Beranda » Blog » Mengenal Pengertian Kertas Thermal dan Berbagai Kegunaannya

Mengenal Pengertian Kertas Thermal dan Berbagai Kegunaannya

Diposting pada 8 September 2024 oleh WRITER / Dilihat: 46 kali / Kategori:

Pengertian Kertas Thermal dan Berbagai Kegunaannya

Hampir semua orang mungkin sudah pernah melihat atau menggunakan kertas thermal dalam beberapa waktu atau bahkan setiap hari. Kertas ini biasanya digunakan untuk nomor antrian, struk pembayaran, bukti transaksi dari mesin ATM hingga resi pengiriman paket.

Para pelaku usaha tertentu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kertas printer yang satu ini. Saking banyaknya fungsi dan manfaatnya, kertas ini hampir tidak pernah luput dalam setiap usaha.

Kertas Thermal

www.istockphoto.com

Pengertian Kertas Thermal

Thermal paper merupakan jenis kertas khusus yang dapat menghasilkan gambar menggunakan panas dari mesin printer. Biasanya, kertas ini berguna dalam pencetakan tanda terima, termasuk label dan struk pembayaran.

Penggunaan kertas ini sangat populer karena lebih hemat biaya. Selain itu, kertas ini juga tahan air dan tidak memerlukan tinta layaknya kertas cetak pada umumnya. Hanya dengan panas dari printer thermal dan kertas ini dapat menghasilkan gambar maupun tulisan sesuai dengan keinginan pencetaknya.

Hal tersebut karena kertas termal berasal dari bahan kimia yang akan bereaksi dan berubah warna ketika terkena panas. Oleh karena itu, kertas ini hanya bisa digunakan pada printer khusus.

Printer khusus atau printer thermal merupakan jenis mesin cetak yang menggunakan teknologi pemanas untuk mengaktifkan tinta dan melakukan proses cetak. Berbeda dengan kebanyakan jenis mesin cetak, printer ini memiliki ukuran yang mungil sehingga tidak memakan banyak ruang dan cocok bagi para pelaku usaha yang baru memulai bisnisnya.

Sebelum bermanfaat untuk kebutuhan usaha, dulunya kertas thermal berguna untuk mencetak dokumen pada mesin faksimile. Karakteristiknya halus dan mengkilap berbeda dengan kebanyakan kertas struk lainnya.

Kegunaan Kertas Thermal

Adapun beberapa kegunaan kertas termal dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Struk atau Bukti Pembayaran

Salah satu kegunaan kertas printer tanpa tinta yang sering kita jumpai adalah sebagai bukti atau struk pembayaran. Ketika membeli barang atau bahan makanan pada beberapa toko ritel, restoran, kafe atau tempat lain yang memerlukan pencetakan transaksi jual beli, Anda mungkin sering menjumpai kertas ini.

Anda yang sering atau pernah menggunakan fasilitas mesin ATM untuk melakukan transaksi mungkin tidak menyadari bahwa kertas bukti transaksi yang Anda dapatkan adalah jenis kertas termal.

Percetakan Foto

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa kertas thermal tidak hanya bisa mencetak tulisan, tetapi juga gambar. Percetakan foto pada kertas ini tentu menggunakan jenis printer foto khusus atau printer jenis thermal juga. Dengan begitu, proses pencetakan akan lebih mudah dan cepat.

Printer Thermal

Selain sebagai struk atau bukti belanja, kertas ini biasanya juga digunakan untuk mencetak tiket atau dokumen kecil lain yang memungkinkan penggunaannya. Industri ritel, gudang, parkir atau F&B, juga sering menggunakan kertas ini sebagai bukti transaksinya.

Pencetakan Tiket

Kertas termal juga berguna untuk mencetak tiket transportasi umum, tiket bioskop dan jenis tiket lainnya.

Fax Thermal

Dulunya, teknologi fax thermal mengandalkan kertas ini untuk mencetak dokumen melalui fax. Meski begitu, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, penggunaannya kini semakin berkurang bahkan jarang ditemukan.

Nah, agar bisa mencetak file tentu Anda harus punya printer terlebih dulu. Printer adalah salah satu aksesori penting yang harus Anda miliki untuk melengkapi komputer Anda. Anda bisa dengan mudah menemukan printer di berbagai toko komputer. Meskipun demikian, printer memiliki berbagai jenis yang berbeda. 

Salah satu grosir komputer online yang menyediakannya adalah SwalayanKomputer.com. Di sini, tersedia beragam pilihan printer dengan harga yang terjangkau. Selain printer, toko komputer online ini juga menawarkan berbagai keperluan komputer lainnya dengan harga yang bersahabat.

Itulah pembahasan seputar kertas thermal lengkap dengan beberapa contoh jenis penggunaannya. Tanpa sadari mungkin hampir setiap saat kita menggunakan atau menjumpai jenis kertas ini dalam berbagai momen kehidupan. Bagi Anda yang mencari kertas ini untuk berbagai kebutuhan, Anda bisa mendapatkannya pada layanan toko atau grosir komputer dengan harga yang berbeda. Ini dapat tergantung pada tipe atau ukuran dari kertas termal itu sendiri.

Tags: ,

Bagikan ke

Mengenal Pengertian Kertas Thermal dan Berbagai Kegunaannya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Motherboard GA H61M DS2, Simak 5 Keunggulannya
14 March 2023

GA H61M DS2 merupakan salah satu tipe motherboard dari vendor Gigabyte, yang biasa digunakan dalam perangkat laptop atau PC. Motherboard... selengkapnya

4 Kriteria Distributor Peralatan Komputer Profesional Dan Kredibel
2 November 2022

Kriteria Distributor Peralatan Komputer Memilih distributor peralatan komputer yang tepat tidak hanya akan membuat Anda mendapatkan produk berkualitas. Bisa lebih... selengkapnya

Spesifikasi Kabel UTP Lengkap dengan Kelebihan dan Harganya
2 March 2023

Spesifikasi kabel UTP hadir dengan berbagai keunggulan. Kabel ini memiliki pelindung pelapis pada bagian internalnya. Fungsi dari kabel UTP itu... selengkapnya

Mari Mengenal Macam Macam Printer, Bisa Dijadikan Referensi
7 March 2023

Sebenarnya ada banyak macam macam printer yang paling umum digunakan orang-orang serta terbilang berkualitas. Dari beberapa macam printer ini tentunya... selengkapnya

Keuntungan Memilih Toko Komputer Surabaya Sebagai Distributor Terpercaya
20 November 2019

Komputer merupakan sebuah peralatan yang memiliki banyak manfaat. Kini banyak pekerjaan yang dikerjakan menggunakan sebuah komputer. Terutama pekerjaan yang berkaitan... selengkapnya

Kelebihan Mouse Kabel yang Perlu Anda Ketahui
25 August 2024

Mouse atau tetikus adalah perangkat penting yang mempengaruhi pengalaman pada penggunaan komputer sehari-hari. Saat memilih antara mouse kabel dan mouse... selengkapnya

Tips Menggunakan Mouse Logitech Wireless yang Benar Agar Awet
26 May 2024

Mouse Logitech wireless telah menjadi favorit bagi banyak pengguna komputer. Brand ini telah meraih ketenaran yang luas di kalangan konsumen,... selengkapnya

Tips Memilih Processor di Grosir Komputer, Jangan Salah Beli!
3 October 2022

Tips memilih processor di grosir komputer berikut ini jangan sampai Anda lewatkan agar bisa mendapatkan processor yang tepat. Processor merupakan... selengkapnya

Inilah Sederet Keuntungan Beli di Toko Komputer Online
21 September 2022

Dewasa ini, membeli perangkat, komponen, maupun hardware komputer sudah semakin mudah. Kamu hanya perlu datang ke toko komputer kemudian melakukan... selengkapnya

Tips Memilih Microphone Wireless yang Tepat untuk Berbagai Kebutuhan
16 August 2024

Tips memilih microphone wireless menjadi penting untuk Anda ketahui agar tidak salah beli nantinya. Microphone wireless merupakan salah satu jenis... selengkapnya

Mengenal Pengertian Kertas Thermal dan Berbagai Kegunaannya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: