Beranda » Blog » Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi, dan Jenisnya

Diposting pada 30 May 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 56 kali

Sistem operasi komputer merupakan bagian penting supaya pengguna bisa menjalankan atau mengoperasikan komputer. Bagi orang yang kerap bekerja dengan komputer, mungkin sudah kerap bersinggungan dengan sistem operasi ini.

Namun sebenarnya apa itu sistem operasi dan fungsinya dalam kinerja komputer?

Sistem Operasi Komputer

pexels.com

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Operating system (OS) atau sistem operasi adalah perangkat lunak yang merupakan jantung sebuah perangkat dan dibutuhkan untuk menjalankan serta mengelola perangkat komputer. Sistem operasi ini bekerja untuk menyambungkan software dan hardware yang terdapat dalam perangkat.

Tugas operating system adalah mediator antara brainware (manusia) dengan komputer. Sistem inilah yang akan memberikan perintah sehingga kinerja komputer bisa berfungsi dengan baik.

Di saat akan menjalankan perangkat komputer, sistem operasi ini menjadi hal paling mendasar yang harus ada.

Fungsi Sistem Operasi

Begitu penting keberadaanya di dalam perangkat, ternyata sistem operasi komputer ini mempunyai fungsi yang bisa mempermudah user menggunakan komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari operating system yang bisa Anda pelajari.

  1. Menyiapkan Program Software

Fungsi sistem operasi yang pertama adalah untuk mempersiapkan program perangkat lunak di dalam perangkat. Dengan begitu, software bisa terhubung langsung ke perangkat kerasnya secara konsisten dan stabil.

  1. Manajemen Sumber Daya

Selain mempersiapkan program software, operating system mempunyai andil dalam mengelola sumber daya yang berkaitan dengan aplikasi maupun perangkat lunak yang tengah dijalankan.

  1. Menampilkan Antarmuka Pengguna (User Interface)

Merupakan fungsi yang memungkinkan user untuk memasukkan sekaligus menerima informasi seperti kode, perintah ketik, maupun perintah lain di komputer.

  1. Keamanan Data

Salah satu fitur yang dibawa sistem operasi komputer adalah menjaga keamanan program dan data pengguna di dalam perangkat.

  1. Melakukan Pengelolaan Data

Tidak hanya menjaga keamanan data, operating system juga berfungsi untuk melakukan pengelolaan data komputer. Pengelolaan data meliputi kontrol terhadap data input dan output.

  1. Melakukan Pengelolaan Proses

Adanya operating system yang tersemat dalam komputer adalah untuk menyebarkan sumber daya ke seluruh proses yang dilakukan komputer. Selain itu, sistem ini juga memmungkikan untuk berbagi dan menyinkronkan data maupun informasi.

  1. Melakukan Kontrol Perangkat

Sistem operasi juga memungkinkan pengguna untuk membuka atau menutup akses perangkat. Sebut saja seperti CD/DVD, USB, atau perangkat transfer data lainnya yang bisa Anda beli di gerai dan grosir komputer.

Jenis Operasi Sistem

Berikut adalah jenis operating system yang kerap digunakan oleh perangkat komputer di dunia.

  1. Linux

Pertama kali dikenalkan oleh programmer, Linus Torvalds tahun 1991. Jenis OS ini bersifat open source yang bisa pengguna modifikasi dan didistribusikan secara gratis. Linux juga dikenal sebagai sistem operasi yang kebal virus.

  1. Macintosh (macOS)

Merupakan OS yang perusahaan Apple kembangkan. Operating system ini hanya diproduksi untuk perangkat komputer Apple saja.

  1. Windows

Windows adalah sistem komputer paling populer yang hadir sejak tahun 1981. Jika Anda mengunjungi toko komputer, Anda akan menemukan lebih banyak perangkat yang menggunakan OS satu ini.

Windows selalu mengadakan pembaruan versi seperti Windows 95, Windows Vista, hingga versi paling anyar yakni Windows 11 yang dirilis pada tahun 2021.

Banyak pengguna yang memilih operating system Windows karena kompatibel dengan banyak software maupun aplikasi. Namun tentu saja semakin bagus Windowsnya, harga komputer akan turut mengalami kenaikan sesuai fitur yang dibawa.

Selain ketiga di atas masih ada jenis OS komputer seperti Microsoft DOS, Unix, dan Amiga. Semua sistem operasi komputer di atas mempunyai fitur dan kelebihan masing-masing.

Bagikan ke

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi, dan Jenisnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Ingin Beli PC Rakitan di Toko Komputer? Ketahui Beberapa Hal Ini!
23 September 2022

Beberapa tips membeli PC rakitan di toko komputer ini mungkin akan membantu Anda saat hendak membeli sebuah komputer. Ya, teknologi... selengkapnya

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Agar Lebih Menarik
8 May 2024

Cara menyalakan lampu keyboard laptop akan sangat bermanfaat. Lampu pada keyboard laptop akan menambah kesan unik dan menarik pada perangkat.... selengkapnya

4 Tinta Epson L121 untuk Cetakan Akurat, Cepat, dan Berkualitas
15 March 2023

Epson L121 merupakan salah satu printer yang banyak digunakan. Printer ini memberikan hasil cetak yang cepat, banyak, dan berkualitas. Supaya... selengkapnya

Tips Menggunakan Mouse Logitech Wireless yang Benar Agar Awet
26 May 2024

Mouse Logitech wireless telah menjadi favorit bagi banyak pengguna komputer. Brand ini telah meraih ketenaran yang luas di kalangan konsumen,... selengkapnya

Cara Kerja Hard Disk Laptop, Salah Satu Komponen Penting di Perangkat
8 March 2023

Hard disk laptop merupakan salah satu komponen penting dalam laptop. Bagi yang sudah sering menggunakan komputer atau laptop pasti sudah... selengkapnya

Apa Itu Stavolt, Coba Kenali Fungsinya Dulu Sebelum Beli
4 February 2023

Apa itu stavolt memang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membeli. Fungsi stabilizer atau stavolt perlu diketahui, apalagi bagi yang berkecimpung... selengkapnya

Hardisk Komputer Rusak, Kenali Ciri-Ciri dan Tips Mereparasinya
18 April 2024

Hardisk komputer rusak wajib menjadi perhatian penting bagi pengguna komputer. Komponen utama ini, berfungsi sebagai media penyimpanan utama seluruh data... selengkapnya

Pilih Pusat Grosir Aksesoris Laptop Berkualitas
25 October 2022

Sudah banyak supplier ataupun grosir aksesoris laptop yang bisa anda temukan. Meningkatkan jumlah grosir aksesoris untuk komputer tersebut seiring dengan... selengkapnya

Fungsi dan Cara Kerja Switch Komputer Sebagai Penghubung Perangkat
28 February 2023

Switch komputer menjadi barang yang berguna dalam kebutuhan perangkat komputer. Perangkat komputer tidak bisa lepas dari berbagai komponen yang mendukung.... selengkapnya

Memilih Komputer yang Baik dengan Piranti Komputer Terbaik
25 February 2023

Saat telah memutuskan untuk membeli sebuah komputer, terdapat beberapa hal yang layak untuk menjadi pertimbangan. Memilih komputer yang baik bisa... selengkapnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Fungsi, dan Jenisnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: