Beranda » Blog » Cara Mudah Memperbaiki Komputer Tidak Mau Masuk BIOS

Cara Mudah Memperbaiki Komputer Tidak Mau Masuk BIOS

Diposting pada 31 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 46 kali / Kategori:

Cara Mudah Memperbaiki Komputer Tidak Mau Masuk BIOS

Ketika membeli komputer di toko komputer terbaik dan terpercaya, pastinya bisa mendapatkan produk berkualitas. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, komputer tersebut bisa saja mengalami masalah. Adapun salah satu masalahnya yaitu komputer tidak mau masuk BIOS.

pexels.com

Jika sudah demikian, komputer tidak bisa pengguna manfaatkan sebagaimana mestinya lagi. Oleh karena itu, langsung atasi masalahnya agar pengguna bisa memanfaatkannya kembali sesuai kebutuhan.

Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Masuk BIOS 

Tak perlu khawatir karena cara memperbaiki masalah tersebut cukup mudah. Caranya pun beragam sehingga bisa jadi alternatif tersendiri. Mengenai apa dan bagaimana caranya, bisa cek uraian berikut.

Atur Ulang Baterai CMOS

Salah satu caranya yaitu melakukan penyetelan ulang pada baterai CMOS. Caranya, pengguna hanya perlu melepas baterai BIOS atau dengan jumper di motherboard.

CMOS sendiri merupakan bagian kecil dari penyimpanan yang ada motherboard. CMOS ini menyimpan pengaturan BIOS pada komputer.

Maka dari itu, tidak perlu ragu untuk mengatur ulang CMOS. Dengan cara ini, berbagai masalah yang berkaitan dengan BIOS bisa teratasi.

Cek Keyboard 

Selain melakukan penyetelan ulang baterai CMOS, pengguna juga bisa mengatasinya dengan mengecek keyboard. Bisa saja keyboard tak berfungsi sehingga tidak bisa tersambung dengan baik ke komputer.

Setelah mengecek keyboard, bisa coba tekan tombol untuk akses BIOS. Misalnya saja F2 atau F10.

Periksa Koneksi

Jangan lupa pula untuk memeriksa koneksinya. Bisa jadi masalah komputer tidak mau masuk BIOS ini muncul karena koneksinya longgar.

Menyadari hal itu, periksa koneksinya. Jika memang longgar, hubungkan agar tersambung dengan benar ke komputer.

Update BIOS 

Update BIOS memang bisa mengatasi berbagai masalah, tak terkecuali komputer tidak mau masuk sekalipun. Namun sebelumnya, lebih baik menyiapkan file BIOS yang tepat untuk motherboard.

Pastikan juga membuat cadangan data agar tidak hilang ketika selesai update BIOS. Selain memperbaiki masalah, update BIOS juga bisa meningkatkan kinerja maupun stabilitas komputer.

Gunakan Program Anti-virus 

Virus juga bisa menyebabkan masalah ini sehingga perlu menjalankan program anti-virus di komputer. Untuk melakukannya sangatlah mudah karena hanya perlu masuk ke Windows dengan Safe Mode.

Setelah itu, pengguna bisa menjalankan program anti-virus dan scanning sampai selesai. Apabila ada virus, pengguna tinggal menghapus programnya.

Dari sini pengguna bisa lanjutkan dengan merestart komputer. Gunakan lagi komputernya. Pasti komputer tidak lagi bermasalah. Pengguna pun bisa merasa nyaman dan lancar selama mengoperasikan komputer.

Penyebab Komputer Tidak Bisa Masuk BIOS 

Harga komputer memang tidak murah. Karena hal itu, pengguna perlu mengatasi berbagai masalah agar komputer bisa berfungsi secara optimal seperti biasanya lagi.

Untuk mengatasi komputer tidak mau masuk BIOS, bisa mencoba berbagai cara di atas. Selain itu, bisa juga mengatasinya dengan melihat penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebabnya sendiri sangatlah beragam. Mulai dari hardisk tak terdeteksi, software tidak kompatibel lagi, memori bermasalah, sampai dengan prosesor overheat.

Pengguna bisa mengatasi masalahnya sesuai dengan penyebab tersebut. Dengan cara ini, proses perbaikan pun bisa memberikan hasil yang sesuai keinginan.

Setelah simak uraian di atas, pasti bisa mengetahui bagaimana cara memperbaiki komputer tidak mau masuk BIOS. Kemudian bagi siapa saja yang ingin memiliki komputer berkualitas, bisa mendapatkannya di Swalayan Komputer. Swalayan Komputer terkenal sebagai grosir komputer terlengkap, terbaik dan termurah. Untuk mendapatkan produk yang ada di Swalayan Komputer, pengguna tidak perlu menggelontorkan biaya besar namun sudah terjamin kualitasnya.

Tags:

Bagikan ke

Cara Mudah Memperbaiki Komputer Tidak Mau Masuk BIOS

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

WiFi Laptop Sering Putus, Penyebab dan Cara Mengatasinya
23 August 2024

Saat browsing internet menggunakan WiFi laptop dan tiba-tiba mati sendiri, tentu akan memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan. WiFi laptop sering... selengkapnya

Mari Mengenal Macam Macam Printer, Bisa Dijadikan Referensi
7 March 2023

Sebenarnya ada banyak macam macam printer yang paling umum digunakan orang-orang serta terbilang berkualitas. Dari beberapa macam printer ini tentunya... selengkapnya

Simak 12 Jenis CCTV Sesuai Kebutuhan Pengintaian Berkualitas
5 March 2023

Ketika ingin memberikan keamanan pada ruangan atau bangunan beberapa orang akan mengandalkan produk yang bisa membantu pengintaian.  Salah satunya adalah... selengkapnya

Memilih Komputer yang Baik dengan Piranti Komputer Terbaik
25 February 2023

Saat telah memutuskan untuk membeli sebuah komputer, terdapat beberapa hal yang layak untuk menjadi pertimbangan. Memilih komputer yang baik bisa... selengkapnya

Kisaran Harga Hardware Toko Komputer Surabaya Terlengkap
20 November 2019

Komputer merupakan peralatan yang memudahkan sebuah pekerjaan. Setiap pekerjaan pastinya memiliki campur tangan komputer. Salah satu komponen komputer yang memiliki... selengkapnya

Terapkan 6 Tips Memilih Processor Ini Supaya Tidak Salah Beli
17 March 2023

Ada beberapa tips memilih processor laptop yang perlu kamu perhatikan supaya nantinya tidak salah membelinya. Sebab, dalam memilih perangkat processor... selengkapnya

Keunggulan RAM DDR5 Dibandingkan dengan RAM DDR4
16 June 2024

DDR5 merupakan generasi RAM terbaru yang telah diperkenalkan ke pasaran setelah melalui proses penelitian dan pengembangan yang cukup panjang. Para... selengkapnya

Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Ketika Hendak Membuka Bisnis Distributor Komputer
5 November 2022

Perkembangan teknologi membuka cabang bisnis baru. Peralatan-peralatan komputer menjadi komoditas bisnis yang cukup menjanjikan untuk ditekuni dengan profesinya sebagai distributor... selengkapnya

Kelebihan Epson L3210 Scanner, Lebih Irit dan Multifungsi
21 February 2023

Epson L3210 scanner bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari printer baru untuk kebutuhan mencetak berbagai dokumen. Ketika hendak... selengkapnya

Kelebihan PC Dengan Processor Core i3 Murah
9 November 2022

PC core i3 murah – Pada saat Anda ingin membeli sebuah PC, jangan lupa memilih yang menggunakan processor core i3... selengkapnya

Cara Mudah Memperbaiki Komputer Tidak Mau Masuk BIOS

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: