Beranda » Blog » Cara Mempercepat Jaringan WiFi, Koneksi Stabil dan Anti Lemot

Cara Mempercepat Jaringan WiFi, Koneksi Stabil dan Anti Lemot

Diposting pada 10 May 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 279 kali

Cara mempercepat jaringan WiFi bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Koneksi WiFi yang lemot sangat menghambat aktivitas sehari-hari.

Terlebih sekarang ini hampir semua pekerjaan lekas rampungnya bila dikerjakan secara online. Baik itu pekerjaan kantor, sekolah, atau kegiatan lainnya.

Karena itu, tahu cara agara koneksi dari WiFi bisa lancar jaya adalah hal penting sekarang ini.

Cara Mempercepat Jaringan WiFi

blog.acer.com

Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Rumah

Kendala utama yang hampir semua orang mengalami saat menggunakan WiFi adalah sinyal lemot. Selain bikin jengkel, pekerjaan juga jadi tertunda.

Namun, kali ini tidak perlu khawatir lagi jika hal itu Anda alami. Mempercepat sinyal WiFi sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Tidak Meletakkan Pemancar Sinyal di Lantai

Sebuah kesalahan yang terkadang orang lain tidak sadar adalah peletakan router atau pemancar sinyal. Alih-alih di lantai, harusnya router ditempatkan pada spot yang tinggi. Dengan begitu, router bisa menjangkau seluruh bangunan.

Jika router ini dipasang di tempat yang rendah, seperti lantai misalnya, maka pengguna WiFi sukar memperoleh sinyal. Koneksi internet pun akan lemot dan menghambat pekerjaan.

Letakkan Router di Tempat yang Mudah Dijangkau

Selain dengan posisi tinggi, pastikan menaruh router pada area yang strategis. Cara mempercepat jaringan WiFi ini bisa Anda lakukan dengan memasang router di lokasi yang mudah dijangkau.

Sebagai pemancar sinyal, router tidak bisa menyebarkan koneksi jika areanya tertutup. Oleh karena itu, letakkan router di tengah ruangan sehingga semua pengguna bisa menjangkaunya.

Ubah Menjadi Jaringan Tertutup

Kapasitas pengguna WiFi juga menjadi faktor jaringan jadi lemot. Solusinya, ganti password WiFi sehingga tidak ada orang lain yang menggunakannya tanpa izin.

Dengan demikian, hanya orang tertentu saja yang bisa mengakses hotspot WiFi Anda. Namun, koneksinya tidak akan terhambat lagi kali ini.

Hindari Berada di Dekat Perangkat Lain

Cara mempercepat jaringan WiFi selanjutnya adalah dengan memindahkan perangkat yang semula berada di dekat router. Perangkat seperti gadget, smartphone, atau lainnya bisa mempengaruhi tingkat kecepatan WiFi.

Hal ini lantaran masing-masing alat tersebut saling memancarkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu kinerja router Wifi.

Boot Ulang Router

Sesekali, router perlu Anda reboot untuk menyegarkannya. Agar tidak lambat koneksinya, atur ulang router dari paket yang sudah habis.

Apalagi jika perangkat router sudah lama Anda gunakan, sangat perlu melakukan reboot ini. Akan tetapi, jika router yang Anda gunakan sudah mendukung teknologi baru, maka jadwal reboot router bisa secara otomatis Anda stel di dalam software-nya.

Blokir Iklan yang Muncul

Ketika browsing di komputer atau PC, sudah pasti sering menjumpai iklan yang muncul di tampilan. Iklan tersebut bisa berupa gambar, gif, atau bahkan video yang terputar otomatis.

Kerap tidak pengguna sadari, iklan itu akan tetap berjalan selama website itu terbuka. Hal inilah yang menghambat konektivitas karena banyak dikorupsi oleh iklan.

Maka dari itu itu, matikan atau blokir semua iklan yang muncul. Jika perlu, gunakan aplikasi pemblokir iklan pada browser. Cara mempercepat jaringan WiFi ini terbilang ampuh untuk mengembalikan koneksi internet Anda.

Pasang Repeater

Tidak jauh beda dengan router, repeater berfungsi untuk memperluas dan memperkuat sinyal WiFi. Dengan menggabungkan router dan repeater, sinyal WiFi bisa dikirim ke lokasi yang lebih tinggi dan kecepatan jaringan bisa lebih kuat.

Anda dan pengguna WiFi di rumah bisa menikmati pengalaman internetan yang lancar tanpa kendala dengan hadirnya router dan repeater. Kedua pemancar sinyal ini bisa Anda temukan di toko atau grosir komputer.

AIPEL COMPUTER sebagai salah satu toko komputer yang menyediakan berbagai perlengkapan komputer dan WiFi. Harga komputer di AIPEL COMPUTER sangat ramah kantong, begitu juga dengan perlengkapan komputer lainnya.

Bagi Anda yang sedang mencari cara mempercepat jaringan WiFi, tidak ada salahnya membeli router dan repeater di AIPEL COMPUTER. Dijamin produknya prima, harga kompetitif, dan memuaskan pelayanannya.

 

Bagikan ke

Cara Mempercepat Jaringan WiFi, Koneksi Stabil dan Anti Lemot

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Cara Memilih Cooling Pad Terbaik untuk Laptop Anda
21 August 2024

Laptop saat ini telah menjadi kebutuhan utama atau primer untuk banyak orang. Namun, penggunaan laptop yang berkelanjutan dalam waktu lama... selengkapnya

Harga Komputer Kantor Best Seller 2022, Cek Spesifikasinya di Sini!
23 September 2022

Spesifikasi dan harga komputer kantor terbaik masih ramai diburu. Meski harga lebih mahal, tapi kinerja komputer jauh lebih baik untuk... selengkapnya

Tips Memilih Monitor LG untuk Mendapatkan Produk yang Paling Tepat
29 May 2024

Ketika hendak membeli monitor LG penting untuk memilih monitor yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan sehingga pengguna tidak akan... selengkapnya

Daftar Harga Speaker Surabaya Termurah Berkualitas
19 November 2019

Perangkat PC atau komputer memiliki banyak manfaat mulai dari mengolah data, dokumen, sampai dengan bermain game. Di dalam beberapa tahun... selengkapnya

Pusat Komputer Murah: Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Membeli PC Rakitan
28 October 2022

Salah satu produk yang akan Anda temukan di pusat komputer murah adalah PC Rakitan. Seperti namanya, maka jenis PC ini... selengkapnya

Tips Memilih RAM Komputer Terbaik Sesuai Kebutuhan
25 March 2024

Pada umumnya, kebutuhan akan RAM komputer baru muncul ketika seseorang ingin meningkatkan kapasitas memori pada komputernya. Hal ini dapat dilakukan... selengkapnya

Tips Cari Komputer Murah Untuk Pemula
8 November 2022

Saat kita memutuskan untuk cari komputer murah, ada beberapa hal yang harus dijadikan  pertimbangan untuk mengantisipasi supaya terhindar dari kesalahan... selengkapnya

Penyebab Headset Microphone Tidak Connect ke Komputer dan Solusinya
28 May 2024

Headset microphone merupakan perangkat audio khusus untuk dipasang di kepala lengkap dengan fitur microphone. Headset ini memungkinkan pengguna mendengarkan audio... selengkapnya

Mengetahui Apa Itu HDMI Extender Beserta Manfaatnya
9 June 2024

HDMI extender dapat membantu memperpanjang jarak kabel HDMI dengan efektif. Biasanya, extender ini dihubungkan ke ujung kabel HDMI dan dapat... selengkapnya

Tips Agar Webcam Laptop Jernih, Gambar Lebih Tajam
13 August 2024

Saat ini, webcam laptop menjadi salah satu alat penting untuk komunikasi secara virtual. Baik untuk video konferensi, pembelajaran daring, atau... selengkapnya

Cara Mempercepat Jaringan WiFi, Koneksi Stabil dan Anti Lemot

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: