Beranda » Blog » WiFi Laptop Sering Putus, Penyebab dan Cara Mengatasinya

WiFi Laptop Sering Putus, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada 23 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 53 kali / Kategori:

Saat browsing internet menggunakan WiFi laptop dan tiba-tiba mati sendiri, tentu akan memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan. WiFi laptop sering putus atau hilang secara tiba-tiba membuat aktivitas browsing terganggu. Sebenarnya masalah seperti ini sudah umum terjadi. Namun jika mengalami kendala seperti itu, bagaimana cara mengatasinya?

WiFi Laptop Sering Putus, Penyebab dan Cara Mengatasinya

pexels.com

Penyebab WiFi Laptop Sering Putus

Jaringan internet untuk para pekerja digital kreatif tentu sangat penting. Meskipun performa internet kencang, namun percuma jika WiFi pada perangkat sering terputus. Simak penjelasan berikut terkait beberapa penyebabnya.

1. Gangguan Router

Router yang mengalami masalah biasanya akan turun performanya. Ini terjadi ketika terjadi kerusakan perangkat fisik, firmware sudah kadaluarsa hingga salah konfigurasi.

2. Gangguan Jaringan ISP

WiFi laptop sering putus yang menjadi salah satu penyebabnya adalah terjadinya gangguan dari penyedia internet. Bisa jadi provider sedang rutin melakukan maintenance. Sehingga pada server pusat terjadi kendala, terkena hack, dan banyak penyebab lainnya.

3. Interferensi Sinyal

Penyebab berikutnya adalah beberapa faktor seperti terdapat penghalang fisik sebagai contoh microwave, peralatan rumah tangga elektronik atau telepon nirkabel. Selain itu, terdapat jarak dengan router.

4. Pengguna Terlalu Banyak

Dalam satu waktu, koneksi jaringan WiFi banyak perangkat yang menggunakan secara bersamaan. Sehingga signal jaringan WiFi ini lemah dan koneksi tidak stabil.

Sinyal WiFi yang lemah juga menjadi penyebab sering terputus. Maka dari itu, cek sinyal di bagian pojok kanan bawah. Jika sedikit signal, berarti terlalu jauh modem WiFi, sehingga perlu mendekatkannya.

Cara Mengatasi WiFi Laptop Sering Terputus

Jika Anda terus mengalami masalah WiFi putus nyambung maka ketahui beberapa solusi berikut ini.

1. Restart Laptop dan Router

Untuk mengatasi WiFi yang sering terputus, maka restart laptop dan router. Langkahnya adalah dengan matikan dan nyalakan kembali laptop.

Apabila perangkat mempunyai tombol power khusus untuk WiFi, maka matikan dan hidupkan kembali switch tersebut. Cara lainnya adalah dengan tekan ikon sinyal WiFi di pojok kanan bawah taskbar.

Klik Airplane Mode agar Mode Penerbangan aktif. Setelah itu, tekan dan matikan Airplane Mode sekali lagi. Bila perlu, Anda bisa merestart laptop kembali.

Sementara itu, untuk router dengan melepas pasang kabel daya. Bisa pula dengan menggunakan tombol restart yang tersedia.

2. Update Driver WiFi

Driver WiFi yang corrupted menjadi penyebab kerap terputusnya WiFi pada laptop. Untuk memperbaikinya dengan menekan tombol Windows + R, masukkan script “devmgmt.msc” dan tekan Enter.

Klik kanan pada menu WiFi Adapter dan pilih Update Driver. Sebelum klik OK, pilih otomatis update.

3. Mematikan Penghemat Daya WiFi

Pada umumnya adaptor WiFi yang terdapat pada laptop telah dibekali fitur power saving atau penghemat daya. Jika tidak menggunakan WiFi maka fitur ini akan menyala. Sehingga pemakaian daya menggunakan adaptor WiFi bisa diminimalisir. Ini tentu sangat menguntungkan karena baterai lebih tahan lama. Apabila terdeteksi sinyal WiFi naik turun, maka bisa mematikan power saving ini.

4. Troubleshoot WiFi Laptop

Cara berikutnya adalah dengan menjalankan fungsi troubleshoot WiFi. Perlu diketahui, troubleshoot merupakan fitur pada OS Windows untuk melakukan atau menemukan perbaikan error yang terjadi. Termasuk untuk koneksi jaringan WiFi.

Untuk mematikan WiFi power saving dengan klik tombol Win + X > Device Manager > Pilih kategori Network Adapters. Kemudian pilih perangkat adaptor WiFi dan klik kanan, Pilih opsi Properties.

Selanjutnya buka tab Power Management dan pilih Allow the computer to turn off this device to save power dengan klik untuk menghilangkan tanda centang. Klik OK dan restart bila diperlukan.

Dengan kehadiran router dan repeater, Anda dan pengguna WiFi di rumah dapat menikmati pengalaman internet yang lancar dan tanpa kendala. Kedua perangkat ini tersedia di berbagai toko atau grosir komputer.

AIPEL COMPUTER adalah salah satu toko komputer yang menyediakan berbagai perlengkapan komputer dan WiFi, termasuk router dan repeater. Harga komputer di AIPEL COMPUTER sangat terjangkau, begitu juga dengan perlengkapan lainnya.

Jika Anda mencari cara untuk mempercepat jaringan WiFi, pertimbangkan untuk membeli router dan repeater di AIPEL COMPUTER. Dijamin, produk yang tersedia berkualitas prima, dengan harga yang kompetitif dan pelayanan yang memuaskan.

Jadi, gangguan sinyal pada laptop dan router hingga permasalahan eksternal dapat menjadi penyebab WiFi sering putus. Faktor lainnya adalah kredibilitas ISP dan jaringan internet. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka bisa mencoba cara di atas satu per satu untuk mengatasi masalah.

Tags: , ,

Bagikan ke

WiFi Laptop Sering Putus, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Tips Cari Komputer Murah Untuk Pemula
8 November 2022

Saat kita memutuskan untuk cari komputer murah, ada beberapa hal yang harus dijadikan  pertimbangan untuk mengantisipasi supaya terhindar dari kesalahan... selengkapnya

Cara Kerja Router Wireless, Dapatkan di Toko Konputer!
5 October 2022

Toko komputer adalah tempat yang paling tepat untuk mencari berbagai perlengkapan dan aksesoris komputer. Tidak hanya itu, mereka juga bisa... selengkapnya

Pengertian Kabel LAN Lengkap dengan Jenis-jenisnya
9 March 2023

Saat ini ada berbagai jenis kabel di grosir komputer dengan fungsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Adapun salah satunya yaitu kabel... selengkapnya

Manfaat Casing CPU dan Tips Memilihnya yang Paling Tepat
19 June 2024

Casing CPU merupakan salah satu komponen komputer yang sangat penting karena memiliki banyak manfaat atau fungsi. Namun tidak sedikit pengguna... selengkapnya

Mengetahui Spesifikasi dan Harga Komputer untuk Editing Video!
23 September 2022

Buat Anda yang membutuhkan komputer untuk kebutuhan editing video, maka Anda harus tahu terlebih dulu tentang spesifikasi dan harga komputer... selengkapnya

Mengetahui Lebih Jelas Kelengkapan Toko Komputer Surabaya
20 November 2019

Saat ini hampir semua orang menggunakan komputer untuk kegiatan sehari-hari. Entah itu pelajar, mahasiswa, atau untuk bekerja. Meski demikian, tidak... selengkapnya

Berbagai Keunggulan dari Router TP-Link SIM Card TL-MR6400
4 March 2023

TP-Link SIM card seri TL-MR6400 ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang membutuhkan internet portabel tetapi tidak ingin... selengkapnya

Mengenal Lebih Dekat Pengertian dan Fungsi HDMI Splitter
26 April 2024

HDMI splitter termasuk perangkat yang penting. Hanya saja, tak sedikit orang yang masih belum mengenalnya secara lebih mendalam. Untuk itu,... selengkapnya

Cara memasang Pelindung Layar Laptop dengan Rapi
11 September 2024

Cara memasang pelindung layar laptop atau screen protector sebenarnya cukup mudah. Sehingga Anda bisa mencobanya sendiri tanpa harus meminta bantuan... selengkapnya

Tips Belanja Di Distributor Perangkat Komputer Lebih Puas Dan Menguntungkan
2 November 2022

Pada umumnya, distributor perangkat komputer profesional menyediakan bermacam produk untuk memenuhi kebutuhan setiap konsumennya. Sebut saja mulai dari hardware hingga... selengkapnya

WiFi Laptop Sering Putus, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: