Beranda » Blog » Spesifikasi Power Supply Beserta Fungsi Pentingnya

Spesifikasi Power Supply Beserta Fungsi Pentingnya

Diposting pada 4 February 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 3.914 kali

Power supply merupakan komponen atau hardware yang berfungsi sebagai pemasok daya atau suplai daya. Spesifikasi power supply terdiri atas beberapa komponen.

Umumnya, power supply bisa Anda temukan pada komputer. Biasanya terletak pada belakang CPU yang dilengkapi dengan satu kipas.

Saat ini, kebutuhan power supply bisa Anda penuhi dengan sangat mudah. Pasalnya, Anda bisa membelinya di toko komputer.

Selain menawarkan power supply yang berkualitas dan lengkap, Anda juga bisa mendapatkan tawaran harga terjangkau.

Spesifikasi Power Supply Beserta Fungsi Pentingnya

pexels.com

Inilah Spesifikasi Power Supply

Saat Anda menyalakan power pada komputer, maka power supply akan mulai bekerja. Caranya yakni dengan melakukan pemeriksaan serta tes sebelum komputer menjalankan sistem.

Apabila tes berlangsung dengan baik, maka power supply akan mengirimkan sinyal ke mainboard. Hal ini sebagai tanda jika sistem pada komputer siap untuk menjalankan perintah.

Karena fungsinya yang sangat penting, power supply ini memiliki peran penting seperti CPU sebagai otak komputer. Untuk itulah, berikut ini spesifikasi power supply yang bisa Anda lihat dari komponen di dalamnya.

Transformator

Berbicara mengenai salah satu komponen power supply, maka tidak akan pernah lepas dari keberadaan transformator. Fungsi dari komponen power supply yang satu ini yaitu memindahkan tenaga listrik antara dua rangkaian listrik. Selain itu, juga bisa berfungsi memindahkan tenaga listrik melalui induksi elektromagnetik.

Dioda

Dioda merupakan gabungan dari dua kata elektroda, yakni anoda dan katoda. Selain itu, dioda sendiri memiliki sifat menghantarkan arus, terutama pada tegangan maju. Tak hanya itu, tetapi juga menghambat arus pada setiap aliran tegangan balik.

Kapasitor

Kapasitor merupakan bagian dari spesifikasi power supply yang memiliki fungsi penting sama seperti komponen lainnya. Fungsinya yakni sebagai penyempurna penyaluran dari tegangan arus AC menuju tegangan arus DC.

Resistor

Dalam power supply, resistor memiliki peran yang sangat penting. Diantaranya, dapat menurunkan tegangan, membatasi jumlah arus listrik yang masuk dan membagi tegangan. Berkat fungsinya ini, resistor bisa mengontrol berbagai macam perangkat keras yang terdapat pada motherboard.

IC Regulator

Dalam power supply terdapat komponen bernama IC regulator. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengatur tegangan yang terletak pada rangkaian elektronika. Dengan begitu, tegangan akan selalu dan tetap stabil.

LED

Spesifikasi power supply selanjutnya yakni membahas tentang LED. LED merupakan komponen yang hampir serupa dengan diode semikonduktor. Karena hal inilah, LED mempunyai keistimewaan.

Setelah mengetahui spesifikasi dan fungsi dari hardware komputer satu ini, sudah barang tentu Anda sangat membutuhkannya. Tak perlu pusing-pusing lagi mencari powers upply yang sesuai dengan komputer Anda.

Pasalnya, saat ini telah hadir Swalayan Komputer. Swalayan Komputer merupakan grosir komputer dengan konsep swalayan.

Melalui website resmi Swalayan Komputer, yakni swalayankomputer.com Anda bisa mendapatkan komputer dengan berbagai merek hingga aneka pilihan hardware, yang salah satunya adalah power supply.

Ada beragam pilihan power supply yang bisa Anda dapatkan, seperti Power Supply Unit Advance 500 Watt Original Resmi (Black), Power Supply CCTV Indoor 12 V DC 20A (Silver), Power Supply CCTV Indoor 12 V DC 15A (Silver), dan berbagai jenis power supply lainnya.

Tidak hanya mendapatkan spesifikasi power supply dengan kualitas terbaik saja, tetapi juga harga yang terjangkau. Bahkan, Anda bisa mendapatkan diskon untuk harga power supply yang semakin hemat. Silahkan kunjungi website resminya, pilih power supply sesuai kebutuhan dan lakukan pembayaran. Kini, kebutuhan power supply Anda sudah terpenuhi dengan baik, bukan?

Bagikan ke

Spesifikasi Power Supply Beserta Fungsi Pentingnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Mengenal Pengertian Komputer Mainframe, Fungsi hingga Contohnya
27 March 2024

Peran komputer dalam dunia modern sangatlah besar. Hampir semua aktivitas saat ini sangat bergantung pada teknologi ini. Berkembangnya inovasi telah... selengkapnya

Pengertian Motherboard, Fungsi dan Jenis-jenisnya
11 April 2024

Motherboard adalah sebuah komponen utama dalam komputer, telah ada sejak era 1970-an. Pada awalnya, desain motherboard tidak sekompleks seperti sekarang... selengkapnya

Rekomendasi Harga Komputer Desain Grafis dibawah 15 Juta!
23 September 2022

Spesifikasi dan harga komputer untuk desain grafis tentunya berbeda dengan komputer yang digunakan untuk kebutuhan lainnya. Untuk kebutuhan desain grafis,... selengkapnya

3 Tips & Saran Bisnis Dari Komputer Grosir Hardware Komputer
6 November 2022

Grosir Hardware Komputer bisa Anda incar untuk mendapatkan aneka produk yang bisa dijual kembali buat Anda yang ingin membuka bisnis... selengkapnya

Fan Processor, Komponen Penting untuk Mencegah Overheating
11 May 2024

Fan processor atau kipas processor merupakan salah satu bagian dari komputer yang memiliki peran atau fungsi sangat penting. Bahkan dengan... selengkapnya

Pengertian Connector RJ45 Lengkap dengan Fungsinya
31 May 2024

Connector RJ45 merupakan konektor kabel ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan berbasis LAN (Local Area Network) dan jaringan lain.... selengkapnya

Mari Mengenal Macam-macam Sparepart Laptop Beserta Fungsinya
4 March 2023

Perlu kamu ketahui, sparepart laptop ini tentunya sangat beragam dan mempunyai fungsi masing-masing. Nah, dari beberapa sparepart tersebut akan disatukan... selengkapnya

Spek Komputer untuk Desain Grafis, Perhatikan dengan Benar
25 February 2023

Spek komputer untuk desain grafis tidak bisa Anda pilih dengan asal. Kebutuhan akan perangkat komputer pada kemajuan era teknologi digital... selengkapnya

15 Tips Belanja Parts PC Di Pusat Komputer Besar
26 October 2022

Di tiap kota besar, Anda pasti menemukan pusat perbelanjaan komputer. Bisa dibandingkan, pusat komputer ini sama seperti mall untuk keperluan... selengkapnya

Mengenal Router Access Point Lengkap dengan Spesifikasinya
11 March 2023

Router Access Point memiliki kegunaan untuk membantu untuk menyebarkan sinyal dengan efektif. Biasanya orang akan membelinya di grosir komputer yang... selengkapnya

Spesifikasi Power Supply Beserta Fungsi Pentingnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: