Beranda » Blog » Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Diposting pada 24 February 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 6.319 kali

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan, yang sistemnya dapat terbaca dengan bantuan sinar laser berkekuatan rendah. Pertama kali hadir pada tahun 1958, dan memiliki hak paten tepat beberapa tahun kemudian.

Tak berhenti sampai di situ saja, media penyimpanan ini terus mengalami perkembangan pesat. Salah satu temuan canggih di versi selanjutnya yaitu teknologi optical media.

Fungsi utamanya untuk memuat file video dalam laser disc. Penggagas pertamanya yakni Philips, kemudian berlanjut ke versi CD besutan Sony pada 1983 silam.

Optical Disk

Pixabay.com

Jenis-Jenis Optical Disk

Salah satu keunggulan dari media penyimpanan Optical ini adalah kapasitasnya yang cukup luas. Sehingga mampu menampung data atau file berukuran besar sekalipun. Selain itu, terdapat beberapa jenis Optical Disk yang bisa Anda beli di toko komputer seperti berikut ini.

1. Compact Disc

Jenis yang pertama adalah Compact Disc atau lebih populer dengan singkatan CD. Media penyimpanan dalam CD ini menjadi jenis Optical yang pertama kali muncul. Sementara untuk membaca maupun menuliskan data menggunakan bantuan piringan dan laser.

Bentuknya berupa lingkaran berdiameter 120 mm. Ciri khas CD yakni memiliki lubang kecil di bagian tengah, dengan ukuran diameter 15 mm. Untuk kapasitasnya, CD bisa menampung data hingga 870 MB berdurasi 99 menit. Contohnya banyak sekali, seperti CD-Rom, CD Recordable dan CD Writetable.

2. Digital Video Disc

Perkembangan teknologi terbaru menghadirkan Digital Video Disc atau istilah kerennya yakni DVD. Kapasitas penyimpanan DVD ini jauh lebih besar dari CD, yakni mencapai 4.7 hingga 17 GB.

Sama halnya dengan CD, contoh media penyimpanan DVD juga ada beberapa tipe. Sebut saja Single Side-Single Layer, Double Side-Single Layer, Double Sided-Double Layer.

3. Blu-ray

Jenis media penyimpanan Optical Disk berikutnya yaitu Blu-ray. Menariknya, Blu-ray memiliki kapasitas penyimpanan 35 kali lebih besar dari CD. Sementara jika Anda bandingkan dengan DVD, maka total kapasitasnya lebih unggul 5 kali.

Tak heran jika media penyimpanan ini mampu menampung data hingga 50 GB dalam setiap keping. Selain itu, Blu-ray mampu membaca data tiga kali lipat lebih gesit dari DVD. Umumnya, para pengguna akan mendapat kualitas video lebih baik dan audio yang semakin jernih.

4. FM DISK

Jenis yang terakhir adalah FM Disc atau Fluorescent Multilayer. Media penyimpanan ini mampu menampung jutaan data hingga 140 GB. Keunggulan yang paling luar biasa yakni kemampuan membaca data mencapai 1 GB per second.

FM Disc memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan kepingan CD pada umumnya. Warna FM Disc sendiri bukan perak atau emas, melainkan transparan seperti plastik. Kelebihannya pun banyak sekali, seperti memiliki beberapa layer, bisa menyimpan aplikasi, bahkan aman untuk backup program komputer.

Terdapat 3 jenis FM Disc yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Seperti ROM untuk produksi film maupun perangkat lunak komputer. WORM membantu untuk back-up media besar yang butuh proteksi tinggi. Kemudian yang terakhir yakni Clear Card, yang menawarkan densitas recording hingga 400 Mbytes/cm2.

Untuk mendapatkan Optical Disk berkualitas terkadang tidak mudah. Apalagi saat ini banyak produk KW yang membanjiri pasaran peralatan komputer.

Karena itu, pastikan Anda membelinya di grosir komputer terpercaya dan profesional. Salah satu yang bisa menjadi pertimbangan adalah Swalayan Komputer.

Kami senantiasa menghadirkan barang-barang kebutuhan seperti Optical Disk dengan kualitas unggulan. Selain itu, harga produk di toko kami sangat terjangkau. Tak perlu cemas mendapatkan barang KW, karena produk yang terjual selalu dilengkapi dengan garansi.

Bagikan ke

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya
24 February 2023

Optical Disk merupakan salah satu media penyimpanan, yang sistemnya dapat terbaca dengan bantuan sinar laser berkekuatan rendah. Pertama kali hadir... selengkapnya

Yuk Kenali Stavolt Komputer, Ternyata Bisa Beri Banyak Keuntungan
5 March 2023

Stavolt komputer atau biasa disebut stabilizer ini menjadi salah satu komponen yang dapat menjaga daya tahan komputer serta juga menstabilkan... selengkapnya

Pengertian Motherboard, Fungsi dan Jenis-jenisnya
11 April 2024

Motherboard adalah sebuah komponen utama dalam komputer, telah ada sejak era 1970-an. Pada awalnya, desain motherboard tidak sekompleks seperti sekarang... selengkapnya

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja USB WiFi pada PC
22 May 2024

Komputer atau PC membutuhkan USB WiFi supaya terhubung dengan jaringan internet. Sudah menjadi hal lumrah jika sekarang ini kebutuhan internet... selengkapnya

Pahami Definisi BNC Connector dan Jenis-jenisnya
27 February 2023

BNC Connector memiliki banyak jenisnya. Konektor adalah sebuah alat yang berguna untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan kabel. Penggunaan konektor ini... selengkapnya

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dengan Aman
15 May 2024

Kipas laptop berisik merupakan kerusakan yang wajib diketahui. Sebab, hal ini akan sangat mengganggu pemilik dan orang lain di sekitarnya.... selengkapnya

Review Harga Printer Epson L3210 Terbaru 2023 dan Spesifikasinya
10 March 2023

Harga printer Epson L3210 spesifikasi lengkap seringkali menjadi sejumlah pertimbangan yang penting sebelum memutuskan untuk membelinya. Printer tipe ini, merupakan... selengkapnya

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Komputer Rakitan Sebelum Memutuskan Pergi Ke Toko Rakit Komputer Terdekat
14 October 2022

Meskipun sekarang sudah banyak laptop atau komputer portabel yang semakin canggih, namun penggunaan komputer konvensional  atau biasa disebut dengan pc... selengkapnya

,
Mengelola Pesan dan Grup dengan Efisien di WhatsApp
1 June 2023

Mengelola Pesan dan Grup di WhatsApp   A. Organisasi dan Manajemen Pesan WhatsApp menjadi tempat utama bagi banyak orang dalam... selengkapnya

Mengenal Perbedaan Switch Hub Beserta Fungsinya
12 May 2024

Switch hub merupakan dua komponen jaringan yang sering kali didengar. Meskipun keduanya digunakan dalam konteks yang serupa, mereka memiliki perbedaan... selengkapnya

Optical Disk, Simak Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: