Beranda » Blog » Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis

Diposting pada 24 March 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 179 kali

Cara melihat spesifikasi PC sebenarnya sangat mudah. Ini menjadi salah satu tips komputer yang wajib dipahami. Sebab, bisa saja bermanfaat.

Tidak hanya PC, cara ini juga bisa dilakukan pada laptop. Hal ini akan sangat mempermudah pemilik jika ingin mencari aksesori komputer atau bahkan dalam proses perbaikan. Toko komputer tidak selalu menjelaskan secara rinci spesifikasinya.

Cara Melihat Spesifikasi PC

pixabay.com

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah

Spesifikasi PC menjadi hal utama yang harus diperhatikan, terutama karena harga komputer tidak murah. Bagaimanapun juga, spesifikasi ini bisa mempengaruhi performa perangkat komputer.

Sebelum membeli komputer atau laptop, seseorang harus memahami spesifikasinya. Apakah spesifikasi komputer sudah sesuai dengan kebutuhan penggunaan atau tidak .

Adapun spesifikasi dari komputer meliputi berbagai aspek, seperti memori, sistem operasi, kartu grafis, dan bahkan prosesor. Selain itu, ada berbagai bagian yang termasuk ke dalam spesifikasi komputer.

Sayangnya, ada banyak orang yang tidak tahu atau bahkan lupa spesifikasi dari laptop mereka. Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa caranya.

Melalui My Computer

Cara melihat spesifikasi PC pertama yang dibeli di grosir komputer adalah dari menu My Computer. Ini merupakan salah satu menu yang akan sangat membantu para penggunanya.

Fitur My Computer akan memberikan informasi lengkap terkait spesifikasi laptop maupun komputer. Cara menggunakannya juga sangat mudah.

Pemilik hanya harus membuka menu My Computer atau This PC di desktop. Selain itu, pemilik juga klik langsung ikon My Computer atau This PC di menu Start. Dengan begitu akan muncul semua informasi terkait spesifikasi perangkat.

PC MacOS

Meski sebagian besar komputer saat ini menggunakan sistem operasi Windows, tetapi produk Apple menggunakan sistem operasi MacOS. Mac adalah PC atau laptop dari perusahaan Apple.

Pengguna Mac saat ini juga semakin banyak. Bagi para pengguna PC berbasis MacOS, maka bisa melihat spesifikasi perangkat dengan cara yang sedikit berbeda.

Namun, cara pengecekannya juga tetap mudah. Pertama klik bagian logo Apple terlebih dahulu yang ada di layar utama MacBook.

Setelah itu, akan muncul menu drop-down dan segera klik menu “About This Mac”. Perangkat akan segera memunculkan jendela aplikasi yang memperlihatkan informasi prosesor, grafis, serta memorinya.

Jika ingin melihat menu RAM, klik “Memory” dan apabila ingin melihat informasi baterai, klik “About This Mac” kemudian “System Report”. Untuk mengecek Hardware, pilih opsi “Power”.

Melalui System Information

Cara melihat spesifikasi PC selanjutnya adalah bisa menggunakan System Information. Ini merupakan fitur yang ada di perangkat desktop berbasis Microsoft.

Windows System Information adalah sebuah fitur khusus bawaan dari sistem operasi. Dengan fitur ini, pemilik laptop bisa mendapatkan informasi terkait RAM, sistem operasi, dan juga berbagai komponen lainnya.

Sebenarnya, fitur ini mirip seperti My Computer. Fitur System Information dapat digunakan dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Pertama, klik tombol Windows + R secara bersamaan pada keyboard. Kombinasi tersebut akan membuka dialog “Run” di PC. Setelah itu, ketik “msinfo32” di dalam kotak dialog, kemudian klik Enter atau OK.

Hal itu akan membuat jendela Windows System Information akan segera muncul. Selanjutnya pengguna bisa melihat berbagai informasi lengkap terkait PC ini.

Melalui cara tersebut, melihat spesifikasi komputer maupun laptop akan lebih mudah. Hal ini bisa sangat bermanfaat untuk memahami kapasitas performa perangkat komputer itu sendiri.

Selain itu, cara ini juga memudahkan pemilik jika ingin mengganti komponen tertentu. Bahkan, cara melihat spesifikasi PC juga akan memberikan informasi terkait perangkat lunak yang ada di dalam komputer.

Bagikan ke

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Yuk Kenali Stavolt Komputer, Ternyata Bisa Beri Banyak Keuntungan
5 March 2023

Stavolt komputer atau biasa disebut stabilizer ini menjadi salah satu komponen yang dapat menjaga daya tahan komputer serta juga menstabilkan... selengkapnya

Toko Hardware Komputer Surabaya Terlengkap dan Terpercaya
22 November 2019

Komputer mempunyai berbagai komponen yang bekerja bersama untuk mengolah informasi mentah menjadi informasi baru yang lebih mudah dimengerti manusia. Bila... selengkapnya

Ketahui Jenis – Jenis VGA Card Terbaik Yang Ada Di Jual PC Rakitan Murah
8 November 2022

Jual PC rakitan murah – VGA card atau umumnya lebih dikenal sebagai kartu video yang sering sekali digunakan dalam memproses... selengkapnya

Keunggulan Votre Keyboard, Produk Terjangkau Tapi Berkualitas
4 March 2023

Votre keyboard menjadi pilihan terbaik untuk barang berkualitas tetapi harga terjangkau. Votre menjadi salah satu merek yang berhasil memproduksi keyboard... selengkapnya

Cara Menggunakan Printer Bluetooth Melalui Komputer
4 June 2024

Printer bluetooth adalah printer mini yang berguna untuk mencetak struk pembayaran dengan mudah dan simpel. Printer ini bisa terhubung ke... selengkapnya

Harga Tang Crimping Surabaya Ekonomis Kualitas Nomor Satu
19 November 2019

Tang crimping merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi untuk membantu pemasangan konektor RJ45 ke kabel UTP. Alat ini memiliki... selengkapnya

Pengertian Router Wifi, Fungsi, dan Cara Kerjanya
4 May 2024

Router WiFi adalah perangkat yang tidak terpisahkan dari jaringan internet. Adanya router memungkinkan beberapa perangkat bisa terkoneksi ke internet. Di... selengkapnya

Terapkan 6 Tips Memilih Processor Ini Supaya Tidak Salah Beli
17 March 2023

Ada beberapa tips memilih processor laptop yang perlu kamu perhatikan supaya nantinya tidak salah membelinya. Sebab, dalam memilih perangkat processor... selengkapnya

Harga Mouse Surabaya Terjangkau, Bergaransi dan Lengkap Pilihannya
19 November 2019

Dalam era modern yang semakin canggih saat ini hampir semua kegiatan tidak dapat jauh dari komputer. Salah satu aksesoris komputer... selengkapnya

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis
24 March 2024

Cara melihat spesifikasi PC sebenarnya sangat mudah. Ini menjadi salah satu tips komputer yang wajib dipahami. Sebab, bisa saja bermanfaat.... selengkapnya

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: