Beranda » Blog » Mousepad dan Fungsinya untuk Membantu Kinerja Mouse

Mousepad dan Fungsinya untuk Membantu Kinerja Mouse

Diposting pada 12 March 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 1.449 kali

Mousepad dan Fungsinya untuk Membantu Kinerja Mouse

Mousepad adalah aksesoris yang biasa digunakan sebagai alas mouse atau juga bisa disebut sebagai bantalan mouse yang biasanya diletakan di bawahnya. Karena seperti yang kita ketahui bersama, sensor mouse membutuhkan permukaan yang sesuai untuk bekerja dan menggerakkan pointer di layar. Alas mouse ini bisa Anda dapatkan di toko komputer terdekat Surabaya dan sekitarnya.

Itu sebabnya alas mouse adalah aksesori yang sangat penting. Karena permukaan yang digunakan sebagai mouse pad sangat menentukan performa dari mouse tersebut. Jika tidak menggunakan alas ini mouse akan sulit digerakan terlebih jika berada pada permukaan yang licin.

Mousepad adalah

unsplash.com

Mousepad adalah Alat Bantu Kinerja Mouse yang Populer

Saat ini ada dua istilah yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan alas mouse. Pertama, yaitu istilah mouse pad yang sering kita dengar dan gunakan. Selanjutnya ada juga istilah mousemat.

Dibanding dengan nama pertama yang jauh lebih familiar, kita masih jarang mendengar istilah yang terakhir. Padahal sebenarnya keduanya menampilkan objek yang memiliki fungsi yang sama.

Perbedaannya lebih terkait dengan ukuran, mousemat digunakan untuk menandakan alas mouse yang lebih besar. Itulah sebabnya digunakan istilah “mat” yang sebenarnya berarti karpet. Lalu, apa saja fungsi dari alas mouse ini? Simak beberapa manfaat penggunaan mousepad sehari-hari.

Memaksimalkan Kinerja Sensor Mouse

Mousepad adalah perangkat yang memberikan perintah ke komputer. Misalnya membuka tab baru, memilih opsi, dan lain sebagainya. Mouse sendiri bekerja dengan bantuan sensor untuk menggerakkan kursor di sekitar layar, diperlukan alas yang sesuai.

Oleh karena itu, pengguna mouse juga membutuhkan alas mouse untuk memaksimalkan kinerja sensor mouse. Mouse pad sendiri memiliki 2 tipe permukaan yaitu quick type dan control type, kedua permukaan alas mouse mempengaruhi kecepatan gerakan kursor.

Menjaga Kebersihan Sensor Mouse

Seperti yang telah disebutkan, mouse bekerja dengan mengandalkan sensor di bagian bawah, performa mouse tidak hanya dipengaruhi oleh alasnya. Tetapi juga oleh kebersihan sensornya, seringkali kursor komputer tidak bergerak dengan benar atau tidak bergerak sama sekali karena alas yang kotor.

Karena sensor terkontaminasi debu dan kotoran yang mencegah sensor memantulkan cahaya ke permukaan media. Itulah mengapa penting untuk memastikan mouse bersih terutama pada bagian sensor.

Menjaga Meja Dari Goresan

Mousepad adalah alat tambahan yang juga bermanfaat untuk meningkatkan performa mouse. Alat ini mampu membantu melindungi meja dari berbagai goresan. Jika kita terlalu sering menggunakan mouse di atas meja tanpa alas, meja mungkin akan tergores karena gesekan yang disebabkan oleh mouse.

Tentunya hal ini juga bisa terjadi pada bagian bawah mouse dan menyebabkan mouse cepat rusak. Karena itu untuk menjaga meja dan mouse tetap dalam kondisi yang baik ada baiknya jika Anda selalu menggunakan alas yang tepat.

Meningkatkan Visual Setup

Saat ini, mouse pad dapat Anda jumpai di toko-toko perlengkapan laptop maupun pusat grosir komputer. Hal tersebut karena banyak orang menggunakan alas mouse untuk perlengkapan setup. Banyak produsen dan merek telah merilis alas mouse dengan desain yang berbeda.

Warna alas mouse sangat cocok dengan berbagai tema pengaturan dengan desain hitamnya yang elegan. Selain warnanya, mousepad tersedia dalam beberapa ukuran berbeda, ini memungkinkan pengguna untuk memilih ukuran yang tepat.

Media Tracking Sensor

Saat ini, sebagian besar mouse, terutama mouse gaming, menggunakan sensor optic, prinsip dasar mouse optik adalah menggunakan cahaya infra merah. Cahaya inilah yang menyinari permukaan mouse, menyebabkan sensor optik melacak atau mengikuti bingkai cahaya, menghasilkan sinyal yang menggerakkan kursor di layar.

Mousepad adalah  salah satu media untuk membuat sensor dari sinar ini tidak memantul dan bergerak tidak terkendali. Jika memantul tidak terkendali, sensor tidak dapat menemukan sesuatu saat Anda ingin menggerakan kursor.

Bagikan ke

Mousepad dan Fungsinya untuk Membantu Kinerja Mouse

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Keunggulan Printer Epson L121, Cocok untuk Cetak Berkas Sendiri
2 February 2023

Printer Epson L121 bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari printer dengan kualitas terbaik dan menawarkan banyak keunggulan. Printer... selengkapnya

3 Tips & Saran Bisnis Dari Komputer Grosir Hardware Komputer
6 November 2022

Grosir Hardware Komputer bisa Anda incar untuk mendapatkan aneka produk yang bisa dijual kembali buat Anda yang ingin membuka bisnis... selengkapnya

Adaptor Monitor LG Bergaransi dengan Kualitas dan HargaTerbaik
31 January 2023

Untuk Anda yang kini tengah mencari adaptor monitor LG, sebaiknya tidak sembarangan membeli. Terkadang karena terburu-buru Anda bahkan jadi gegabah... selengkapnya

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya
24 February 2023

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan, yang sistemnya dapat terbaca dengan bantuan sinar laser berkekuatan rendah. Pertama kali hadir... selengkapnya

Kegunaan Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Cara Merawatnya
23 June 2024

Perangkat keras jaringan komputer adalah suatu bagian atau komponen yang berfungsi menghubungkan dua komputer atau lebih. Adanya sistem jaringan tersebut... selengkapnya

Perhatikan Ini Sebelum Memilih Hard Disk Eksternal di Toko Komputer!
23 September 2022

Hard disk eksternal memang menjadi kebutuhan utama untuk para pengguna laptop dan komputer. Alat ini akan berfungsi sebagai media penyimpanan... selengkapnya

Serba Serbi USB Dongle WiFi Perangkat Kecil Penangkap Internet
14 April 2024

USB dongle WiFi merupakan salah satu perangkat elektronik yang tersedia di toko komputer. Meski berukuran kecil, komponen berperan meningkatkan fungsionalitas... selengkapnya

Tips Memilih USB Hub 4 Port untuk Pelengkap Komputer
4 March 2023

USB hub 4 port bisa menjadi pilihan untuk pelengkap komputer. Port pada komputer atau laptop memang sangat terbatas. Sehingga sebagian... selengkapnya

Driver Epson L121, Simak Cara Mudah Menginstalnya
8 March 2023

Driver Epson L121 menarik untuk kita ulas! Berbicara perihal spesifikasi printer yang irit dan berkualitas namun tetap terjangkau, maka Epson... selengkapnya

Inilah 7 Fungsi Router, Bisa Menyambungkan Jaringan Internet
13 March 2023

Sebenarnya apa saja fungsi router itu? Router menjadi salah satu perangkat yang sudah banyak digunakan di zaman modern ini. Router... selengkapnya

Mousepad dan Fungsinya untuk Membantu Kinerja Mouse

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: