Beranda » Blog » Hard Disk Komputer, Komponen, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Hard Disk Komputer, Komponen, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Diposting pada 6 February 2023 oleh BANG YOK / Dilihat: 523 kali

Hard disk merupakan hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data pada sebuah komputer maupun laptop. Setiap komputer telah dibekali dengan hardware satu ini.

Namun, Anda bisa mengganti hardware tersebut dengan yang baru bila terjadi kerusakan. Untuk mendapatkan hard disk yang sesuai, Anda bisa datang ke toko komputer.

Hard Disk Komputer

pexels.com

Mengenal Hard Disk Komputer

Hard disk terdiri dari berbagai macam komponen. Seperti platter, read atau write head, hingga read atau write actuator arm.

Selain itu, hard disk ini memiliki fungsi dan jenis yang beragam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasinya.

Fungsi Hard Disk

Berikut ini adalah beberapa fungsi hard disk yang bisa kamu ketahui.

1. Menyimpan Berbagai Macam Data Software

Hard disk berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data perangkat lunak. Penyimpanan data melalui software ini, memungkinkan Anda untuk menjalankan software tersebut melalui perangkat komputer.

2. Sebagai Penyimpanan Database

Hard disk komputer berperan penting sebagai penyimpanan database. Database sendiri merupakan salah satu elemen paling penting yang terdapat pada sistem komputer.

Database ini berfungsi untuk membantu sebuah program maupun aplikasi dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Umumnya, database tersimpan dalam hard disk.

Hal ini dapat memudahkan akses dari berbagai macam Client yang ingin mengaksesnya. Hard disk yang berperan sebagai server, ada baiknya memiliki kapasitas yang tinggi, sehingga tidak akan timbul masalah ketika pengambilan data.

3. Backup Data

Fungsi hard disk yang tak kalah penting yakni untuk backup data. Biasanya, pengguna akan memanfaatkan hard disk sebagai sarana backup data website maupun file komputer.

Hard disk yang cocok sebagai backup data karena memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Biasanya, ketika komputer mengalami kerusakan, file yang tersimpan dalam hard disk akan tetap aman dan bisa Anda akses.

Selain itu, hard disk memiliki jenis eksternal yang portable, sehingga Anda dapat menyimpan data dari perangkat komputer yang berbeda.

4. Menyimpan Berbagai Data dari OS

Hard disk komputer dapat menyimpan berbagai macam data dari OS (Operating System). Bahkan, OS yang biasa digunakan pada komputer umumnya yakni Windows.

Entah itu, Windows maupun OS lainnya, tentunya membutuhkan hard disk supaya bisa mengakses dan mengoperasikan komputer. Karena inilah, hard disk juga berfungsi untuk menginstal OS.

Jenis-Jenis Hard Disk

Hard disk terdiri dari berbagai jenis. Setidaknya, ada empat jenis hard disk yang bisa Anda gunakan. Berikut ini adalah pemaparannya.

1. Hard Disk SATA atau Serial Advanced Technology Attachment

SATA merupakan jenis hard disk yang mempunyai bentuk yang lebih ramping bila Anda bandingkan dengan jenis hard disk lainnya. Hard disk ini pertama kali meluncur pada tahun 2002 lalu.

2. Hard Disk ATA (Advanced Technology Attachment)

ATA merupakan hard disk komputer yang menggunakan 16 bit parallel dengan dukungan kecepatan transfer. Hard disk ini pertama kali diciptakan pada tahun 1986.

3. Hard Disk SCSI (Small Computer System Interface)

SCSI merupakan jenis hard disk yang cukup modern dan kompatibel. Hampir seluruh perangkat komputer menggunakan hard disk ini.

4. Disk IDE (Integrated Drive Electronic)

Disk IDE merupakan salah jenis hard disk standar interface antara bus data motherboard dengan disk storage.

Itulah tadi informasi seputar hard disk komputer, mulai dari pengertian, komponen, fungsi, dan jenisnya. Untuk mendapatkan hard disk sesuai dengan kebutuhan Anda, silahkan untuk mengunjungi swalayankomputer.com, grosir komputer dengan konsep swalayan yang menawarkan produk lengkap dan harga terjangkau.

Bagikan ke

Hard Disk Komputer, Komponen, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Harga USB Hub Surabaya Sangat Terjangkau dan Lengkap
19 November 2019

USB Hub merupakan salah satu perangkat yang digunakan sebagai perantara. Perantara ini diperlukan untuk menghubungkan antara perangkat eksternal dengan komputer.... selengkapnya

3 Keuntungan Ini Hanya Bisa Anda Dapatkan Ketika Bisnis Grosir Peralatan Komputer
22 October 2022

Di era yang serba canggih seperti saat ini menjadi salah satu pembuka peluang bisnis dalam berbagai macam bidang. Salah satunya... selengkapnya

Mengenal Tentang Komputer Desktop dan Tips Perawatannya
1 May 2024

Komputer telah menjadi alat penting yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Perangkat ini berfungsi untuk membuat dokumen, presentasi, hingga memfasilitasi... selengkapnya

Pahami Definisi BNC Connector dan Jenis-jenisnya
27 February 2023

BNC Connector memiliki banyak jenisnya. Konektor adalah sebuah alat yang berguna untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan kabel. Penggunaan konektor ini... selengkapnya

Memanfaatkan Grosir Sparepart Komputer Untuk Mencari Motherboard Gaming
19 October 2022

Salah satu produk yang bisa diperoleh dari toko grosir sparepart komputer adalah motherboard. Komponen ini merupakan salah satu komponen utama... selengkapnya

Perangkat Output Komputer dan Cara Tepat Merawatnya
18 May 2024

Perangkat output komputer merupakan piranti keluaran yang memiliki fungsi untuk menampilkan data dari PC. Data tersebut dapat berupa teks, gambar,... selengkapnya

Mengenal Pengertian Komputer Mainframe, Fungsi hingga Contohnya
27 March 2024

Peran komputer dalam dunia modern sangatlah besar. Hampir semua aktivitas saat ini sangat bergantung pada teknologi ini. Berkembangnya inovasi telah... selengkapnya

Cara Merecord di Laptop Sukses Dalam Hitungan Menit
2 June 2024

Cara merecord di laptop terbilang mudah dan tidak ribet. Pasalnya, pengguna perangkat bisa melakukannya tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan apapun.... selengkapnya

Inilah Keunggulan UPS Prolink, Tak Heran Jika Banyak Dicari
10 March 2023

Perlu kamu ketahui, UPS Prolink ini menjadi sebuah produk yang cukup populer dan dinilai mempunyai banyak keunggulan. Sehingga, tak heran... selengkapnya

Mengenal Komponen Bernama Switcher VGA, Kenali Sebelum Membeli
5 March 2023

Switcher VGA merupakan komponen yang cukup penting pada sebuah perangkat komputer maupun laptop. Maka ketika terjadi kerusakan akan memberikan pengaruh... selengkapnya

Hard Disk Komputer, Komponen, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: