Beranda » Blog » Jenis dan Contoh Hardware yang Ada di Toko Komputer

Jenis dan Contoh Hardware yang Ada di Toko Komputer

Diposting pada 23 September 2022 oleh BANG YOK / Dilihat: 1.686 kali

Ketika Anda pergi ke toko komputer, pasti akan menemukan istilah hardware. Hardware sendiri memiliki arti sebagai perangkat keras komputer. Artinya, hardware merupakan sebuah bagian fisik komputer yang terlihat kasat mata atau dapat dirasakan langsung.

Selain itu, pengertian hardware juga dapat berupa peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, output, juga proses. Lawan dari hardware sendiri adalah software yang memiliki arti sebagai perangkat lunak.

Apa saja jenis-jenis dan contoh dari hardware komputer ini?

Jenis dan Contoh Hardware yang Ada di Toko Komputer

freepik.com

Kegunaan dan Jenis Hardware di Toko Komputer

Di dalam komputer terdapat dua komponen utama yang sangat penting, yaitu hardware dan juga software. Keduanya sendiri saling berkaitan tetapi memiliki pengertian yang sangat bertentangan.

Secara pengertian, hardware adalah perangkat keras pada sebuah komputer. Ciri khas dari hardware adalah bentuk fisiknya terlihat dan juga dapat dirasakan secara nyata. Sedangkan software sendiri adalah kebalikannya.

Software adalah perangkat lunak yang ada di dalam sistem komputer dan tidak dapat dirasakan fisiknya. Fungsi software sendiri adalah sebagai penghubung antara hardware dengan penggunanya.

Hardware sendiri terdiri dari 3 jenis yang wajib Anda ketahui. Berikut ini jenis-jenisnya:

  1. Hardware Input: perangkat ini ada di toko komputer dan digunakan untuk memasukkan data-data ke dalam perangkat.
  2. Process Device: hardware jenis ini berfungsi untuk memproses dan mengelola data yang ada di dalam komputer. Jenis hardware ini juga sering disebut sebagai ‘otaknya’ komputer karena menjadi perangkat yang cukup penting pada proses penginputan data.
  3. Hardware Output: adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang berguna untuk mencetak dan menampilkan informasi hasil penginputan data yang berasal dari hardware input serta tahap proses dari hardware process.

Contoh-Contoh Hardware dan Fungsinya

Meski jenisnya hanya 3, namun nyatanya produk hardware sendiri itu ada banyak. Meski begitu, nyatanya Anda tidak perlu memiliki semua hardware tersebut.

Ada beberapa contoh hardware yang wajib Anda miliki sebagai dasar agar komputer bisa bekerja. Inilah beberapa contoh hardware yang wajib Anda miliki.

  • Monitor: merupakan hardware yang harus ada di sebuah perangkat komputer karena berfungsi untuk menampilkan output secara visual. Ada berbagai macam monitor, mulai dari LED, flat, dan lainnya.
  • CPU (Central Processing Unit): adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai pusat pengendali dalam pemrosesan sebuah komputer. Dapat dikatakan bahwa CPU adalah otak dari perangkat komputer.
  • Keyboard: hardware satu ini bisa Anda beli di berbagai toko komputer. Keyboard berfungsi untuk memasukkan data, menjalankan proses input, dan mengetik pada komputer. Tanpa keyboard, maka Ada tidak bisa mengetik sehingga komputer tidak berguna.
  • Mouse: alat ini berfungsi sebagai penggerak atau pengendali kursor yang ada di layar komputer. Hardware ini dapat menjalankan perintah penting, seperti membuka dan juga menutup program.
  • Printer: hardware yang berfungsi untuk mencetak dokumen sehingga dapat terlihat nyata dalam bentuk fisik seperti kertas. Perangkat hardware ini dapat mengelola gambar maupun teks.
  • Hard disk: fungsi dari perangkat keras hard disk adalah untuk penyimpanan. Hardware ini akan memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar untuk menyimpan berbagai dokumen, gambar, maupun video.
  • Speaker: speaker dapat digunakan untuk menghasilkan output suara di perangkat komputer dan umumnya digunakan untuk mendengarkan musik, radio, dan suara lainnya.

Anda bisa mencari hardware di toko komputer Aipel Computer. Mereka adalah toko grosir komputer yang memiliki konsep seperti swalayan modern, sehingga proses transaksinya jauh lebih mudah.

 

Bagikan ke

Jenis dan Contoh Hardware yang Ada di Toko Komputer

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Kelebihan Keyboard Logitech K120 dan Cara Menggunakannya
18 June 2024

Keyboard Logitech K120 adalah salah satu keyboard dengan kabel yang bisa menjadi pilihan karena menawarkan berbagai kelebihan tersendiri. Nah, berikut... selengkapnya

Tips Memilih Mouse Komputer Agar Nyaman Dalam Penggunaan
3 May 2024

Mouse komputer menjadi aksesoris pendukung yang penting dimiliki. Meskipun demikian, seringkali orang-orang cenderung tidak memperhatikan dalam memilih mouse tersebut dengan... selengkapnya

Pilihan Harga Mouse Laptop Murah dengan Kualitas Terbaik
7 June 2024

Harga mouse laptop memang sangat beragam. Ada berbagai jenis mouse laptop yang bisa ditemukan di pusat grosir komputer. Tentu saja... selengkapnya

Fungsi Cooling Pad untuk Laptop, Yuk Beli di Toko Komputer Sekarang!
23 September 2022

Toko komputer baik online maupun offline juga menyediakan berbagai aksesoris komputer maupun laptop yang penting dan berguna. Salah satu aksesorisnya... selengkapnya

Mengenal Definisi SSD, Fungsi dan Perbedaannya dengan HDD
17 April 2024

Laptop SSD adalah jenis komputer yang tidak mengandalkan Hard Disk Drive (HDD) sebagai media penyimpanan data, melainkan menggunakan Solid State... selengkapnya

Mouse Logitech M170, Nyaman Digunakan dan Harga Terjangkau
30 January 2023

Mouse Logitech M170 banyak diminati oleh kalangan pengguna komputer sebab memiliki berbagai keunggulan untuk para penggunanya. Belum lagi karena harganya... selengkapnya

Fungsi USB Micro B Sebagai Penghubung Antar Perangkat Elektronik
3 February 2023

USB micro B merupakan salah satu kabel USB dari banyaknya yang tersebar. Kabel USB merupakan perlengkapan yang sering ada pada... selengkapnya

Rekomendasi Keyboard Gaming Komputer Terbaik
2 May 2024

Dunia gaming yang semakin berkembang pesat membuat pemilihan keyboard gaming menjadi kunci untuk meraih pengalaman bermain optimal. Dari para pemain... selengkapnya

Pengertian Kabel Data, Fungsi, dan Perbedaanya dengan Kabel Charger
6 June 2024

Kabel data atau data cable merupakan alat banyak dijumpai di toko-toko komputer. Bahkan, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan... selengkapnya

Urutan Tinta Warna Canon yang Tepat dan Tips Memasangnya
6 March 2023

Urutan tinta warna Canon sampai saat ini masih sering orang salah pahami. Apalagi ketika tinta tersebut habis dan kita membeli... selengkapnya

Jenis dan Contoh Hardware yang Ada di Toko Komputer

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: