Beranda » Blog » Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

Diposting pada 19 April 2024 oleh BANG YOK / Dilihat: 115 kali

Fungsi LAN card curi perhatian siapa saja, terlebih lagi bagi pengguna komputer. Hal ini karena LAN card termasuk salah satu komponen komputer yang peranannya cukup penting. Langsung saja, berikut uraian selengkapnya.

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

study.com

Fungsi LAN Card di Komputer

LAN card juga terkenal dengan sebutan Network Interface Card (NIC). Selain itu, banyak pula yang menyebutnya sebagai kartu jaringan.

Dalam hal ini, LAN card memiliki fungsi penting tersendiri. Adapun fungsi utamanya ialah untuk menyambungkan perangkat komputer ke jaringan. Baik itu jaringan internet maupun jaringan lokal (Local Area Network) antar komputer.

Dengan fungsi tersebut, komponen yang biasanya ada di toko komputer ini memang jadi kunci penghubung komputer dan struktur fisik jaringan. Misalnya saja Wi-Fi dan kabel ethernet.

Di sisi lain, komponen ini juga memiliki fungsi khusus dalam mengatur data dari jaringan. Berkat peran tersebut, komputer bisa memahami instruksi penggunanya dengan baik.

Tak berhenti di situ saja, rupanya LAN card juga mampu menjamin keamanan jaringan. Hal ini karena di dalamnya sudah ada fitur tambahan.

Adanya fitur tersebut juga membantu kartu LAN untuk memanajemen kualitas layanan sekaligus mengatur jaringan lanjutan. Pengguna komputer pun bisa merasakan manfaat yang lebih maksimal berkat adanya LAN card.

Seiring berjalannya waktu, teknologi yang tersemat pada LAN card tentu kian canggih. Hal ini membuatnya mampu memiliki peranan penting lain.

Fungsi lain tersebut ialah menyediakan kemampuan transfer data secara cepat. Meski cepat, namun LAN card ini tetap hemat energi.

Dengan fungsi-fungsi ini, terlihat jelas bahwa LAN card jadi andalan untuk menunjang komunikasi lewat perangkat dan jaringan. Komunikasi pun bisa berjalan lancar dan efektif.

Komponen LAN Card

Grosir komputer berkualitas pastinya menyediakan LAN card dengan jaminan mutu baik. LAN card yang terjaga kualitasnya biasanya terdiri dari beberapa komponen. Adapun komponen-komponen LAN card ialah sebagai berikut.

Router

Salah satu komponennya ialah router. Dengan adanya router, maka LAN card bisa tersambung ke jaringan secara mudah dan cepat.

Mac Address

Komponen lainnya yang juga ada di LAN card yakni mac address. Komponen ini sangatlah unik sehingga tak bisa diubah begitu saja.

Untuk perannya, mac address berfungsi sebagai identitas komputer. Berkat adanya mac address, maka jaringan bisa mengenalinya secara mudah. Alhasil, keduanya bisa menjalin komunikasi sebagaimana mestinya.

Connectivity LED

Terlihat jelas bahwa LAN card seringkali berbekal lampu indikator LED. Lampu tersebut sudah terintegrasi secara langsung ke dalam konektor.

Mengenai fungsinya, lampu LED ini berperan dalam memberitahu pengguna soal kondisi jaringan. Misalnya saja ketika jaringannya sudah terhubung atau data ditransmisikan ke komputer.

Kecepatan Transmisi Data

Di dalam LAN card juga ada kecepatan transmisi data. Sebagaimana yang kita tahu bahwa LAN card memang membawa tingkat kecepatan transmisi data yang berbeda-beda. Tingkat kecepatan ini bisa memperlihatkan kinerja LAN card ketika terhubung dalam jaringan.

Pentingnya LAN Card Komputer

Dari fungsi hingga komponennya, tampak jelas bahwa LAN card memang sangat penting. Tanpa adanya LAN card, kinerja ponsel jadi tidak optimal.

Oleh karena itu, gunakan LAN card yang benar-benar berkualitas. Jangan sampai menggunakan LAN card tidak berkualitas padahal harga komputer cukup tinggi sehingga terasa tak optimal.

Sebagai pengguna komputer, pastikan memahaminya apa saja fungsi LAN card. Dengan memahami fungsinya, tentu bisa memanfaatkan sekaligus memberikan kemudahan ketika memilih LAN card berkualitas.

Bagikan ke

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.
Aksesoris Pendukung di Pusat Grosir Komputer Ini Wajib Anda Miliki!
19 September 2022

Pusat grosir komputer adalah tempat yang tepat untuk Anda membeli berbagai macam aksesoris. Selain karena lebih banyak pilihan, harga yang... selengkapnya

Cara Beli Hardware PC Di Toko Komputer Terdekat 24 Jam
13 October 2022

Mending rakit PC. Kata-kata tersebut sering terdengar di forum diskusi komputer ketika sedang membicarakan mana yang lebih cocok, membeli komputer... selengkapnya

3 Tips & Saran Bisnis Dari Komputer Grosir Hardware Komputer
6 November 2022

Grosir Hardware Komputer bisa Anda incar untuk mendapatkan aneka produk yang bisa dijual kembali buat Anda yang ingin membuka bisnis... selengkapnya

Kelebihan TP-Link Archer C54, Ternyata Mempunyai Kemampuan Unik
17 March 2023

TP-Link Archer C54 ini dinilai menjadi salah satu router yang mempunyai banyak kelebihan dan juga banyak diminati orang-orang. Pasalnya, jenis... selengkapnya

Toko Hardware Komputer Surabaya Terlengkap dan Terpercaya
22 November 2019

Komputer mempunyai berbagai komponen yang bekerja bersama untuk mengolah informasi mentah menjadi informasi baru yang lebih mudah dimengerti manusia. Bila... selengkapnya

Memilih Komputer yang Baik dengan Piranti Komputer Terbaik
25 February 2023

Saat telah memutuskan untuk membeli sebuah komputer, terdapat beberapa hal yang layak untuk menjadi pertimbangan. Memilih komputer yang baik bisa... selengkapnya

Manfaat dan Cara Kerja Baterai UPS pada Komputer
4 April 2024

Baterai UPS atau Uninterruptible Power Supply, juga dikenal sebagai Suplai Daya Bebas Gangguan. Alat ini merupakan perangkat yang umumnya menggunakan... selengkapnya

Fungsi dan Manfaat Penting Menggunakan Mouse Pad Bantal
17 February 2023

Mouse pad bantal merupakan salah satu aksesoris komputer dan laptop yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Bahkan... selengkapnya

Router TP Link Antena, Ketahui Cara Setting yang Tepat
17 March 2023

TP Link antena merupakan salah satu pilihan router yang kualitasnya bisa bisa diandalkan. Ya, jika Anda ingin memasang router di... selengkapnya

Cara Menggunakan Komputer yang Tepat untuk Pemula
28 April 2024

Cara menggunakan komputer yang tepat menjadi penting diketahui, terutama untuk para pemula. Sebagian orang awam beranggapan bahwa memulai untuk belajar... selengkapnya

Fungsi LAN Card, Komponen Penting di Komputer

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: