Beranda » Blog » WiFi Tidak Muncul di Laptop, Berikut Cara Memperbaikinya

WiFi Tidak Muncul di Laptop, Berikut Cara Memperbaikinya

Diposting pada 5 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 80 kali / Kategori:

Memperbaiki WiFi Tidak Muncul di Laptop

Masalah WiFi tidak muncul di laptop bisa saja terjadi. Hal ini tentu akan sangat membingungkan para pengguna. Sebab, WiFi memang sangat dibutuhkan.

Koneksi WiFi akan membuat pengguna laptop mengakses internet dengan mudah. Perangkat laptop berkualitas di toko komputer seharusnya menampilkan menu WiFi.

Wifi Tidak Muncul di Laptop

freepik.com

Mengatasi WiFi Tidak Muncul di Laptop

Saat ini, WiFi adalah komponen yang paling penting dalam mengakses jaringan internet. Hal itu karena WiFi bersifat unlimited.

Sehingga, penggunanya tidak perlu takut kuota pada WiFi akan berkurang. WiFi juga bisa dihubungkan ke berbagai perangkat elektronik, termasuk laptop.

Hanya saja, seringkali terjadi masalah WiFi yang tidak muncul. Jika ini terjadi, pasti pengguna akan sangat kebingungan menghadapinya.

Masalah ini biasanya bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya saja seperti masalah pada driver, sistem Windows error, hingga router WiFi yang rusak.

Apabila ini terjadi, maka jangan langsung panik. Berikut ini beberapa langkah yang bisa pengguna lakukan untuk memperbaikinya.

1. Cek Layanan WiFi

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi WiFi tidak muncul di laptop adalah cek layanannya. Bisa jadi penyebabnya karena layanan atau fitur yang belum aktif.

Perlu dipahami bahwa beberapa tipe laptop memiliki tombol switch untuk menyalakan atau mematikan WiFi. Pastikan tombol ini sudah dalam keadaan on atau aktif.

Menyalakan fitur WiFi ini bisa dengan mudah melalui shortcut keyboard, yakni Fn + F2 atau Fn + F5. Kombinasi keyboard tersebut sesuai dengan tipe dan merk laptop yang dimiliki.

2. Network Troubleshooter

Selanjutnya, pengguna juga bisa menggunakan network troubleshooter pada laptop. Ini juga menjadi salah satu cara paling ampuh yang bisa pengguna lakukan.

Caranya pun sangat mudah. Pertama, pengguna bisa klik Start. Kemudian, pergi ke menu Settings atau Pengaturan.

Setelah itu, klik menu Network & Internet yang jadi pilihan. Setelah itu, ikuti saja langkah lanjutan dan tunggu hingga prosesnya selesai.

3. Perhatikan Airplane Mode

Tidak hanya pada ponsel, laptop nyatanya juga memiliki menu airplane mode atau mode pesawat. Menu ini bermanfaat untuk pengguna yang terbang menggunakan pesawat dan membawa laptop bersama mereka.

Meski tampak sepele, seseorang bisa saja lupa untuk mematikan airplane mode pada laptop. Padahal, ini menjadi salah satu alasan kenapa WiFi tidak muncul di laptop pengguna.

Jika airplane mode menyala, maka tidak akan bisa terhubung ke jaringan manapun termasuk WiFi. Jadi, pengguna harus mematikannya terlebih dahulu.

Cara mematikan airplane mode pada laptop adalah di bagian taskbar. Lihat bagian dengan ikon pesawat dannonatikan saja hingga tidak berwarna biru.

Selain itu, pengguna bisa menggunakan cara lainnya dengan ke menu Start, Settings dan Network & Internet. Setelah itu, pengguna bisa langsung mematikan menu airplane mode.

4. Lakukan Network Reset

Laptop yang tersedia di pusat grosir komputer kebanyakan pasti memiliki fitur satu ini. Network reset jadi langkah tepat untuk memunculkan kembali WiFi pada laptop.

Pertama, klik menu Start. Setelah itu, pilih Settings kemudian Network & Internet. Kemudian, pilih menu Status dan klik Network Reset yang tersedia

Baru setelah itu pilih menu Reset Now untuk mengonfirmasi jalannya network reset. Jika muncul kotak dialog notifikasi shutdown, klik tombol “Close”.

Terakhir, pengguna hanya perlu menunggu proses reset tersebut. Setelah selesai, laptop umumnya akan melakukan restart secara otomatis.

Nikmati pengalaman internet yang lancar dan tanpa gangguan dengan menggunakan router dan repeater dari AIPEL COMPUTER. Kami menyediakan berbagai perlengkapan komputer dan WiFi yang dapat membantu meningkatkan kualitas jaringan di rumah Anda.

AIPEL COMPUTER adalah toko yang menawarkan berbagai perlengkapan komputer dengan harga yang terjangkau. Kami juga memastikan kualitas produk yang prima serta pelayanan yang memuaskan.

Jika Anda mencari cara untuk mempercepat jaringan WiFi, pertimbangkan untuk membeli router dan repeater dari AIPEL COMPUTER. Kami menjamin produk berkualitas dengan harga yang kompetitif dan layanan pelanggan yang memuaskan.

Itulah berbagai pilihan yang bisa dilakukan untuk mengatasi WiFi tidak muncul di laptop. Pilihlah AIPEL COMPUTER sebagai pusat grosir dengan harga komputer terjangkau dan terpercaya. Dijamin perangkat laptop dan aksesori asli dan awet.

Tags:

Bagikan ke

WiFi Tidak Muncul di Laptop, Berikut Cara Memperbaikinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Tips Memilih Toko Grosir Sparepart Komputer Murah, Barangnya Berkualitas
29 October 2022

Memilih toko grosir sparepart komputer murah tidak boleh asal-asalan. Sebab, pemilihan toko akan mempengaruhi kualitas barang yang Anda beli. Jangan... selengkapnya

Mengenal Bluetooth Dongle dan Cara Menggunakannya
24 April 2024

Bluetooth dongle merupakan perangkat yang berukuran kecil, namun dapat digunakan untuk menerima serta mengirimkan sinyal Bluetooth. Umumnya perangkat ini akan... selengkapnya

Solusi Mengatasi Gagal Saat Instal Aplikasi di Komputer
14 August 2024

Mungkin sebagian pengguna mengalami masalah saat menginstal aplikasi di komputer, yang bisa sangat merugikan, terutama jika aplikasi tersebut sangat dibutuhkan.... selengkapnya

Grosir Accesories Komputer Surabaya Original Terlengkap Jaminan Mutu Terbaik
16 November 2019

Komputer tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari penggunaannya. Agar aktivitas semakin lancar yang dibutuhkan komputer tidak hanya CPU dan monitor... selengkapnya

Tips Beli Aksesoris Komputer yang Benar Di Distributor Aksesoris Laptop
3 November 2022

Tips Membeli Aksesoris Laptop Untuk menunjang penggunaannya, komputer memiliki beberapa aksesoris yang banyak macamnya dengan fungsi berbeda-beda. Contoh aksesoris yang... selengkapnya

Keunggulan Cartridge Canon dan Cara Mengenali Produk Asli
20 June 2024

Tanpa adanya cartridge maka printer tidak dapat berjalan dengan normal. Pasalnya, fungsi cartridge ini adalah untuk menampung tinta. Kemudian terjadi... selengkapnya

Cara Screenshot di Komputer dengan Keyboard Paling Mudah
13 June 2024

Cara screenshot di komputer merupakan salah satu tindakan yang penting untuk diketahui oleh pengguna. Screenshot adalah cara untuk merekam objek... selengkapnya

15 Tips Belanja Parts PC Di Pusat Komputer Besar
26 October 2022

Di tiap kota besar, Anda pasti menemukan pusat perbelanjaan komputer. Bisa dibandingkan, pusat komputer ini sama seperti mall untuk keperluan... selengkapnya

Tips Mendapatkan Hardware Terbaik di Distributor Perlengkapan Komputer Langganan
3 November 2022

Jangan Salah Pilih Hardware Hardware merupakan perangkat keras yang termasuk bagian penting pada komputer. Untuk memastikan perangkat yang Anda miliki... selengkapnya

Posisi Tinta Warna Canon 811 dan Cara Mengisinya dengan Benar
3 February 2023

Posisi tinta warna Canon 811, penting untuk Anda ketahui! Perangkat printer seperti Canon 811, yang biasa Anda jumpai di beberapa... selengkapnya

WiFi Tidak Muncul di Laptop, Berikut Cara Memperbaikinya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: