Beranda » Blog » Cara Mengatasi Komputer Lemot Agar Kembali Ngebut

Cara Mengatasi Komputer Lemot Agar Kembali Ngebut

Diposting pada 13 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 113 kali

Cara Mengatasi Komputer Lemot Agar Kembali Ngebut (2)

Cara mengatasi komputer lemot berikut ini patut dicoba untuk membuat komputer kembali ngebut. Kadang kala komputer memang bisa menjadi lambat sehingga bisa mengganggu kenyamanan para penggunanya. Akibatnya, pekerjaan pun bisa terganggu. Karena itu, masalah ini harus segera diatasi secepatnya agar tidak lagi mengganggu.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

unsplash.com

Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah

Ada banyak cara untuk menyelesaikan masalah komputer lemot. Berikut beberapa caranya:

Hapus Program yang Sudah Tidak Digunakan

Cara pertama dengan menghapus program-program di komputer yang sudah tidak diperlukan lagi. Terkadang pengguna memang sering menyimpan berbagai program padahal tidak memerlukannya. 

Untuk menghapusnya maka bukalah menu Control Panel lalu klik Programs and Features. Setelah itu uninstal program yang sekiranya sudah tidak perlu lagi.

Gunakan Antivirus

Adanya virus dan malware juga bisa menjadi penyebab utama dari komputer lemot. Jika komputer memang terserang virus maka pasangalah program antivirus pada perangkat. 

Dengan menjalankan program antivirus ini maka virus atau malware yang menyerang bisa segera teratasi dan mampu membuat kinerja laptop kembali ngebut seperti sebelumnya.

Nonaktifkan Visual Effect

Banyak pengguna komputer yang memanfaatkan visual effect karena mampu membuat tampilan komputer semakin menarik. Akan tetapi, menggunakan visual effect ini juga bisa menyebabkan komputer lemot.

Ini karena visual effect tersebut memakan banyak performa CPU. Untuk mengatasinya maka bisa dengan mengurangi atau menonaktifkan visual effect.

Meningkatan Kapasitas RAM

Cara mengatasi komputer lemot selanjutnya dengan menggunakan RAM yang lebih besar. RAM adalah komponen penting untuk menyimpan data. Kapasitas RAM yang kecil bisa menyebabkan komputer lemot. Untuk mengatasinya maka bisa dengan memasang RAM baru yang memiliki kapasitas lebih besar demi kelancaran kinerja laptop.

Defrag Disk

Meskipun tidak seefektif dahulu, defragmentasi masih dapat membantu meningkatkan kinerja komputer dengan mengatur ulang data yang tersebar di hard drive . Windows memiliki utilitas Defrag bawaan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan defragmentasi disk.

Periksa Kesehatan Disk

Kadang-kadang kinerja lambat bisa disebabkan oleh masalah fisik pada hard drive Anda. Gunakan utilitas diagnostik seperti CHKDSK (Windows) atau Disk Utility (Mac) untuk memeriksa kesehatan disk Anda dan memperbaiki masalah yang terdeteksi.

Menggunakan SSD

SSD mampu membaca dan menulis data dengan lebih cepat daripada hard drive biasa. Karena itu untuk mengatasi komputer lambat maka bisa mengganti hard drive konvensional dengan SSD sehingga mampu meningkatkan kinerja komputer. SSD juga mempu membuat boot lebih cepat, penggunaan energinya lebih rendah, dan  memiliki daya tahan yang tinggi.

SDD juga menjadi komponen yang banyak tersedia di grosir komputer seperti SwalayanKomputer.com. Toko komputer online ini menawarkan banyak produk seperti komputer, SSD, monitor, keyboard, mouse, dan masih banyak lagi. Untuk harga komputer dan berbagai pendukungnya disebut juga terbilang bersahabat sehingga tidak perlu ragu untuk belanja di toko ini.

Cara Mencegah Komputer Lemot

Setelah cara mengatasi komputer lemot berhasil, tentu penting untuk mencegahnya kembali lemot. Dengan begitu pengguna komputer tidak perlu repot lagi karena kinerja komputer yang kembali menurun. Untuk mencegahnya lemot, pengguna bisa selalu memastikan untuk tidak menginstal program atau aplikasi terlalu banyak hingga membebani komputer.

Pengguna juga harus berhati-hati dalam menggunakan komputer dan tidak sembarangan membuka tautan untuk mencegah virus masuk. Kemudian pastikan untuk selalu menggunakan antivirus setiap jangka waktu tertentu untuk membersihkan virus. Jangan lupa pula untuk selalu memperbarui perangkat lunak dan sistem operasi komputer untuk meningkatkan keamanan.

Cara lainnya yaitu dengan mengurangi penggunaan visual effect yang bisa memberatkan kinerja komputer. Ketika membuka browser sebaiknya juga tidak membuka tab terlalu banyak karena akan membebani RAM komputer. Bukalah beberapa tab yang memang diperlukan dan tutup tab lainnya yang sudah tidak perlu lagi. Dengan begitu browser tidak akan menjadi lemot.

Cara mengatasi komputer lemot diatas tentu bisa memberikan dampak yang efektif. Baik dengan menghapus program, menggunakan antivirus, menonaktifkan visual effect, menambah RAM, dan menggunakan SSD juga cukup mudah dilakukan. Jangan lupa pula menerapkan cara untuk mencegah komputer lemot.

Bagikan ke

Cara Mengatasi Komputer Lemot Agar Kembali Ngebut

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Toko Hardware Komputer Surabaya Terlengkap dan Terpercaya
22 November 2019

Komputer mempunyai berbagai komponen yang bekerja bersama untuk mengolah informasi mentah menjadi informasi baru yang lebih mudah dimengerti manusia. Bila... selengkapnya

Lebih Baik Beli PC Di Pusat Komputer Terdekat Atau Secara Online?
1 November 2022

Ingin beli PC? Bingung harus ke pusat komputer terdekat atau belanja secara online? Bagi yang merasa kesulitan, tidak ada salahnya... selengkapnya

Splitter RCA, Ketahui Jenis, Fungsi dan Cara Memasangnya
10 March 2023

Splitter RCA merupakan konektor listrik yang biasa dipakai pada komponen audio. Jenis splitter ini juga bisa disebut dengan nama AV.... selengkapnya

Fungsi Penting Baterai CMOS CR2032 pada Komputer
31 January 2023

Baterai CMOS CR2032 merupakan baterai ringan yang berbentuk lingkaran serta berukuran kecil dan memiliki tegangan operasi sebesar 3 V. Biasanya... selengkapnya

Pointer Komputer Menjadi Pilihan Terbaik Sebagai Alat Penunjuk
2 March 2023

Pointer komputer menjadi pilihan terbaik sebagai alat penunjuk. Tidak perlu menggunakan alat penunjuk seperti penggaris kayu panjang lagi. Saat ini... selengkapnya

Tips Memilih Casing PC Gaming yang Berkualitas di Toko Komputer
23 September 2022

Tidak sedikit pengguna komputer gaming yang bahkan tak begitu peduli dengan casing PC, khususnya di bagian CPU. Padahal, casing CPU... selengkapnya

Toko Peralatan Komputer Paling Lengkap Berkualitas
21 November 2019

Zaman modern seperti sekarang ini, manfaat komputer sangat beragam. Mulai dari alat bantu menulis, mengedit foto, menggambar, memutar lagu, pemutar... selengkapnya

Intip Apa Saja Fungsi Obeng dan Cara Memakainya
8 June 2024

Obeng merupakan alat yang berfungsi untuk memutar sekrup atau baut. Penggunaannya terutama untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup yang terdapat pada... selengkapnya

Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Gamepad
17 June 2024

Pecinta game pastikan memiliki gamepad. Alas kendali ini memberikan kemudahan bagi gamers untuk memainkan game. Dengan menggunakan alat tersebut, gaya... selengkapnya

Harga Switch Hub TP-Link Surabaya Dengan Berbagai Jumlah Port Ada Diskon
18 November 2019

Switch hub TP-Link memudahkan anda dalam memperluas jaringan kabel. Supaya tujuan tersebut terpenuhi dengan baik, pastikan anda memilih switch hub... selengkapnya

Cara Mengatasi Komputer Lemot Agar Kembali Ngebut

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: