Beranda » Blog » Memori Komputer, Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Memori Komputer, Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Diposting pada 8 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 1.462 kali

Memori komputer untuk melakukan penyimpanan serta menganalisis data. Keberadaan memori tersebut menjadi komponen vital karena berperan untuk menentukan kinerja serta performa perangkat komputer itu sendiri. Biasanya semakin tinggi kapasitas dan kecepatannya akan semakin baik pula kinerjanya.

Keberadaan memori pada komputer terkadang dikategorikan oleh sistem berdasarkan tujuan dan kegunaan yang berbeda. Karena komponen tersebut tidak hanya sebagai media penyimpanan saja tetapi juga berfungsi untuk menanggapi perintah dari penggunanya. Ketahuilah bahwa komponen tersebut juga akan menampung setiap instruksi berbagai sumber supaya program bisa berjalan sebagaimana seharusnya.

Memori Komputer

Bola.com

Memori Komputer dan Pengertiannya

Memori komputer mempunyai pengertian sebagai perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk menyimpan data berupa informasi atau instruksi. Sifat dari informasi atau instruksi tersebut adalah permanen dan sementara. Selain itu, komponen memori juga menjadi kumpulan dari storage unit yang menyimpan data binary dalam bentuk bit.

Setiap blok memori terdiri dari beberapa komponen kecil. Komponen kecil itulah yang disebut dengan sel. Letak dari memori berada dalam central processor unit atau CPU. Menjadi komponen penting guna mengoperasikan perangkat komputer. Setiap data serta program yang diproses oleh prosesor akan disimpan pada memori.

Untuk data yang bersifat sementara biasanya akan hilang secara otomatis apabila perangkat sudah kita matikan. Sedangkan data yang bersifat permanen akan tetap ada meskipun aliran listriknya kita matikan.

Fungsi dari Memori

Fungsi memori komputer adalah menyimpan data dari perangkat input sampai dikirimkan ke arithmetic and logic unit. Selain itu juga berfungsi menyimpan instruksi dari sebagian perangkat dan sebagai media penyimpanan berkas penting yang berkaitan dengan operasi sistem.

Komponen tersebut juga berfungsi untuk menyimpan data semua aplikasi serta cache dan bisa kita gunakan untuk backup data. Di sisi lain, memori ini juga berfungsi untuk menyimpan data multimedia.

Cara Kerjanya

Lantas seperti apa cara kerja dari komponen komputer yang penting tersebut. Sebelumnya, ketahuilah bahwa setiap memori itu mempunyai lokasi dan alamat berbeda. Biasanya dituliskan dalam bilangan heksadesimal kemudian lokasinya akan dilacak oleh CPU.

Jika kita menghidupkan komputer, controller memory dan beban basic input output system dari Read Only Memory akan memeriksa semua alamat memori. Hal tersebut bertujuan memastikan tidak ada yang error. Berikutnya, basic input output system akan menyediakan informasi dasar berkaitan dengan susunan boot, perangkat penyimpanan dan yang lainnya.

Baru setelah itu, Random Access memory akan memuat operating system dari Hard Drive sampai CPU bisa mengakses sistem operasinya secara langsung. Semua program tersebut dijalankan komputer kemudian dimuat ke dalam RAM. Untuk keberadaan memori komputer ini membuat proses transfer data menjadi lebih cepat. Berarti dalam kinerja memori tersebut melibatkan RAM dan ROM.

Jenis-jenisnya

Penggunaan memori komputer terbagi menjadi beberapa. Seperti halnya memori primer. Yakni jenis memory yang berfungsi untuk menyimpan data ketika processor menggunakan program aktif. Jenis yang satu ini adalah memori utama yang akan berinteraksi secara langsung dalam CPU, cache dan auxiliary.

Sedangkan contoh dari memori primer adalah Random Access memory. Tergolong sebagai memori volatile, dengan demikian data yang terdapat di dalamnya bisa hilang apabila aliran listrik dimatikan. Berarti RAM termasuk dalam media penyimpanan data sementara. Berikutnya adalah memory Read Only yang hanya bisa kita baca dan tidak bisa kita modifikasi. Sifat dari ROM adalah non volatile meskipun tidak ada daya pada komputer.

Kemudian ada memori sekunder yang merupakan media penyimpanan permanen, berfungsi untuk menyimpan data. Jenis yang satu ini terkenal dengan sebutan memori eksternal. Alasannya tidak bisa diakses secara langsung oleh CPU. Meskipun harganya relatif lebih murah tapi sangat baik untuk penyimpanan jangka panjang.

Contoh dari memori komputer sekunder ini ada hardisk. Bersifat non volatile yang bisa menyimpan data secara permanen meskipun tidak terdapat aliran listriknya. Tempatnya berada di motherboard.

Berikutnya ada USB, sebuah perangkat portable yang berfungsi menyimpan data permanen. Lalu kompak disk atau CD untuk menyimpan dan backup data. Ada juga cache berukuran kecil yang bisa kita temui di antara memori utama dan CPU.

Dengan demikian itu, memori komputer merupakan hardware untuk menyimpan data. Terdiri dari dua jenis yaitu primer dan sekunder. Terdapat contoh yang sifatnya permanen tidak permanen. Sehingga tidak semua data yang kita simpan bisa kita temukan. Tergantung pada jenis penyimpanannya. Contoh data permanen adalah file yang kita simpan. Meskipun kita mematikan komputer dan daya listriknya sudah tidak ada, tapi file tersebut akan tetap ada. Dapatkan harga komputer terbaik hanya di toko komputer atau grosir komputer terpercaya, terdapat pula komponen lain seperti memori.

Bagikan ke

Memori Komputer, Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Cara Ngeprint di Komputer Sendiri dengan Mudah dan Cepat
13 May 2024

Cara ngeprint di komputer sendiri sangatlah mudah, simpel, dan tidak memakan waktu yang lama. Bisa mencetak berbagai dokumen sendiri baik... selengkapnya

Pahami Fungsi Penting Kabel Power SATA pada Komputer
10 February 2023

Kabel power SATA termasuk dalam komponen komputer. Kabel SATA atau Serial Advanced Technology Attachment adalah sebuah kabel standar Internasional yang... selengkapnya

Spek Komputer untuk Desain Grafis, Perhatikan dengan Benar
25 February 2023

Spek komputer untuk desain grafis tidak bisa Anda pilih dengan asal. Kebutuhan akan perangkat komputer pada kemajuan era teknologi digital... selengkapnya

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Agar Lebih Menarik
8 May 2024

Cara menyalakan lampu keyboard laptop akan sangat bermanfaat. Lampu pada keyboard laptop akan menambah kesan unik dan menarik pada perangkat.... selengkapnya

Cara Tepat Bersihkan CPU Komputer Optimalkan Kinerja Perangkat
29 April 2024

CPU komputer biasanya menjadi bagian komputer yang jarang dibersihkan. Letak perangkat pendingin yang menutupi CPU mengharuskan pemilik untuk membongkarnya terlebih... selengkapnya

Mengenal Pengertian Kertas Thermal dan Berbagai Kegunaannya
8 September 2024

Hampir semua orang mungkin sudah pernah melihat atau menggunakan kertas thermal dalam beberapa waktu atau bahkan setiap hari. Kertas ini... selengkapnya

Cara Memperkuat Sinyal WiFi pada Laptop, Auto Ngebut
26 August 2024

Ketika menggunakan laptop, sinyal WiFi yang kuat sangat penting untuk memastikan koneksi internet yang cepat dan stabil. Namun, sering kali... selengkapnya

Splitter RCA, Ketahui Jenis, Fungsi dan Cara Memasangnya
10 March 2023

Splitter RCA merupakan konektor listrik yang biasa dipakai pada komponen audio. Jenis splitter ini juga bisa disebut dengan nama AV.... selengkapnya

Cara Mengatasi Slot RAM Rusak pada Laptop
8 August 2024

Slot RAM rusak pada laptop dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kinerja lambat hingga sistem yang tidak bisa booting. Masalah... selengkapnya

Manfaat Casing CPU dan Tips Memilihnya yang Paling Tepat
19 June 2024

Casing CPU merupakan salah satu komponen komputer yang sangat penting karena memiliki banyak manfaat atau fungsi. Namun tidak sedikit pengguna... selengkapnya

Memori Komputer, Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: