memastikannya cukup mudah, pengguna hanya perlu memeriksa kabel penghubung monitor pada bagian belakang telah terpasang dengan baik dan benar.

Perbarui Driver

Pada beberapa kasus, masalah layar monitor yang menguning juga dapat terjadi karena driver yang telah usang sehingga memerlukan pembaruan atau update. Umumnya, sejumlah driver memang melakukan update secara otomatis, tetapi ada juga yang tidak. Driver ini biasanya memerlukan izin pengguna untuk bisa melakukan update.

Untuk pembaruannya sendiri, pengguna bisa menyesuaikannya dengan langkah-langkah pada driver yang mereka gunakan. Namun, perlu Anda ingat langkah ini hanya berlaku jika memang permasalahan utamanya adalah pada update driver.

Layar komputer, termasuk ukuran 24 inci, sangat mudah ditemukan di toko komputer online seperti SwalayanKomputer.com. Toko grosir komputer ini menawarkan berbagai produk berkualitas dengan harga yang bersahabat. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk membeli layar maupun aksesoris komputer lainnya di sini.

Bagi siapa saja yang ingin memiliki komputer berkualitas, Swalayan Komputer adalah pilihan yang tepat. Toko ini dikenal sebagai grosir komputer terlengkap, terbaik, dan termurah. Anda bisa mendapatkan berbagai produk komputer dengan kualitas terjamin tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Itulah beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi layar monitor berwarna kuning dengan mudah dan cepat. Jika setelah melakukan langkah-langkah tersebut tidak ada perkembangan yang lebih baik atau terjadi hal yang sama, pengguna bisa mencoba untuk menggunakan layanan service dari toko atau grosir komputer terdekat. Untuk harga biasanya menyesuaikan dengan kerusakan atau kebijakan dari toko komputer itu sendiri.

Tags: , ,

Bagikan ke

Layar Monitor Berwarna Kuning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dengan Aman
15 May 2024

Kipas laptop berisik merupakan kerusakan yang wajib diketahui. Sebab, hal ini akan sangat mengganggu pemilik dan orang lain di sekitarnya.... selengkapnya

Urutan Tinta Warna Canon yang Tepat dan Tips Memasangnya
6 March 2023

Urutan tinta warna Canon sampai saat ini masih sering orang salah pahami. Apalagi ketika tinta tersebut habis dan kita membeli... selengkapnya

Simak 12 Jenis CCTV Sesuai Kebutuhan Pengintaian Berkualitas
5 March 2023

Ketika ingin memberikan keamanan pada ruangan atau bangunan beberapa orang akan mengandalkan produk yang bisa membantu pengintaian.  Salah satunya adalah... selengkapnya

,
7 Tips dan Tricks WhatsApp untuk Penggunaan yang Lebih Efisien dan Aman
1 June 2023

Berikut adalah beberapa tips dan tricks yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan WhatsApp:   1. Membuat Pesan Tertunda: Anda dapat... selengkapnya

Lebih Baik Beli PC Di Pusat Komputer Terdekat Atau Secara Online?
1 November 2022

Ingin beli PC? Bingung harus ke pusat komputer terdekat atau belanja secara online? Bagi yang merasa kesulitan, tidak ada salahnya... selengkapnya

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya
24 February 2023

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan, yang sistemnya dapat terbaca dengan bantuan sinar laser berkekuatan rendah. Pertama kali hadir... selengkapnya

Toko Peralatan Komputer Paling Lengkap Berkualitas
21 November 2019

Zaman modern seperti sekarang ini, manfaat komputer sangat beragam. Mulai dari alat bantu menulis, mengedit foto, menggambar, memutar lagu, pemutar... selengkapnya

Tips Beli Aksesoris Komputer yang Benar Di Distributor Aksesoris Laptop
3 November 2022

Tips Membeli Aksesoris Laptop Untuk menunjang penggunaannya, komputer memiliki beberapa aksesoris yang banyak macamnya dengan fungsi berbeda-beda. Contoh aksesoris yang... selengkapnya

Memanfaatkan Grosir Sparepart Komputer Untuk Mencari Motherboard Gaming
19 October 2022

Salah satu produk yang bisa diperoleh dari toko grosir sparepart komputer adalah motherboard. Komponen ini merupakan salah satu komponen utama... selengkapnya

Cara Mengatasi WiFi Laptop Hilang Windows 10
27 August 2024

Mengatasi masalah WiFi laptop hilang bisa menjadi hal yang cukup membingungkan. Jangan khawatir, karena ada berbagai metode yang bisa digunakan... selengkapnya

Layar Monitor Berwarna Kuning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: