Beranda » Blog » Cara Menggunakan Kabel Laptop ke Proyektor dengan Mudah

Cara Menggunakan Kabel Laptop ke Proyektor dengan Mudah

Diposting pada 7 May 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 72 kali

Kabel laptop ke proyektor sangat dibutuhkan. Dengan kabel ini, laptop bisa terhubung ke proyektor dengan layar yang lebih besar.

Biasanya, proyektor digunakan dalam pertemuan dengan jumlah peserta yang besar. Daripada hanya di laptop, proyektor merupakan layar yang jauh lebih besar.

Cara Menggunakan Kabel Laptop ke Proyektor dengan Mudah

pixabay.com

Menghubungkan Kabel Laptop ke Proyektor

Proyektor merupakan sebuah alat untuk menampilkan gambar dan juga video ke layar proyeksi. Alat proyektor biasanya digunakan untuk presentasi di sekolah, universitas dan bahkan pertemuan resmi lainnya.

Dari segi layar, proyektor memang lebih unggul daripada laptop. layar proyektor bisa lebih dari satu meter, sehingga memungkinkan peserta lain melihat informasi dengan jelas.

Kabel untuk menghubungkan laptop ke layar proyektor berbagai macam, seperti HDMI, DVI, atau bahkan VGA. Kebanyakan laptop memiliki soket HDMI atau VGA.

Jika tidak ada colokan yang sesuai, pengguna bisa menggunakan converter VGA atau HDMI. Jadi, selalu ada jalan keluarnya. Nah, berikut ini cara yang paling mudah untuk menggunakan kabel laptop ke proyektor yang dapat di cari di toko komputer.

Menyambungkan Terlebih Dahulu

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menyambungkan kabel terlebih dahulu. Sambungkan setiap komponennya.

Setelah laptop terhubung ke proyektor, maka langkah awal sudah tercapai. Pastikan dengan baik jika kabel benar-benar terhubung.

Kombinasi Windows + P

Apabila laptop tidak memiliki port VGA, maka bisa pakai port HDMI. Pengguna juga bisa memilih adaptor VGA atau HDMI.

Apabila sudah berhasil terhubung, tekan keyboard kombinasi Windows + P. Tekan keduanya secara bersamaan dan akan secara otomatis berbagi layar.

Tampilan di laptop akan langsung muncul di layar proyektor. Selanjutnya, pengguna bisa langsung melakukan presentasi atau kegiatan lainnya.

Opsi Tampilan Laptop ke Proyektor

Cara menggunakan kabel laptop ke proyektor selanjutnya adalah dengan fitur yang tersedia. Windows menyediakan beberapa pilihan untuk ditampilkan ke proyektor.

Beberapa pilihan tersebut bisa membantu pengguna memilih bagian layar yang ingin dibagikan. berikut ini pilihannya”

  • Extend: untuk memperluas layar laptop ke proyektor.
  • Duplicate: membagikan tampilan layar laptop yang sama ke proyektor.
  • Second Screen Only: Menampilkan laptop sebagai tampilan utama di proyektor, akan tetapi layar laptop akan mati sehingga perlu mengoperasikan layar via tampilan proyektor.
  • PC Screen Only: Tampilan layar hanya di laptop saja yang biasanya dipakai jika pengguna belum siap menampilan ke proyektor.

Miracast

Selanjutnya pengguna juga bisa memanfaatkan fitur bernama Miracast. Menurut Microsoft, ini adalah fitur yang bisa membantu menghubungkan proyektor ke laptop.

Fitur ini memudahkan para pengguna yang ingin menghubungkan kedua perangkat. Hanya saja, cara ini tidak membutuhkan kabel yang biasanya banyak dijual di grosir komputer.

Namun, tidak semua proyektor dapat terhubung dengan fitur ini. Jadi, penggunanya juga perlu berhati-hati dan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Memilih Kabel yang Tepat

Harga komputer dan laptop tidak murah, maka harus hati-hati saat menggunakannya. Jika salah penggunaan, maka komponennya bisa rusak dan membutuhkan biaya besar untuk perbaikan.

Maka dari itu perhatikan juga bagian port saat membeli laptop. Para pengguna laptop harus memilih jenis kabel paling sesuai dengan tipe port. Jangan paksakan jika memang kabel tersebut tidak cocok karena bisa merusak bagian port tersebut.

Jangan juga tergiur dengan harga yang murah, namun justru cenderung mudah rusak. Para pengguna sebaiknya memilih kabel yang berkualitas meski harganya sedikit lebih mahal.

Setelah kabel tersebut cocok, maka bisa memperhatikan cara menghubungkan laptop dan proyektor di atas. Cara ini sangat mudah, terlebih jika sudah sering menggunakannya.

Bagikan ke

Cara Menggunakan Kabel Laptop ke Proyektor dengan Mudah

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
TP LINK 150mbps TL-WN722N, Buat Sinyal Lebih Stabil
25 February 2023

TP LINK 150mbps atau TP LINK TL-WN722N merupakan perangkat wireless yang berfungsi sebagai pengganti wireless internal laptop atau PC. Perangkat... selengkapnya

Spesifikasi Switch pada Jaringan Komputer Perlu Anda Ketahui
27 February 2023

Spesifikasi switch mungkin masih banyak yang belum mengetahui. Pada dunia informatika, komponen dan jaringan adalah sesuatu yang tidak bisa terlepas... selengkapnya

Mengenal Perangkat Keras Komputer Beserta Jenis-Jenisnya
15 April 2024

  Dalam pembagiannya, komputer terbagi menjadi keras, dan perangkat lunak. Perangkat keras juga biasa disebut sebagai perangkat hardware. Komponen ini... selengkapnya

Distributor Accessories Komputer Surabaya Jaminan Kualitas Bagus dan Bergaransi
16 November 2019

Pekerjaan kini bisa dengan mudah diselesaikan berkat bantuan komputer. Seiring berjalannya waktu, bidang teknologi memang mengalami peningkatan. Hal ini mendorong... selengkapnya

Pertimbangan Penting Menentukan Toko Grosir PC
24 October 2022

Selama menentukan toko grosir PC tentu tidak boleh memilih sembarangan karena pemilihan toko yang tepat nantinya akan menentukan kualitas sekaligus... selengkapnya

Apa Itu Adaptor? Alat Catu Daya untuk Berbagai Peralatan Elektronik
12 March 2023

Adaptor merupakan salah satu alat kelistrikan yang sudah familiar di telinga banyak orang. Namun, masih banyak juga yang belum paham... selengkapnya

Toko Peralatan Komputer Paling Lengkap Berkualitas
21 November 2019

Zaman modern seperti sekarang ini, manfaat komputer sangat beragam. Mulai dari alat bantu menulis, mengedit foto, menggambar, memutar lagu, pemutar... selengkapnya

Terapkan 6 Tips Memilih Processor Ini Supaya Tidak Salah Beli
17 March 2023

Ada beberapa tips memilih processor laptop yang perlu kamu perhatikan supaya nantinya tidak salah membelinya. Sebab, dalam memilih perangkat processor... selengkapnya

Harga Komputer Kantor Best Seller 2022, Cek Spesifikasinya di Sini!
23 September 2022

Spesifikasi dan harga komputer kantor terbaik masih ramai diburu. Meski harga lebih mahal, tapi kinerja komputer jauh lebih baik untuk... selengkapnya

Grosir Accesories Komputer Surabaya Original Terlengkap Jaminan Mutu Terbaik
16 November 2019

Komputer tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari penggunaannya. Agar aktivitas semakin lancar yang dibutuhkan komputer tidak hanya CPU dan monitor... selengkapnya

Cara Menggunakan Kabel Laptop ke Proyektor dengan Mudah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: