Beranda » Blog » Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Diposting pada 9 March 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 45 kali

Saat ini ada berbagai jenis kabel di grosir komputer dengan fungsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Adapun salah satunya yaitu kabel LAN. Kabel LAN adalah salah satu jenis kabel yang memiliki banyak pengguna. Untuk mengenalnya lebih dekat, Anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Kabel LAN Lengkap Dengan Jenis-Jenisnya

pexels.com

Pahami Pengertian Kabel LAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network. Jenis kabel ini termasuk kabel jaringan yang banyak digunakan sebagai penghubung internet ke beragam perangkat. Mulai dari PC, router, hingga saklar di jaringan area lokal. Dari definisi tersebut, tak bisa kita pungkiri bahwa kabel LAN adalah jenis kabel penting.

Jenis Kabel LAN

Setelah mengetahui pengertian kabel LAN, tak kalah penting pula untuk memahami apa saja jenisnya. Sebenarnya kabel LAN tersedia dalam beragam jenis.

Hanya saja, kabel coaxial dan UTP termasuk jenis kabel terpopuler. Bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan kabel LAN, pastikan untuk memahami dua jenis kabel tersebut.

Kabel Coaxial

Jenis kabel yang satu ini memiliki dua penghantar. Di bagian inti, Anda bisa menemukan material tembaga. Kemudian tutup bagian luarnya ada material isolasi lengkap dengan penghantar kabel fiber.

Berbicara mengenai kabel fiber, ada yang dibuat menggunakan tembaga, namun ada pula yang berbahan aluminium. Di dalamnya ada isolator elastis yang terbuat dari material plastik.

Selama ini kita ketahui bahwa plastik terbukti tahan air. Karena sifatnya tersebut, material yang satu ini kerap dijadikan sebagai material antena TV. Di sisi lain jenis kabel ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk kelebihan, kabel coaxial terbukti lebih aman apabila mengingat material isolatornya. Semakin aman karena bahannya terbilang tebal. Karena tebal, jenis kabel ini terbukti mampu menampung frekuensi yang tinggi.

Sementara untuk kekurangannya, kabel ini hanya bisa mengirimkan data dengan jumlah terbatas. Selain itu, kabel ini juga cenderung tidak fleksibel apabila Anda gunakan di beragam jaringan instalasi. Hal ini karena bahan isolatornya yang tebal.

Kabel UTP

Jenis kabel lainnya yang juga menarik untuk Anda ketahui yaitu kabel UTP. UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair. Kabel yang memiliki banyak pengguna ini didesain tidak tertutup.

Pada umumnya, kabel ini menggunakan material berupa tembaga mentega. Kabel ini juga tidak memiliki pelindung di dalamnya sehingga menjadi pembeda dengan kabel coaxial.

Soal kelebihan, terlihat jelas pada banderolan harganya. Harga kabel ini relatif lebih murah apabila Anda bandingkan dengan jenis kabel jaringan lainnya. Selain itu, jenis kabel ini juga lebih mudah untuk instalasinya.

Beralih ke kekurangannya, kabel UTP bisa mengalami penurunan keseimbangan apabila ada di frekuensi tinggi. Karena kondisi tersebut, jenis kabel ini tak bisa mengkompensasi adanya gangguan noise.

Masih seputar kekurangannya, jenis kabel ini juga memiliki tekanan yang cenderung meningkat. Peningkatan tekanan tersebut terjadi apabila kabelnya mempunyai frekuensi tinggi.

Setelah memahami kekurangan tersebut, Anda harus mempertimbangkan secara matang saat ingin menggunakan kabel LAN. Supaya aman dan berfungsi secara optimal, sudah seharusnya mencermati frekuensinya.

Mengenai ketersediaannya, jenis kabel LAN di atas bisa dengan mudah Anda temukan di toko komputer terlengkap. Sebelum menggunakan kabel LAN, alangkah baiknya apabila Anda menyesuaikan dengan kebutuhan, mencermati kelebihan maupun kekurangan, dan mempersiapkan budget.

Dari review di atas, Anda bisa mengetahui bahwa kabel LAN adalah jenis kabel terpopuler. Bukan hanya pengertian saja, Anda juga dapat mengenal lebih dekat jenis kabel LAN terfavorit yang memiliki banyak pengguna.

Bagikan ke

Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Beli Laptop Di Tempat Toko Komputer Terdekat, Ini Yang Perlu Anda Perhatikan
22 October 2022

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat toko komputer terdekat, untuk membeli laptop yang sesuai kebutuhan, ada baiknya jika Anda membaca... selengkapnya

Spesifikasi LAN Tester yang Terjual di Toko Komputer Berkualitas
14 March 2023

Spesifikasi LAN Tester perlu untuk Anda cek sebelum membeli di Toko Komputer Grosir langganan. Alat ini membantu untuk beberapa kebutuhan... selengkapnya

Cara Screenshot di Komputer dengan Keyboard Paling Mudah
13 June 2024

Cara screenshot di komputer merupakan salah satu tindakan yang penting untuk diketahui oleh pengguna. Screenshot adalah cara untuk merekam objek... selengkapnya

Cara Menggunakan Printer Bluetooth Melalui Komputer
4 June 2024

Printer bluetooth adalah printer mini yang berguna untuk mencetak struk pembayaran dengan mudah dan simpel. Printer ini bisa terhubung ke... selengkapnya

Tips Mendapatkan Hardware Terbaik di Distributor Perlengkapan Komputer Langganan
3 November 2022

Jangan Salah Pilih Hardware Hardware merupakan perangkat keras yang termasuk bagian penting pada komputer. Untuk memastikan perangkat yang Anda miliki... selengkapnya

Perangkat Output Komputer dan Cara Tepat Merawatnya
18 May 2024

Perangkat output komputer merupakan piranti keluaran yang memiliki fungsi untuk menampilkan data dari PC. Data tersebut dapat berupa teks, gambar,... selengkapnya

Mengenal Definisi SSD, Fungsi dan Perbedaannya dengan HDD
17 April 2024

Laptop SSD adalah jenis komputer yang tidak mengandalkan Hard Disk Drive (HDD) sebagai media penyimpanan data, melainkan menggunakan Solid State... selengkapnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi, dan Jenisnya
30 May 2024

Sistem operasi komputer merupakan bagian penting supaya pengguna bisa menjalankan atau mengoperasikan komputer. Bagi orang yang kerap bekerja dengan komputer,... selengkapnya

Cara Beli Hardware PC Di Toko Komputer Terdekat 24 Jam
13 October 2022

Mending rakit PC. Kata-kata tersebut sering terdengar di forum diskusi komputer ketika sedang membicarakan mana yang lebih cocok, membeli komputer... selengkapnya

Pahami Fungsi Penting Kabel Power SATA pada Komputer
10 February 2023

Kabel power SATA termasuk dalam komponen komputer. Kabel SATA atau Serial Advanced Technology Attachment adalah sebuah kabel standar Internasional yang... selengkapnya

Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: