Beranda » Blog » Inilah 3 Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer

Inilah 3 Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer

Diposting pada 3 February 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 20.361 kali

Fungsi LAN Tester tentu wajib diketahui setiap pengguna perangkat seperti komputer. Anda bisa mendapatkanya dengan mudah melalui toko komputer terdekat.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Local Area Network atau LAN jadi salah satu pilihan utama soal penggabungan komputer. Di era yang sudah modern seperti sekarang, komputer memang bisa disambungkan satu sama lain. Penggabungan ini memungkinkan penggunanya untuk mengoperasikan komputer tanpa berpindah tempat.

Inilah 3 Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer

youtube.com

3 Fungsi LAN Tester

Hadirnya LAN memungkinkan penggabungan semacam ini bisa dilakukan. Kendati demikian, penggunaan LAN tidak selalu nihil dari masalah.

Oleh karena itu, perangkat tambahan yang dapat memaksimalkan kerja LAN akhirnya dibuat, yakni LAN Tester. Berikut ulasan lengkap dari fungsi alat yang satu ini khusus untuk Anda.

1. Melihat Kerusakan Kabel Jaringan

Kabel merupakan komponen penting dalam LAN. Pasalnya, kabel inilah yang memegang peran seperti jembatan dari perangkat yang disambungkan.

Tanpa adanya kabel, dua perangkat yang ingin digabungkan tidak akan bisa menjadi satu. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa kondisi kabel yang digunakan dalam keadaan yang bagus.

Kabel berkarat bisa menjadi salah satu penyebab tidak berjalannya sistem LAN yang sedang dirakit. Ada pula kondisi kerusakan kabel lainnya yang juga sangat mengganggu.

Beruntung, fungsi LAN Tester yang pertama adalah mengecek kondisi dari kabel ini. Pengecekan kabel menggunakan LAN Tester bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Sambungkan saja kabel pada LAN Tester dan amati respons yang ditunjukkan alat tersebut. LAN Tester yang berfungsi menandakan bahwa kabel yang digunakan tidak bermasalah.

Setelah mengetahui kabel dalam kondisi bagus, maka pemasangan LAN bisa dilanjutkan. Jika tidak, maka tinggal ganti kabel dengan yang kondisinya lebih bagus.

2. Melihat Keakuratan Susunan Kabel Straight dan Cross Line

Ketika menggunakan LAN, kabel yang dipakai merupakan jenis UTP atau Unshielded Twisted Pair. Kabel-kabel UTP ini kemudian disusun dengan baik hingga membentuk satu kesatuan LAN yang utuh.

Proses perakitan ini tentu perlu perhatian khusus. Satu kesalahan saja bisa membuat jaringan tidak berjalan.

Dari sinilah pembuatan jaringan bisa lebih mudah karena fungsi LAN Tester. Perangkat ini bakal membantu melihat keakuratan dari susunan kabel yang dibuat.

Hebatnya LAN Tester dapat melakukan tes, baik pada kabel straight dan juga cross line. LAN Tester yang menyala menunjukkan bahwa susunan kabel yang dibuat berfungsi dengan bagus.

Sebagai tambahan informasi, kabel straight merupakan kabel yang urutan warnanya sama dari ujung konektor ke konektor lain. Kabel yang satu ini punya urutan pemasangan yang berbeda.

Kabel ini digunakan dalam penyambungan komputer ke hub, switch dengan router, komputer-router, dan router-hub. Sementara kabel cross line lebih menggabungkan secara point to point.

3. Bahan Panduan dalam Masalah Jaringan

Fungsi LAN Tester tentunya tidak hanya untuk melihat kerusakan saja. Jika dilihat lebih lanjut, maka hasil LAN Tester bisa digunakan sebagai bahan panduan.

Setelah mengerti kesalahan sebelumnya, pembuatan LAN berikutnya akan lebih bagus lagi. Selain itu, hasil dari LAN Tester juga dapat digunakan untuk panduan dalam melakukan perbaikan.

Hal-hal tentang perbaikan tentu wajib dimengerti sebab masalah pada LAN bisa muncul kapan saja. Perbaikan pada LAN yang rusak dimulai dengan mencabut kabel dari jaringan yang bermasalah.

Lanjutkan dengan melakukan pengecekan performa menggunakan bantuan LAN Tester. Jika LAN Tester tidak menunjukkan indikasi kerusakan, maka kemungkinan masalah muncul dari segi perangkat keras atau hardware.

Ulangi tahapan pengecekan agar mendapatkan hasil yang lebih akurat. Jika tetap tidak ada masalah, dapat dipastikan masalah tidak terdapat pada LAN tetapi hardware yang digunakan.

Itulah tadi fungsi LAN Tester yang bisa Anda ketahui. Bagi Anda yang membutuhkan LAN Tester, bisa langsung membelinya melalui swalayankomputer.com, grosir komputer dengan konsep swalayan yang menyediakan berbagai kebutuhan komputer Anda secara lengkap dan terjangkau.

Bagikan ke

Inilah 3 Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Intip Apa Saja Fungsi Obeng dan Cara Memakainya
8 June 2024

Obeng merupakan alat yang berfungsi untuk memutar sekrup atau baut. Penggunaannya terutama untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup yang terdapat pada... selengkapnya

Jenis dan Contoh Hardware yang Ada di Toko Komputer
23 September 2022

Ketika Anda pergi ke toko komputer, pasti akan menemukan istilah hardware. Hardware sendiri memiliki arti sebagai perangkat keras komputer. Artinya,... selengkapnya

Daftar Printer Epson yang Banyak Diburu di Toko Komputer
23 September 2022

Toko komputer tidak hanya menyediakan komputer. Sektor utamanya memang bergerak dalam penjualan komputer, namun tak menutup kemungkinan toko juga menawarkan... selengkapnya

Mouse dan Keyboard Genius Komputer Pilihan Pelengkap Kebutuhan
2 March 2023

Genius komputer memiliki berbagai produk terbaik yang bisa menjadi pelengkap kebutuhan. Terdapat berbagai produk keluaran Genius seperti mouse dan keyboard.... selengkapnya

Tips Beli Aksesoris Komputer yang Benar Di Distributor Aksesoris Laptop
3 November 2022

Tips Membeli Aksesoris Laptop Untuk menunjang penggunaannya, komputer memiliki beberapa aksesoris yang banyak macamnya dengan fungsi berbeda-beda. Contoh aksesoris yang... selengkapnya

Harga Komputer Kantor Best Seller 2022, Cek Spesifikasinya di Sini!
23 September 2022

Spesifikasi dan harga komputer kantor terbaik masih ramai diburu. Meski harga lebih mahal, tapi kinerja komputer jauh lebih baik untuk... selengkapnya

Mengenal Definisi SSD, Fungsi dan Perbedaannya dengan HDD
17 April 2024

Laptop SSD adalah jenis komputer yang tidak mengandalkan Hard Disk Drive (HDD) sebagai media penyimpanan data, melainkan menggunakan Solid State... selengkapnya

,
7 Tips dan Tricks WhatsApp untuk Penggunaan yang Lebih Efisien dan Aman
1 June 2023

Berikut adalah beberapa tips dan tricks yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan WhatsApp:   1. Membuat Pesan Tertunda: Anda dapat... selengkapnya

Harga Keyboard Surabaya Terjangkau dan Ekonomis
19 November 2019

Keyboard merupakan salah satu piranti keras atau hardware. Keyboard tidak hanya digunakan pada komputer, namun juga bisa digunakan pada laptop.... selengkapnya

Flashdisk 64 GB, Kelebihannya Sebagai Penyimpanan Data
10 June 2024

Sama seperti kebanyakan flashdisk yang ada, USB flash drive atau flashdisk 64 GB memiliki kegunaan untuk menyimpan data flash bertipe... selengkapnya

Inilah 3 Fungsi LAN Tester Pada Jaringan Komputer

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: