Beranda » Blog » Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Diposting pada 9 March 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 49 kali

Saat ini ada berbagai jenis kabel di grosir komputer dengan fungsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Adapun salah satunya yaitu kabel LAN. Kabel LAN adalah salah satu jenis kabel yang memiliki banyak pengguna. Untuk mengenalnya lebih dekat, Anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Kabel LAN Lengkap Dengan Jenis-Jenisnya

pexels.com

Pahami Pengertian Kabel LAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network. Jenis kabel ini termasuk kabel jaringan yang banyak digunakan sebagai penghubung internet ke beragam perangkat. Mulai dari PC, router, hingga saklar di jaringan area lokal. Dari definisi tersebut, tak bisa kita pungkiri bahwa kabel LAN adalah jenis kabel penting.

Jenis Kabel LAN

Setelah mengetahui pengertian kabel LAN, tak kalah penting pula untuk memahami apa saja jenisnya. Sebenarnya kabel LAN tersedia dalam beragam jenis.

Hanya saja, kabel coaxial dan UTP termasuk jenis kabel terpopuler. Bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan kabel LAN, pastikan untuk memahami dua jenis kabel tersebut.

Kabel Coaxial

Jenis kabel yang satu ini memiliki dua penghantar. Di bagian inti, Anda bisa menemukan material tembaga. Kemudian tutup bagian luarnya ada material isolasi lengkap dengan penghantar kabel fiber.

Berbicara mengenai kabel fiber, ada yang dibuat menggunakan tembaga, namun ada pula yang berbahan aluminium. Di dalamnya ada isolator elastis yang terbuat dari material plastik.

Selama ini kita ketahui bahwa plastik terbukti tahan air. Karena sifatnya tersebut, material yang satu ini kerap dijadikan sebagai material antena TV. Di sisi lain jenis kabel ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk kelebihan, kabel coaxial terbukti lebih aman apabila mengingat material isolatornya. Semakin aman karena bahannya terbilang tebal. Karena tebal, jenis kabel ini terbukti mampu menampung frekuensi yang tinggi.

Sementara untuk kekurangannya, kabel ini hanya bisa mengirimkan data dengan jumlah terbatas. Selain itu, kabel ini juga cenderung tidak fleksibel apabila Anda gunakan di beragam jaringan instalasi. Hal ini karena bahan isolatornya yang tebal.

Kabel UTP

Jenis kabel lainnya yang juga menarik untuk Anda ketahui yaitu kabel UTP. UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Kabel yang memiliki banyak pengguna ini didesain tidak tertutup.

Pada umumnya, kabel ini menggunakan material berupa tembaga mentega. Kabel ini juga tidak memiliki pelindung di dalamnya sehingga menjadi pembeda dengan kabel coaxial.

Soal kelebihan, terlihat jelas pada banderolan harganya. Harga kabel ini relatif lebih murah apabila Anda bandingkan dengan jenis kabel jaringan lainnya. Selain itu, jenis kabel ini juga lebih mudah untuk instalasinya.

Beralih ke kekurangannya, kabel UTP bisa mengalami penurunan keseimbangan apabila ada di frekuensi tinggi. Karena kondisi tersebut, jenis kabel ini tak bisa mengkompensasi adanya gangguan noise.

Masih seputar kekurangannya, jenis kabel ini juga memiliki tekanan yang cenderung meningkat. Peningkatan tekanan tersebut terjadi apabila kabelnya mempunyai frekuensi tinggi.

Setelah memahami kekurangan tersebut, Anda harus mempertimbangkan secara matang saat ingin menggunakan kabel LAN. Supaya aman dan berfungsi secara optimal, sudah seharusnya mencermati frekuensinya.

Mengenai ketersediaannya, jenis kabel LAN di atas bisa dengan mudah Anda temukan di toko komputer terlengkap. Sebelum menggunakan kabel LAN, alangkah baiknya apabila Anda menyesuaikan dengan kebutuhan, mencermati kelebihan maupun kekurangan, dan mempersiapkan budget.

Dari review di atas, Anda bisa mengetahui bahwa kabel LAN adalah jenis kabel terpopuler. Bukan hanya pengertian saja, Anda juga dapat mengenal lebih dekat jenis kabel LAN terfavorit yang memiliki banyak pengguna.

Bagikan ke

Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

,
7 Tips dan Tricks WhatsApp untuk Penggunaan yang Lebih Efisien dan Aman
1 June 2023

Berikut adalah beberapa tips dan tricks yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan WhatsApp:   1. Membuat Pesan Tertunda: Anda dapat... selengkapnya

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Printer Surabaya Terlengkap
19 November 2019

Mencetak dokumen bisa dilakukan secara mudah dengan bantuan printer. Tak hanya dokumen saja, printer juga bisa dimanfaatkan untuk mencetak foto.... selengkapnya

Inilah Sederet Keuntungan Beli di Toko Komputer Online
21 September 2022

Dewasa ini, membeli perangkat, komponen, maupun hardware komputer sudah semakin mudah. Kamu hanya perlu datang ke toko komputer kemudian melakukan... selengkapnya

Kenali Apa Itu Splitter, Jenis hingga Fungsinya dalam Headset Gaming
8 February 2023

Bagi Anda yang suka bermain game, pastinya tak asing lagi dengan splitter. Namun berbeda halnya untuk Anda yang tidak suka... selengkapnya

DDR4 Adalah, Pahami Pengertian dan Keunggulannya
15 March 2023

DDR4 adalah singkatan dari Double Data Rate 4. Double Data Rate (DDR) merupakan jenis dari sebuah RAM komputer sebagai penerus... selengkapnya

Spek Komputer untuk Desain Grafis, Perhatikan dengan Benar
25 February 2023

Spek komputer untuk desain grafis tidak bisa Anda pilih dengan asal. Kebutuhan akan perangkat komputer pada kemajuan era teknologi digital... selengkapnya

Cara Merawat Keyboard Komputer dengan Baik dan Benar
5 April 2024

Membersihkan keyboard komputer atau laptop secara teratur merupakan tindakan yang penting. Meskipun terlihat bersih, keyboard yang sering digunakan setiap hari... selengkapnya

Cara Mengecek Spek Komputer Secara Detail dan Lengkap
20 April 2024

Cara mengecek spek komputer penting untuk konsumen pahami sebelum membeli perangkat PC atau laptop di toko komputer. Spesifikasi komputer meliputi... selengkapnya

Tang Crimping Berfungsi untuk Banyak Hal, Inilah 4 Komponen Pentingnya
11 March 2023

Tang crimping berfungsi untuk banyak hal dalam bidang instalasi listrik dan jaringan. Seperti menggunting, mengupas, hingga menjepit kabel berjenis Unshielded... selengkapnya

Trik Belanja Di Grosir Aksesoris Komputer Secara Online
28 October 2022

Belanja aksesoris komputer secara online memang terbilang lebih praktis dan efisien. Apalagi ketika Anda berbelanja di grosir aksesoris komputer, sudah... selengkapnya

Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: