Beranda » Blog » Susunan Kabel HDMI Beserta Jenis dan Fungsinya

Susunan Kabel HDMI Beserta Jenis dan Fungsinya

Diposting pada 13 March 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 2.515 kali

Susunan Kabel HDMI Beserta Jenis dan Fungsinya

Susunan kabel HDMI menjadi salah satu informasi yang sangat penting, terutama bagi Anda yang seringkali menggunakannya. Melalui susunannya inilah, jenis kabel tersebut dapat bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya.

HDMI merupakan akronim dari High Definition Multimedia Interface. Merupakan kabel yang berfungsi untuk mentransfer data antar perangkat dalam waktu yang cepat dan akurat.

Tak hanya itu, beberapa fungsi kabel HDMI lainnya antara lain mengompres sinyal, memberikan dukungan komunikasi dua arah, mempermudah proses transfer, hingga bisa Anda gunakan secara fleksibel untuk semua perangkat.

Mengingat fungsinya yang sangat penting, kabel HDMI banyak digunakan. Kabar baiknya, Anda bisa mendapatkan kabel tersebut dengan sangat mudah hanya dengan berbelanja ke toko komputer.

Susunan Kabel HDMI Beserta Jenis dan Fungsinya

pexels.com

Seputar Susunan Kabel HDMI

Kabel HDMI memiliki komponen port yang didesain secara khusus menggunakan teknologi berstandar interface multimedia. Hal inilah yang membuat kabel HDMI berfungsi sebagai media transmisi.

Terutama untuk memenuhi kebutuhan transfer data dengan kompresi tinggi. Misalnya saja seperti audio dan video.

Kabel ini tersusun dari beberapa komponen penting. Berikut ini adalah uraiannya:

  • HDMI Connector
  • Optical TRX IC
  • VCSEL (TX)
  • Optical Transceiver Module
  • Photocode (RX)
  • Fiber 4 Cooper 9

Selain susunannya, kabel ini juga terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis kabel HDMI yang bisa Anda gunakan.

1. Kabel HDMI Standar atau Versi 1.2

Jenis kabel HDMI ini memiliki kualitas yang paling rendah bila Anda bandingkan dengan jenis kabel HDMI lainnya. Pasalnya, kabel ini hanya mendukung resolusi 720 piksel hingga 1080 piksel. Sementara itu, kualitas yang ditawarkan HD atau Full HD.

2. Kabel HDMI High Speed atau Versi 1.3 -2.0

Kabel HDMI High Speed merupakan kabel yang mendukung resolusi 1080p hingga resolusi 4K 30Hz. Susunan kabel HDMI ini sudah menggunakan komponen dengan teknologi yang lebih modern. Sehingga, memberikan dukungan deepcolor hingga fitur 3D.

3. Kabel HDMI Standar dengan Ethernet

Kabel HDMI Standar yang menggunakan ethernet mempunyai fungsi maupun kapasitas yang hampir sama dengan versi standarnya. Hal yang membedakan kabel HDMI ini adalah teknologi yang dimilikinya. Jenis kabel HDMI ini memberikan kesempatan bagi setiap penggunanya untuk menikmati dan memanfaatkan jaringan internet bersamaan.

4. Kabel HDMI Otomotif Standar

Kabel HDMI otomotif standar merupakan jenis kabel HDMI yang mendukung resolusi 720p hingga 1080p. Pada dasarnya, kabel ini memiliki kesamaan dengan kabel HDMI sebelumnya, yakni kabel kategori standar.

Hal yang paling membedakan dengan pendahulunya, kabel HDMI otomotif standar digunakan sebagai penghubung antara alat elektronik portable. Sebagai contoh, DVD portable, dan perangkat lainnya yang memiliki tampilan video in car.

5. Kabel HDMI Kecepatan Tinggi dengan Ethernet

Susunan kabel HDMI ini didesain sedemikian rupa untuk menghasilkan kecepatan tinggi. Kecepatan transfer yang ditunjukkan lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Kelebihan lain dari kabel ini, yakni memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk bisa terkoneksi dengan berbagai jaringan internet.

6. Kabel HDMI dengan Kecepatan Tinggi Premium

Sesuai dengan namanya, kabel HDMI ini memiliki kecepatan tinggi premium karena mendapatkan desain khusus. Dengan kabel ini, kebutuhan transfer video beresolusi tinggi semakin terpenuhi.

Tak hanya itu, kabel ini juga mempunyai rentang warna yang cukup luas. Bahkan, jauh lebih luas bila Anda bandingkan dengan pendahulunya.

Demikianlah informasi mengenai susunan kabel HDMI beserta jenis-jenisnya. Untuk mendapatkan jenis kabel HDMI secara lengkap, silahkan Anda datang ke grosir komputer saja. Dimana, akan mendapatkan kabel HDMI yang Anda cari dengan harga terjangkau.

 

Bagikan ke

Susunan Kabel HDMI Beserta Jenis dan Fungsinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Microphone Wireless Advance untuk Pengalaman Audio Lebih Baik
27 May 2024

Microphone Wireless Advance hadir untuk memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik bagi para pengguna setianya. Produk ini mengandalkan teknologi tanpa... selengkapnya

Keunggulan Printer Epson L121, Cocok untuk Cetak Berkas Sendiri
2 February 2023

Printer Epson L121 bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari printer dengan kualitas terbaik dan menawarkan banyak keunggulan. Printer... selengkapnya

Kabel VGA Komputer Berperan Penting, Cari Tahu Fungsinya
11 February 2023

Kabel VGA komputer memiliki peran yang cukup penting. Jika sering mengoperasikan komputer, tentu Anda tidak asing lagi dengan penggunaan kabel... selengkapnya

Tips Memilih Monitor PC Murah Terbaik Sesuai Kebutuhan
16 May 2024

Monitor PC murah tidak selamanya murahan atau menawarkan spesifikasi yang buruk. Apalagi mengingat monitor adalah  perangkat output yang menampilkan informasi... selengkapnya

Menjawab Pertanyaan Spare Part Laptop adalah? Simak Penjelasannya
11 March 2023

Spare part laptop adalah beberapa komponen yang menjadi sebuah kesatuan agar mencapai fungsi dari sebuah perangkat. Sparepart ini biasanya tersedia... selengkapnya

Rekomendasi Printer Terbaik 2023, Hemat Waktu dan Efisien Budget
5 March 2023

Rekomendasi printer terbaik dan murah bisa Anda temukan di toko komputer kesayangan.  Beberapa printer berkualitas terbaik juga dijual dengan harga... selengkapnya

Cara Merecord di Laptop Sukses Dalam Hitungan Menit
2 June 2024

Cara merecord di laptop terbilang mudah dan tidak ribet. Pasalnya, pengguna perangkat bisa melakukannya tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan apapun.... selengkapnya

Mengenal Definisi SSD, Fungsi dan Perbedaannya dengan HDD
17 April 2024

Laptop SSD adalah jenis komputer yang tidak mengandalkan Hard Disk Drive (HDD) sebagai media penyimpanan data, melainkan menggunakan Solid State... selengkapnya

Inilah 3 Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer
3 February 2023

Fungsi LAN Tester tentu wajib diketahui setiap pengguna perangkat seperti komputer. Anda bisa mendapatkanya dengan mudah melalui toko komputer terdekat.... selengkapnya

Lebih Baik Beli PC Di Pusat Komputer Terdekat Atau Secara Online?
1 November 2022

Ingin beli PC? Bingung harus ke pusat komputer terdekat atau belanja secara online? Bagi yang merasa kesulitan, tidak ada salahnya... selengkapnya

Susunan Kabel HDMI Beserta Jenis dan Fungsinya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: