Beranda » Blog » Cara Instal Windows di Komputer dengan Cepat

Cara Instal Windows di Komputer dengan Cepat

Diposting pada 30 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 62 kali / Kategori:

Cara Instal Windows di Komputer dengan Cepat

Cara instal Windows di komputer jadi pertanyaan banyak pengguna. Padahal, menginstal Windows di komputer atau laptop cukup mudah.

Bahkan, pengguna bisa memasangnya sendiri. Sayangnya, banyak yang belum memahami cara melakukan instalasi Windows satu ini.

Instal Windows di Komputer

pixabay.com

Memahami Cara Instal Windows di Komputer

Windows adalah sistem operasi di banyak komputer dan laptop. Mungkin beberapa toko komputer sudah menawarkan jasa instal ini.

Namun, beberapa juga tidak menawarkannya. Hal ini membuat pengguna harus menginstal Windows secara mandiri pada perangkat mereka.

Proses ini mungkin tampak rumit pada awalnya. Apalagi jika pengguna belum pernah melakukan instalasi sebelumnya.

Tetapi, panduan yang bisa dipelajari sebenarnya cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk melakukan pemasangan Windows.

Melakukan Persiapan

Sebelum menginstal, pengguna harus melakukan persiapan awal. Persiapan ini dilakukan untuk mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk instalasi Windows.

Pertama pengguna harus menyiapkan lisensi Windows. Pastikan lisensinya sah beserta kode. Pengguna bisa membeli lisensi ini dari Microsoft atau toko grosir komputer lainnya.

Setelah itu, persiapkan juga media instalasi seperti DVD fisik atau file ISO yang dibakar ke USB drive. Perangkat penyimpanan yang cukup juga harus disiapkan, bisa berbentuk hard drive internal atau SSD.

Persiapan selanjutnya adalah backup data yang penting karena proses instalasi akan menghapus data di dalam drive system. Driver perangkat keras komputer perlu pengguna persiapkan, terutama driver motherboard dan kartu grafis.

Terakhir, persiapan dalam cara instal Windows di komputer adalah koneksi internet. Pastikan koneksi tersebut kencang sehingga proses instalasi tidak akan terhambat.

Langkah-Langkah Instalasi

Setelah melakukan persiapan dengan baik, maka bisa langsung melakukan instalasi. Berikut ini caranya:

  1. Siapkan media instalasi (DVD atau USB drive) dan colokkan komputer kemudian restart perangkat hingga benar-benar meng-boot dari media instalasi.
  2. Ketika dalam kondisi boot, pengguna akan masuk ke layar instalasi awal. Pilih bahasa yang dinginkan dan klik “Instal Sekarang”.
  3. Masukkan kode produk Windows dan klik “Lanjutkan”.
  4. Pilihlah menu “Instalasi Kustom jika ingin menginstal bersih. Pengguna juga bisa klik “Upgrade” untuk memperbarui versi Windows.
  5. Pilih drive yang ingin diinstal Windows. Pastikan drive memiliki cukup ruang.
  6. Cara instal Windows di komputer selanjutnya adalah klik “Lanjutkan” dan proses instalasi akan dimulai dengan perangkat restart.
  7. Setelah selesai, pengguna harus mengkonfigurasi beberapa pengaturan awal, seperti zona waktu, koneksi internet dan bahasa.
  8. Selanjutnya masuk dengan akun Microsoft untuk mengakses layanan seperti OneDrive dan Windows Store namun ini bersifat opsional.
  9. Setelah masuk, Windows akan mencoba aktif secara otomatis ketika terhubung ke internet.
  10. Kemudian instal driver perangkat keras yang dibutuhkan dari sistem web produsen. Ini berfungsi untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi normal.
  11. Terakhir, pengguna bisa instal aplikasi serta pembaharuan yang ada.

Dengan harga komputer yang cukup menguras dompet, pengguna memang harus tetap menginstal secara mandiri Windows ini. Saat ini juga tersedia berbagai versi Windows.

Namun, komputer dan laptop terbaru kebanyakan sudah menggunakan Windows 10. Windows seri ini lebih modern dan membawa banyak fitur menarik.

Pastikan membeli Windows asli dan bukan palsu. Hal itu karena Windows palsu bisa saja eror dan akhirnya pengguna merugi, padahal sama-sama tidak murah harganya.

Dapatkan komputer dan aksesori berkualitas di Aipel Computer. Setelah mendapatkan perangkat impian, pengguna bisa melakukan cara instal Windows di komputer dan laptop dengan mudah. Dipastikan semua barang di Aipel Computer original.

Tags: , ,

Bagikan ke

Cara Instal Windows di Komputer dengan Cepat

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Toko Peralatan Komputer Paling Lengkap Berkualitas
21 November 2019

Zaman modern seperti sekarang ini, manfaat komputer sangat beragam. Mulai dari alat bantu menulis, mengedit foto, menggambar, memutar lagu, pemutar... selengkapnya

Panduan Memilih Access Poin WiFi untuk Indoor dan Outdoor
7 April 2024

Access Point WiFi memiliki peranan penting dalam memastikan koneksi internet agar stabil serta lancar. Pasalnya perangkat keras ini seringkali digunakan... selengkapnya

Mau Beli Keyboard di Toko Komputer? Simak Tips Memilihnya Berikut!
23 September 2022

Toko komputer tentunya menyediakan berbagai aksesoris komputer. Misalnya yaitu mouse, kabel USB, printer, keyboard, dan lainnya. Aksesoris tersebut tentunya penting... selengkapnya

Tips Memilih Motherboard yang Tepat di Toko Komputer
29 July 2024

Tips memilih motherboard yang tepat di toko komputer berikut ini bisa diterapkan agar mendapatkan produk motherboard yang paling pas untuk... selengkapnya

Cara Merawat Monitor Komputer Agar Tidak Mudah Rusak
29 March 2024

Merawat monitor komputer menjadi hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh semua pemilik dan pengguna komputer. Sebab,... selengkapnya

Cara Melihat Spesifikasi PC dengan Mudah dan Praktis
24 March 2024

Cara melihat spesifikasi PC sebenarnya sangat mudah. Ini menjadi salah satu tips komputer yang wajib dipahami. Sebab, bisa saja bermanfaat.... selengkapnya

Ingin Beli Komputer Gaming? Cek Spesifikasi dan Harga Komputer!
15 September 2022

Harga komputer gaming tentunya akan tergantung dengan spesifikasi yang komputer tersebut miliki. Untuk para gamers, tentu saja membutuhkan komputer yang... selengkapnya

Kelebihan TP-Link Archer C54, Ternyata Mempunyai Kemampuan Unik
17 March 2023

TP-Link Archer C54 ini dinilai menjadi salah satu router yang mempunyai banyak kelebihan dan juga banyak diminati orang-orang. Pasalnya, jenis... selengkapnya

Tips Agar Webcam Laptop Jernih, Gambar Lebih Tajam
13 August 2024

Saat ini, webcam laptop menjadi salah satu alat penting untuk komunikasi secara virtual. Baik untuk video konferensi, pembelajaran daring, atau... selengkapnya

Keunggulan Earphone WUW R100 Microphone Black
18 March 2023

Salah satu perangkat yang harus ada sebagai pelengkap alat elektronik adalah earphone. Earphone menjadi kebutuhan hampir semua masyarakat, terutama di... selengkapnya

Cara Instal Windows di Komputer dengan Cepat

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: