Beranda » Blog » Tips Mengatur Kecerahan Layar Komputer Agar Nyaman Dilihat

Tips Mengatur Kecerahan Layar Komputer Agar Nyaman Dilihat

Diposting pada 27 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 159 kali

Layar komputer merupakan salah satu hal penting sehingga jangan sampai luput dari perhatian. Tak terkecuali pula memperhatikan tingkat kecerahannya. Akan terasa menyejukkan mata jika memandang layar yang tak terlalu cerah ataupun redup.

Tips Mengatur Kecerahan Layar Komputer Agar Nyaman Dilihat

pexels.com

Jika layarnya terlalu cerah, maka akan membuat mata mudah perih. Begitu pula ketika layarnya terlalu redup, biasanya pengguna akan merasa sulit untuk melihat tampilannya. Oleh karena itu, atur tingkat kecerahan dengan baik.

Tips Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Toko komputer berkualitas menyediakan perangkat fungsional dengan sistem pengaturan mutakhir. Karenanya, mengatur kecerahan layar tidaklah sulit. Buktikan sendiri dengan mempraktikkan beberapa caranya di bawah ini.

Lewat Menu Display Settings

Salah satu caranya yakni dengan memanfaatkan menu Display Settings. Untuk menemukan menu tersebut cukup mudah.

Pengguna hanya perlu masuk ke halaman utama Windows. Setelah itu, klik kanan yang ada di mouse. Dari sini pengguna akan temukan menu Display Settings.

Saat sudah menemukannya, cermati menu Brightness and Color. Kemudian pilihlah Change Brightness. Pengguna tinggal geser kursor ke arah kiri dan kanan untuk mencerahkan ataupun meredupkan layar komputer.

Bagaimana, caranya praktis bukan? Namun perlu diketahui bahwa cara ini hanya berlaku untuk Windows 10 saja. Jika mencobanya di komputer dengan Windows lain, tak akan berfungsi.

Kombinasi Windows dan X

Cara lainnya yang juga bisa pengguna lakukan yakni dengan mengombinasikan Windows dan X secara bersamaan. Caranya, tekan saja Windows dan X yang ada di keyboard.

Langkah selanjutnya, klik Windows Mobile Center. Pengguna pun bisa langsung memperhatikan menu Display Brightness.

Berikutnya, pengunjung bisa geser kursornya ke kiri maupun kanan sesuai kebutuhan. Sementara untuk perangkatnya, cara ini bisa pengguna terapkan saat mengoperasikan Windows 7, 8 dan 10.

Lewat Menu Tampilan

Masih ada banyak cara lainnya untuk mengatur kecerahan layar komputer. Salah satunya yakni memanfaatkan menu Tampilan.

Untuk caranya, bisa awali dengan pilih Mulai. Lalu klik Pengaturan. Selanjutnya, bisa memilih Sistem. Kemudian tinggal klik Tampilan.

Nantinya pengguna akan berhadapan dengan opsi kecerahan dan warna. Untuk mengatur tingkat kecerahannya, pengguna hanya perlu menggerakkan slider ubah kecerahan.

Tingkat kecerahan pun bisa langsung sesuai keinginan pengguna. Cara ini pun tak hanya cocok untuk komputer dengan sistem operasi Windows 10 saja, namun juga 11.

Kombinasi Windows + C

Cara ini tak kalah ampuh untuk mengatur kecerahan layar komputer. Langkah pertama yang bisa pengguna lakukan ialah dengan tekan tombol Windows sekaligus C di keyboard secara bersamaan.

Setelah itu, klik menu Pengaturan dan pilihlah Ubah Pengaturan PC. Langkah berikutnya, pengguna bisa klik PC dan Perangkat.

Kemudian pengguna akan beralih ke menu Tampilan. Di menu tersebut, pengguna bisa mengatur kecerahan layarnya sebagaimana mestinya.

Kombinasi Tombol Fn dan Simbol Brightness

Keyboard yang tersedia di grosir komputer terpercaya pasti berbekal beragam tombol, tak terkecuali Fn dan simbol brightness. Ada beberapa tombol yang berguna untuk mengatur kecerahan layar jika berpadu dengan Fn. Biasanya tombol tersebut memperlihatkan tampilan sinar matahari.

Untuk sinar matahari +, berarti tombol tersebut dalam mencerahkan layar. Sementara untuk tanda -, berguna dalam meredupkan layar komputer. Perihal letak tombolnya, bisa berbeda-beda di tiap komputer.

Tak bisa kita pungkiri bahwa ada banyak tips mengatur kecerahan layar komputer sebagaimana uraian di atas. Dengan pengaturan yang tepat, kecerahan layar tak akan mengganggu mata. Baik itu untuk bekerja, mengerjakan tugas sekolah, gaming dan lainnya.

Mengingat harga komputer tidaklah sedikit, maka jangan sebentar-sebentar service sebab membuat pengeluaran jadi membengkak. Ketika tampilan layar komputer belum sesuai, lebih baik atur sendiri dengan ikuti tutorial di atas.

Bagikan ke

Tips Mengatur Kecerahan Layar Komputer Agar Nyaman Dilihat

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Cara Screenshot di Komputer yang Cepat dan Mudah
28 March 2024

Cara screenshot di komputer atau laptop tidak memerlukan kemampuan teknis yang rumit. Hanya perlu menggunakan beberapa tombol di keyboard atau... selengkapnya

Penjelasan Mengenai Hard Disk Drive atau HDD Caddy adalah
19 March 2023

HDD caddy adalah casing khusus untuk hard drive atau SSD yang terbuat dari bahan alumunium. Dalam casing ini ada bingkai... selengkapnya

Cara Beli Hardware PC Di Toko Komputer Terdekat 24 Jam
13 October 2022

Mending rakit PC. Kata-kata tersebut sering terdengar di forum diskusi komputer ketika sedang membicarakan mana yang lebih cocok, membeli komputer... selengkapnya

Tips Membeli Supaya Mendapatkan Harga Komputer Murah dan Bagus
23 September 2022

Membeli produk komputer, hardware, maupun komponen lainnya, sudah barang tentu tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. Salah satu hal penting... selengkapnya

Fungsi Router Wireless TP-Link, Pahami Sebelum Beli di Toko Komputer!
29 September 2022

Kendala koneksi internet membuat sebagian besar masyarakat beralih menggunakan router wireless. Adapun salah satu merek router wireless yang banyak diminati... selengkapnya

15 Tips Belanja Parts PC Di Pusat Komputer Besar
26 October 2022

Di tiap kota besar, Anda pasti menemukan pusat perbelanjaan komputer. Bisa dibandingkan, pusat komputer ini sama seperti mall untuk keperluan... selengkapnya

Cara Menggunakan Kabel Laptop ke Proyektor dengan Mudah
7 May 2024

Kabel laptop ke proyektor sangat dibutuhkan. Dengan kabel ini, laptop bisa terhubung ke proyektor dengan layar yang lebih besar. Biasanya,... selengkapnya

Spesifikasi Laptop Lenovo g450, Perangkat Pendukung Berbagai Aktivitas
19 March 2023

Lenovo dengan ciri khasnya hadir bersama produknya yakni Lenovo g450. Ya, pasar elektronik yang terus semakin berkembang pesat membuat berbagai... selengkapnya

Harga Keyboard Surabaya Terjangkau dan Ekonomis
19 November 2019

Keyboard merupakan salah satu piranti keras atau hardware. Keyboard tidak hanya digunakan pada komputer, namun juga bisa digunakan pada laptop.... selengkapnya

Harga Grosir Toko Komputer Surabaya Terbaik Bergaransi
20 November 2019

Seiring dengan berkembangnya teknologi, manusia semakin mudah dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan nya. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang mewah.... selengkapnya

Tips Mengatur Kecerahan Layar Komputer Agar Nyaman Dilihat

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: