Beranda » Blog » Pengertian Router Wifi, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pengertian Router Wifi, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Diposting pada 4 May 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 98 kali

Router WiFi adalah perangkat yang tidak terpisahkan dari jaringan internet. Adanya router memungkinkan beberapa perangkat bisa terkoneksi ke internet.

Di kantor, kafe, atau rumah sekalipun, penggunaan router sudah jadi hal yang umum. Hal ini mengingat banyaknya perangkat yang membutuhkan koneksi, seperti smartphone, tablet, laptop, atau PC sehingga bisa beroperasi dengan lancar.

Untuk tahu apa saja fungsi router dan bagaimana cara kerjanya, simak penjelasan berikut.

Router Wifi

blibli.com

Pengertian Router WiFi dan Fungsinya

Router adalah sebuah alat yang bisa mentransmisikan atau mengirimkan paket data dari jaringan internet ke perangkat-perangkat yang membutuhkan. Dalam kinerjanya, proses mentransmisikan paket data itu disebut routing.

Dengan adanya router, beberapa perangkat bisa terhubung pada sumber internet yang sama. Di samping itu, router juga mempunyai peran dalam mengatur lalu lintas antar jaringan. Caranya yakni dengan melanjutkan paket data ke IP yang dituju.

Fungsi Router WiFi

Selain dua tugas utama di atas, router masih mempunyai fungsi lain. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan fungsi router di bawah ini.

1. Memencarkan Sinyal WiFi

Adapun tugas router pertama adalah mengubah sinyal yang bersumber dari modem menjadi sinyal radio WiFi. Nantinya, router akan bekerja dengan menyebarkan akses internet ke seluruh area ruangan sehingga perangkat bisa mengakses internet lewat sinyal nirkabel WiFi.

2. Mengoneksikan Perangkat ke Internet

Menyambungkan perangkat ke jaringan internet merupakan fungsi mendasar dari router. Router bisa mengirimkan paket data ke tiap-tiap gadget atau perangkat.

Untuk perangkat yang bisa menerima koneksi data lewat router ini sudah banyak. Misalnya handphone, laptop, komputer, hingga smart tv.

3. Menyambungkan Jaringan ke DSL

Fungsi lain dari router WiFi adalah untuk menyambungkan jaringan lokal ke koneksi Digital Subscriber Line (DSL). Umumnya DSL router ini juga berperan sebagai firewall yang akan memproteksi data pengguna serta meningkatkan keamanan siber sehingga jaringan lebih aman.

4. Mengoneksikan Beberapa Perangkat

Router bisa mengirimkan paket data dari satu jaring menuju jaringan lain. Bekerja seperti bridge, sehingga memungkinkan perangkat yang tersambung bisa saling komunikasi.

Cara Kerja Router

Router WiFi bekerja dengan proses yang terbilang sederhana. Router sendiri terbagi menjadi lima bagian yakni, network interface controller, bridge, hub, switch, dan repeater.

Nantinya, router bertindak seperti petugas yang mengarahkan jaringan  data memakai paket berisi beragam jenis data. Router akan menentukan beberapa data untuk diprioritaskan sebelum proses pengiriman sinyal.

Selanjutnya, router akan membantu menyebarkan data tersebut dengan memilih rute terbaik. Di dalam prosesnya ini, tabel routing menjadi alat untuk mempermudah router dalam mencari jalur yang efisien.

Perbedaan Router dan Modem

Kerap dianggap sama, router dan modem punya perbedaan yang cukup signifikan. Jika modem hanya bertindak sebagai penghubung jaringan ke internet, maka router menjadi pengelola aliran data di dalam jaringan.

Modem hanya bisa disambungkan pada satu perangkat, sementara router bisa mentransmisikan sinyal dari modem supaya bisa tersambung ke banyak perangkat.

Umumnya ada 2 jenis router. Pertama, router nirkabel yang mengandalkan antena untuk menyebarkan sinyalnya. Kedua ada router kabel yang menggunakan kabel supaya bisa terhubung ke satu atau lebih perangkat dalam jaringan.

Untuk kedua jenis router ini sudah banyak tersedia di toko komputer. Salah satunya yakni di AIPEL COMPUTER. AIPEL COMPUTER merupakan grosir komputer yang menyediakan printilan komputer dengan kualitas prima.

Bukan hanya harga komputer yang murah, di AIPEL COMPUTER juga tersedia router WiFi dengan harga bersaing. Di AIPEL COMPUTER ini, dijamin kebutuhan seputar komputer Anda terpenuhi.

Bagikan ke

Pengertian Router Wifi, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Mengenal Komponen Perangkat Lunak Komputer dengan Benar
23 April 2024

Perangkat lunak komputer memiliki fungsi penting bagi kinerja sebuah teknologi. Bahkan, peningkatan efisiensi kinerja komputer melalui software ini sangatlah berpengaruh.... selengkapnya

Cara Menggunakan Kabel Laptop ke Proyektor dengan Mudah
7 May 2024

Kabel laptop ke proyektor sangat dibutuhkan. Dengan kabel ini, laptop bisa terhubung ke proyektor dengan layar yang lebih besar. Biasanya,... selengkapnya

Perhatikan Hal Ini Ketika Membeli Komputer Di Grosir Computer
17 October 2022

Komputer sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib di masa yang serba teknologi seperti saat ini. Itulah mengapa Anda tidak boleh sembarangan... selengkapnya

Pengertian Router Wifi, Fungsi, dan Cara Kerjanya
4 May 2024

Router WiFi adalah perangkat yang tidak terpisahkan dari jaringan internet. Adanya router memungkinkan beberapa perangkat bisa terkoneksi ke internet. Di... selengkapnya

Ternyata Ini Fungsi Konektor RJ 45 pada Jaringan Komputer
30 January 2023

Fungsi konektor RJ 45 penting untuk Anda ketahui. Bagi yang sering berkutat dengan perangkat komputer, tentu sudah tidak asing lagi... selengkapnya

Cara Merawat Monitor Komputer Agar Tidak Mudah Rusak
29 March 2024

Merawat monitor komputer menjadi hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh semua pemilik dan pengguna komputer. Sebab,... selengkapnya

Tips Belanja Di Distributor Perangkat Komputer Lebih Puas Dan Menguntungkan
2 November 2022

Pada umumnya, distributor perangkat komputer profesional menyediakan bermacam produk untuk memenuhi kebutuhan setiap konsumennya. Sebut saja mulai dari hardware hingga... selengkapnya

Kabel Power CPU dengan Fungsinya yang Sangat Penting
16 March 2023

Kabel power CPU menjadi salah satu alat penting untuk menghubungkan perangkat komputer yang harus selalu ada. Tentunya kabel CPU sudah... selengkapnya

Temukan Harga Grosir Komputer Untuk Usaha Toko Komputer
25 October 2022

Sekarang ini teknologi informasi berkembang pesat dan canggih selaras dengan kebutuhan masyarakat akan perlengkapan digital yang meningkat tajam. Tak heran... selengkapnya

Pilih Pusat Grosir Aksesoris Laptop Berkualitas
25 October 2022

Sudah banyak supplier ataupun grosir aksesoris laptop yang bisa anda temukan. Meningkatkan jumlah grosir aksesoris untuk komputer tersebut seiring dengan... selengkapnya

Pengertian Router Wifi, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: