Beranda » Blog » Mengenal Jenis Mousepad Agar Penggunaannya Sesuai dan Optimal

Mengenal Jenis Mousepad Agar Penggunaannya Sesuai dan Optimal

Diposting pada 2 September 2024 oleh WRITER / Dilihat: 59 kali / Kategori:

Mengenal jenis mousepad menjadi penting bagi para pengguna komputer atau laptop dalam kehidupan sehari-hari agar pemakaiannya optimal. Mousepad terbagi berdasarkan karakteristik penggunaannya, sehingga munculah istilah mousepad Speed dan Control.

Kedua istilah tersebut kemudian semakin sering digunakan dalam dunia gamers. Sebab, secara garis besar, jenis-jenis game yang ada sekarang ini terbagi dalam kategori yang memerlukan tingkat kecepatan akseleratif dan kontrol yang presisi.

Jenis Mousepad

www.istockphoto.com

Mengenal Jenis Mousepad Berdasarkan Bahan Material dan Tipe Permukaannya

Sebagian besar pengguna komputer maupun laptop mungkin tidak tahu banyak tentang macam-macam mousepad yang mereka gunakan. Meski terkesan sepele, nyatanya penggunaan mousepad dapat menunjang kegiatan komputasi menjadi semakin baik lagi.

Apalagi bagi seorang pecinta game atau gamers. Dimana mereka memerlukan performa yang sempurna untuk bisa menyelesaikan permainannya, dan mousepad menjadi salah satu benda yang berpengaruh.

Macam-Macam Mousepad Berdasarkan Bahan Material

Setelah mengenal apa itu mousepad dan fungsinya, berikut adalah dua jenis mousepad yang terbagi berdasarkan bahannya:

Mousepad Tipe Clothpad

Secara fisik, mousepad ini menggunakan surface kain pada bagian permukaannya. Bahan ini membuatnya memiliki permukaan yang lebih keset untuk memberikan pergerakan yang lebih lambat tetapi terkontrol.

Mousepada Jenis Hardpad

Jenis ini sangat berbeda dengan mousepad cloth, mulai dari bahan hingga movement-nya yang lebih cepat. Beberapa mousepad hard pad biasanya berasal dari bahan polycarbonate yang awet untuk jangka panjang.

Hardpad juga sangat berguna ketimbang clothpad karena memiliki daya tahan lama. Selain itu, sistem perhentiannya lebih konsisten selama kita menggunakan mouse. Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda yang sering gonta-ganti cloth pad dalam penggunaannya.

Ragam Mousepad Berdasarkan Tipe Permukaannya

Selain bahan, mari mengenal jenis mousepad berdasarkan tipe permukaannya dalam pembahasan berikut ini:

Mousepad Tipe Speed

Sesuai dengan namanya, jenis mousepad ini mendukung pergerakan pengguna yang lebih cepat dan akseleratif. Hal tersebut karena mouse ini berasal dari bahan yang halus dengan kontur sehingga sensor masih bisa membaca pergerakan per inchi secara jelas.

Untuk penggunaan, sebenarnya tergantung pada keinginan masing-masing. Mousepad tipe Speed sangat cocok untuk pengguna yang lebih menyukai gerakan mouse cepat. Misalnya saja seperti para gamers yang memainkan genre permainan seperti Moba atau genre action adventure.

Mousepad Tipe Control

Berbeda dengan tipe speed, mousepad tipe control mendukung pergerakan mouse yang presisi. Aksi menembak, membidik atau menargetkan sesuatu jadi lebih terbantu jika menggunakan mousepad tipe ini.

Mousepad tipe control berasal dari kain bertekstur yang sedikit kasar dan memiliki kontur. Bahannya menggunakan serat nilon, sama seperti mousepad tipe Speed. Hal lain yang membedakannya dengan mousepad Speed adalah volume yang lebih besar dan dibuat dengan cara dirajut. Sebab itu, banyak yang menyebut mousepad ini sebagai kain jacquard alias tenunan.

Sangat cocok untuk kegiatan komputasi atau permainan game yang tidak terlalu cepat, namun memerlukan keakuratan kursor. Misalnya sepert ketika membidik dalam permainan bergenre First Shot Person (FPS).

Dengan mengenal ragam mousepad, kini Anda bisa menggunakannya dengan tepat sesuai dengan fungsi maupun keperluan. Mengetahui jenis-jenis mousepad akan membantu Anda untuk bisa menjalankan berbagai kegiatan komputasi maupun permainan game dengan lebih optimal. 

Meski terkesan sepele, namun pemilihan mousepad ini menjadi penting untuk menunjang komputasi pengguna. Dapatkan berbagai jenis produk mousepad di layanan toko maupun grosir komputer dengan harga yang berbeda, sesuai dengan jenis maupun karakteristiknya.

Tersedia berbagai aksesoris komputer di toko perlengkapan komputer. Jika Anda membutuhkan aksesoris tersebut, kunjungi saja toko komputer. Salah satu toko yang menawarkan beragam perlengkapan komputer adalah Swalayan Komputer. Semua produk yang dijual di grosir komputer terlengkap ini merupakan barang asli dan berkualitas. Selain itu, harga komputer maupun berbagai jenis mousepad yang ditawarkan juga terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Tags: ,

Bagikan ke

Mengenal Jenis Mousepad Agar Penggunaannya Sesuai dan Optimal

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Mouse Komputer, Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Perawatannya
1 April 2024

Mouse menjadi salah satu komponen penting untuk mempermudah kita menggunakan perangkat komputer. Penting diketahui, mouse pertama kali dirancang oleh Douglas... selengkapnya

Toko Peralatan Komputer Paling Lengkap Berkualitas
21 November 2019

Zaman modern seperti sekarang ini, manfaat komputer sangat beragam. Mulai dari alat bantu menulis, mengedit foto, menggambar, memutar lagu, pemutar... selengkapnya

Spek Komputer untuk Desain Grafis, Perhatikan dengan Benar
25 February 2023

Spek komputer untuk desain grafis tidak bisa Anda pilih dengan asal. Kebutuhan akan perangkat komputer pada kemajuan era teknologi digital... selengkapnya

Rekomendasi Harga Komputer Desain Grafis dibawah 15 Juta!
23 September 2022

Spesifikasi dan harga komputer untuk desain grafis tentunya berbeda dengan komputer yang digunakan untuk kebutuhan lainnya. Untuk kebutuhan desain grafis,... selengkapnya

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara
31 July 2024

Komputer tidak ada suara jelas mengganggu penggunaannya. Hal ini karena pengguna jadi kesulitan dalam memanfaatkan aplikasi tertentu. Misalnya saja YouTube... selengkapnya

Fungsi Router Wireless TP-Link, Pahami Sebelum Beli di Toko Komputer!
29 September 2022

Kendala koneksi internet membuat sebagian besar masyarakat beralih menggunakan router wireless. Adapun salah satu merek router wireless yang banyak diminati... selengkapnya

Kabel Power CPU dengan Fungsinya yang Sangat Penting
16 March 2023

Kabel power CPU menjadi salah satu alat penting untuk menghubungkan perangkat komputer yang harus selalu ada. Tentunya kabel CPU sudah... selengkapnya

Mengenal Komponen Bernama Switcher VGA, Kenali Sebelum Membeli
5 March 2023

Switcher VGA merupakan komponen yang cukup penting pada sebuah perangkat komputer maupun laptop. Maka ketika terjadi kerusakan akan memberikan pengaruh... selengkapnya

Tips Ketika Berbelanja Di Pusat Aksesoris Komputer, Yang Perlu Anda Tahu
27 October 2022

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi pusat aksesoris komputer untuk membeli aksesoris komputer yang diinginkan, misalnya saja fask disk, mouse, headset,... selengkapnya

3 Keuntungan Ini Hanya Bisa Anda Dapatkan Ketika Bisnis Grosir Peralatan Komputer
22 October 2022

Di era yang serba canggih seperti saat ini menjadi salah satu pembuka peluang bisnis dalam berbagai macam bidang. Salah satunya... selengkapnya

Mengenal Jenis Mousepad Agar Penggunaannya Sesuai dan Optimal

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: