Beranda » Blog » Pengertian, Kegunaan dan Cara Kerja Laser Pointer

Pengertian, Kegunaan dan Cara Kerja Laser Pointer

Diposting pada 14 June 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 42 kali

Laser pointer memiliki peranan penting tersendiri untuk menunjang keperluan presentasi. Baik presentasi di lingkup pekerjaan maupun pendidikan. Kendati demikian, masih saja ada sebagian orang yang belum mengenalnya secara lebih mendalam. Untuk itu, cermati uraian lengkapnya di bawah ini agar lebih mengenalnya.

Pengertian, Kegunaan dan Cara Kerja Laser Pointer

fruugo.kr

Mengenal Pengertian Laser Pointer 

Banyak juga yang menyebutnya sebagai pena penunjuk atau pena laser. Untuk definisinya, pena laser merupakan perangkat genggam kecil yang memiliki sumber daya berupa baterai dan dioda laser.

Alat ini bisa memancarkan sinar laser dengan daya rendah koheren dan sempit. Cahaya tersebut tak lain untuk menyorot sesuatu ketika ingin menjelaskan hal tertentu.

Ketika mendapatkan sorotan sinar dari pena laser, maka akan terlihat titik terang kecil. Untuk pilihan warna sinarnya cukup beragam. Mulai dari merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu.

Kegunaan Laser Pointer 

Selain pengertian, pahami pula apa kegunaan pena laser ini. Sebagaimana yang sudah kita singgung tadi bahwa salah satu kegunaannya yaitu mempermudah kebutuhan presentasi.

Ketika presentasi menggunakan pena laser, maka terasa lebih mudah saat menjelaskan sesuatu sambil menunjuk materinya. Bahkan saat harus berjauhan dari monitor, tetap bisa menunjuk materi secara mudah dengan memanfaatkan pena laser ini.

Dengan kegunaan tersebut, alat ini sebenarnya juga menawarkan banyak keuntungan. Adapun salah satu keuntungannya yaitu bisa menjangkau area yang sulit.

Tak hanya itu, pena laser ini juga tidak akan menghalangi layar presentasi dengan bayangan tongkat. Semakin menguntungkan karena cahaya laser dari alat laser pointer ini tetap terlihat secara jelas meski presentasi berlangsung di ruangan gelap.

Di sisi lain, penggunanya sebenarnya bisa memilih warna pena laser sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ketika berada di ruangan yang terang, lebih baik pilih pena laser yang warnanya hijau.

Masih berkaitan dengan kegunaan tersebut, sebenarnya fungsinya terasa semakin optimal karena pena laser kini sudah hadir dalam balutan teknologi canggih. Adapun salah satu bentuk teknologinya yaitu dukungan koneksi Bluetooth.

Pena laser yang telah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth memiliki jangkauan yang lebih jauh. Tidak tanggung-tanggung karena jarak laser pointer dengan Bluetooth bisa sampai 30 meter.

Ada juga pena laser yang bisa isi ulang dayanya. Hal ini memungkinkan produk tersebut bisa lebih lama penggunaannya.

Cara Kerja Laser Pointer 

Pembahasan berikutnya yang perlu untuk diketahui ialah cara kerja pena laser. Perihal bagaimana cara kerjanya, sebenarnya laser merupakan berkas cahaya terkonsentrasi yang ukurannya kecil dan kuat.

Berkas cahaya tersebut bekerja dengan tujuan untuk memperbesar sumber cahayanya. Lalu berkas cahaya ini mengubahnya jadi sinar terfokus.

Sementara untuk bagiannya, pena laser terdiri dari beberapa bagian. Sebut saja resonator, sumber energi dan media penguat.

Resonator berupa batang dengan dua cermin yang ada di tiap sisi media penguat. Bagian pada alat laser pointer tersebut berguna untuk memantulkan cahaya ke medium.

Selain itu, bagian ini juga berperan penting dalam memecah sekaligus membagi cahaya antara titik keluar dan medium. Bisa kita bilang bahwa resonator mampu menyelaraskan berkas cahaya sehingga hasil sinarnya solid.

Setelah simak uraian di atas, pastinya bisa tahu apa pengertian dan kegunaan laser pointer. Tak berhenti di situ saja sebab pasti juga bisa lebih memahami bagaimana cara kerjanya sehingga banyak yang menggunakan pena laser.

Alat ini memang memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya, terlebih lagi ketika ingin presentasi di kantor, sekolah, kampus atau lainnya. Untuk itu, dapatkan laser pointer di Swalayan Komputer. Toko sekaligus grosir komputer terpercaya ini menawarkannya dengan harga terjangkau.

Bagikan ke

Pengertian, Kegunaan dan Cara Kerja Laser Pointer

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Tips Memilih Toko Grosir Sparepart Komputer Murah, Barangnya Berkualitas
29 October 2022

Memilih toko grosir sparepart komputer murah tidak boleh asal-asalan. Sebab, pemilihan toko akan mempengaruhi kualitas barang yang Anda beli. Jangan... selengkapnya

Pengertian Motherboard, Fungsi dan Jenis-jenisnya
11 April 2024

Motherboard adalah sebuah komponen utama dalam komputer, telah ada sejak era 1970-an. Pada awalnya, desain motherboard tidak sekompleks seperti sekarang... selengkapnya

Cara Membersihkan Cache di Laptop agar Tetap Lancar Digunakan
5 June 2024

Menjaga kinerja laptop tetap optimal penting untuk agar pengalaman pengguna tetap lancar. Cache adalah kumpulan data sementara yang digunakan untuk... selengkapnya

Keunggulan Printer Epson L121, Cocok untuk Cetak Berkas Sendiri
2 February 2023

Printer Epson L121 bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari printer dengan kualitas terbaik dan menawarkan banyak keunggulan. Printer... selengkapnya

Tips Cari Komputer Murah Untuk Pemula
8 November 2022

Saat kita memutuskan untuk cari komputer murah, ada beberapa hal yang harus dijadikan  pertimbangan untuk mengantisipasi supaya terhindar dari kesalahan... selengkapnya

Mengenal Komponen Bernama Switcher VGA, Kenali Sebelum Membeli
5 March 2023

Switcher VGA merupakan komponen yang cukup penting pada sebuah perangkat komputer maupun laptop. Maka ketika terjadi kerusakan akan memberikan pengaruh... selengkapnya

Simak 12 Jenis CCTV Sesuai Kebutuhan Pengintaian Berkualitas
5 March 2023

Ketika ingin memberikan keamanan pada ruangan atau bangunan beberapa orang akan mengandalkan produk yang bisa membantu pengintaian.  Salah satunya adalah... selengkapnya

Mengenal Tentang Komputer Desktop dan Tips Perawatannya
1 May 2024

Komputer telah menjadi alat penting yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Perangkat ini berfungsi untuk membuat dokumen, presentasi, hingga memfasilitasi... selengkapnya

Printer HP 2335 Menjadi Pilihan Banyak Orang dengan Hasil Berkualitas
3 February 2023

Printer HP 2335 menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari alat cetak. Printer HP merupakan salah satu produk... selengkapnya

Keunggulan Cartridge Canon dan Cara Mengenali Produk Asli
20 June 2024

Tanpa adanya cartridge maka printer tidak dapat berjalan dengan normal. Pasalnya, fungsi cartridge ini adalah untuk menampung tinta. Kemudian terjadi... selengkapnya

Pengertian, Kegunaan dan Cara Kerja Laser Pointer

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: