Beranda » Blog » Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dengan Aman

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dengan Aman

Diposting pada 15 May 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 82 kali

Kipas laptop berisik merupakan kerusakan yang wajib diketahui. Sebab, hal ini akan sangat mengganggu pemilik dan orang lain di sekitarnya.

Seharusnya, kipas laptop tidak mengeluarkan suara mengganggu. Jika ini terjadi, maka bisa jadi ada hal yang tidak normal pada komponen tersebut.

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dengan Aman

helpdeskgeek.com

Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Laptop memiliki kipas khusus di bagian mesinnya. Keberadaan komponen ini tentu saja untuk mencegah mesin terlalu panas.

Hal itu membuat kipas sangat penting. Keberadaan komponen ini akan mempengaruhi kinerja dan kondisi pada mesin laptop.

Ketika mesin terlalu panas, maka laptop akan menjadi lemot. Kondisi ini tentu sangat mengganggu produktivitas dalam mengerjakan pekerjaan.

Salah satu masalah sangat mengganggu pada laptop yang ada di grosir komputer adalah kipas berisik. Bunyi yang keluar secara konstan akan sangat mengganggu saat penggunaannya.

Situasi ini harus segera diatasi. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi suara berisik pada kipas:

Periksa Suhunya

Pertama, periksa terlebih dahulu suhu laptop. Kondisi suhu akan sangat mempengaruhi kipas dalam bekerja pada laptop.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengecek suhu akurat pada laptop. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah RealTemp atau dengan membuka Task Manager.

Aplikasi akan membantu melacak suku prosesor tanpa harus membongkar komponen laptop. Namun, mengecek hardware laptop dengan membuka Task Manager juga tidak terlalu sulit.

Untuk mengatasi kipas laptop berisik ini, mengecek suhu melalui Task Manager bisa dengan menekan pintasan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Dengan begitu, menu akan terbuka.

Pilih bagian Performa tab untuk melihat sumber kondisi prosesor, ruang penyimpanan dan RAM, serta suhu. Apabila suhunya mencapai 100%, artinya laptop butuh perawatan dan perlu meningkatkan hardware serta softwarenya.

Defrag

Ketika muncul suara berisik dari laptop, penyebabnya bisa jadi karena beban kerja prosesor yang terlalu berat. Misalnya seperti laptop sudah terlalu lama.

Ketika laptop sudah keluaran lama, kinerjanya akan menurun. Selain itu, laptop lama juga akan lebih lambat dalam memproses berbagai software yang lebih baru.

Ketika hal ini terus terjadi, maka kecepatan kerja kipas bisa menurun. Namun, pengguna bisa melakukan defrag pada laptop. Mendefrag sistem laptop secara rutin bisa membantu memelihara performa laptop hingga dapat bekerja dengan lebih optimal.

Cara ini bisa memberikan penyegaran bagi HDD dan RAM. Dengan begitu, laptop lama akan tetap bisa bekerja lebih cepat lagi.

Membongkar Laptop

Kalau cara yang satu ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena harga laptop yang tidak murah, kerusakan sedikit akan menghabiskan biaya besar untuk perbaikan.

Apabila kipas laptop tetap berisik, pengguna bisa membongkarnya. Bisa jadi kipas tersebut memiliki banyak debu dan kotoran sehingga mengganggu pergerakan baling-baling kipas.

Debu dan kotoran akan memberatkan pergerakan kipas. Untuk melakukan ini, bawa laptop ke teknisi yang berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan.

Menggunakan Kipas Eksternal

Kipas eksternal ada di banyak toko komputer. Kipas tambahan pada laptop ini akan membantu meringankan kipas bawaan yang ada di dalam laptop.

Harga untuk kipas tambahan laptop ini juga lebih terjangkau. Dengan begitu, risiko laptop rusak mengeluarkan suara yang bising juga akan berkurang di kemudian hari.

Dengan kipas tambahan, suhu laptop juga bisa terjaga. Sehingga, laptop tidak akan mudah eror dan menjadi lemot ketika suhu meningkat dengan cepat.

Jadi, itulah berbagai cara mengatasi kipas laptop berisik. Jika ingin membongkar bagian dalamnya, selalu bawa ke tempat yang tepat dan jangan lakukan sendiri apabila belum berpengalaman.

Bagikan ke

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dengan Aman

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Grosir Peralatan Komputer
4 November 2022

Komputer merupakan salah satu teknologi yang saat ini banyak dibutuhkan dan digunakan seseorang dalam penyelesaian tugas pekerjaannya. Untuk mendukung pengoprasian... selengkapnya

Memilih Komputer yang Baik dengan Piranti Komputer Terbaik
25 February 2023

Saat telah memutuskan untuk membeli sebuah komputer, terdapat beberapa hal yang layak untuk menjadi pertimbangan. Memilih komputer yang baik bisa... selengkapnya

Fungsi dan Manfaat Penting Menggunakan Mouse Pad Bantal
17 February 2023

Mouse pad bantal merupakan salah satu aksesoris komputer dan laptop yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Bahkan... selengkapnya

Yuk Cari Tahu, WD Itu Apa dan Apa Saja Jenis-Jenisnya
16 March 2023

Penyimpanan internet memang terbatas, karena itu diperlukan WD untuk mengatasinya. Lantas WD itu apa? Meski WD memiliki peran yang cukup... selengkapnya

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berbelanja Di Distributor Sparepart Komputer
29 October 2022

Salah satu komponen pada komputer Anda, ada yang rusak atau mungkin sudah tidak support lagi. Maka yang harus Anda lakukan... selengkapnya

Spesifikasi LAN Tester yang Terjual di Toko Komputer Berkualitas
14 March 2023

Spesifikasi LAN Tester perlu untuk Anda cek sebelum membeli di Toko Komputer Grosir langganan. Alat ini membantu untuk beberapa kebutuhan... selengkapnya

Harga Switch Hub TP-Link Surabaya Dengan Berbagai Jumlah Port Ada Diskon
18 November 2019

Switch hub TP-Link memudahkan anda dalam memperluas jaringan kabel. Supaya tujuan tersebut terpenuhi dengan baik, pastikan anda memilih switch hub... selengkapnya

Harga Casing Surabaya Ekonomis Dengan kualitas Terbaik
19 November 2019

Salah satu piranti komputer yang jarang dirawat adalah casing. Casing memiliki fungsi yang sangat penting untuk komputer. Karena fungsinya yang... selengkapnya

Fungsi dan Cara Kerja Hub Komputer Sebagai Alat Penghubung
15 March 2023

Hub komputer merupakan salah satu perangkat yang memiliki fungsi penting dalam kebutuhan komputer. Supaya komputer berfungsi sesuai dengan keinginan tentu... selengkapnya

Terapkan 6 Tips Memilih Processor Ini Supaya Tidak Salah Beli
17 March 2023

Ada beberapa tips memilih processor laptop yang perlu kamu perhatikan supaya nantinya tidak salah membelinya. Sebab, dalam memilih perangkat processor... selengkapnya

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dengan Aman

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: