Beranda » Blog » Penyimpanan Laptop yang Benar, Perangkat Jadi Lebih Awet

Penyimpanan Laptop yang Benar, Perangkat Jadi Lebih Awet

Diposting pada 29 August 2024 oleh WRITER / Dilihat: 34 kali / Kategori:

Penyimpanan Laptop yang Benar, Perangkat Jadi Lebih Awet

Penyimpanan laptop yang benar perlu dipahami. Dengan cara penyimpanan yang tepat, maka perangkat laptop akan jauh lebih awet.

Harga komputer maupun laptop memang tidak murah. Itulah kenapa, menjaga perangkat ini dengan baik sangat penting, sehingga perangkat bisa bertahan lebih lama tanpa kerusakan.

Penyimpanan Laptop yang Benar

pixabay.com

Pahami Cara Penyimpanan Laptop yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Laptop adalah salah satu perangkat yang dibutuhkan banyak orang. Perangkat ini bisa menunjang pekerjaan di berbagai tempat.

Penggunaan laptop sangat membantu produktivitas belajar, pekerja lepas, hingga para pekerja kantoran. Sebab, laptop bisa dibawa kemana-mana dengan mudah.

Orang yang aktif dan fleksibel memang lebih cocok menggunakan laptop daripada komputer biasa. Bahkan, laptop juga bisa digunakan di kantor atau rumah pribadi.

Namun, terkadang seseorang tidak memahami bagaimana menyimpan laptop dengan baik. Cara penyimpanan ini sangat penting agar perangkat bisa tahan lama.

Perhatikan Kelembaban dan Suhu Ruang

Pertama, pengguna harus menjaga kelembaban serta suhu ruangan tempat penyimpanan. Laptop sebaiknya berada di lingkungan yang sesuai, uakni ruangan yang tidak terlalu lembab maupun panas.

Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan kondensasi air di dalam laptop dan ini tidak baik untuk komponennya. Sementara itu, suhu yang terlalu tinggi juga bisa merusak komponen elektronik.

Jadi, pilih tempat penyimpanan yang kering dan berikan ventilasi cukup. Hindari juga menggunakan laptop di tempat yang suhunya terlalu tinggi.

Membersihkan Laptop

Sebelum menyimpannya, pastikan laptop dalam keadaan bersih. Ini menjadi langkah penyimpanan laptop yang benar namun banyak orang lewatkan.

Pastikan bagian layar, keyboard dan lainnya sudah bersih. Pengguna bisa membersihkannya menggunakan kain lembut dan pembersih yang sesuai.

Dengan cara ini, penumpukan debu akan terhindar pada laptop. Debut dan kotoran pada laptop juga bisa merusak komponen di dalamnya jadi tidak bisa disepelekan.

Pastikan Jauh dari Makanan

Pengguna juga harus memastikan bahwa tempat penyimpanan laptop yang dibeli dari toko komputer jauh dari makanan maupun minuman. Jangan pernah dekatkan laptop dengan makanan.

Hal itu karena serpihan dari makanan bisa masuk ke celah keyboard. Serpihan makanan ini akan sulit keluar dan akhirnya bisa membuat fungsi keyboard terganggu.

Selain itu, serpihan makanan atau noda membuat laptop terlihat kotor. Itulah kenapa, menjauhkannya akan lebih baik.

Pastikan Sudah Mati dengan Benar

Penyimpanan laptop yang benar selanjutnya adalah pastikan sudah mati dengan benar. Pengguna harus memastikan bahwa laptop sudah mati ketika disimpan.

Cara mematikan laptop pun harus melalui Shutdown dan bukan Sleep atau Standby. Sebab, laptop yang terlalu sering dalam keadaan Sleep akan membuat hard disk mudah rusak.

Apabila sudah rusak, maka data di dalamnya ikut bermasalah. Itulah kenapa, hindari menyimpan laptop dalam keadaan Sleep terlalu lama.

Update dan Maintenance Rutin

Selalu perbarui sistem operasi dan software untuk memastikan laptop berfungsi optimal dan aman dari ancaman keamanan. Lakukan pembersihan internal secara berkala untuk menghilangkan debu yang bisa menghalangi kipas dan menyebabkan overheat.

Simpan di Tempat yang Aman

Terakhir, pengguna harus menyimpan laptop di tempat yang terjamin aman. Hal ini termasuk tempat yang akan membuat laptop terhindar dari risiko jatuh atau terinjak.

Jika memiliki meja kerja atau meja belajar, maka sebaiknya simpan laptop di atasnya. Hindari menyimpan laptop dekat dengan lantai karena bisa saja terinjak dan akhirnya rusak.

Hindari juga meletakkannya di tempat yang bisa menyebabkan deformasi fisik atau kerusakan lain. Pengguna juga bisa menyimpan di rak khusus untuk perangkat elektronik.

Aipel Computer tampaknya menjadi pilihan yang sangat baik jika Anda mencari produk komputer berkualitas dengan harga yang terjangkau. Dengan statusnya sebagai grosir terlengkap, Anda bisa mendapatkan berbagai produk teknologi tanpa harus mengeluarkan biaya besar. 

Apakah Anda sedang mencari komponen tertentu atau hanya ingin tahu lebih banyak tentang produk yang mereka tawarkan? Hubungi Aipel Computer sekarang!

Itulah berbagai cara penyimpanan laptop yang benar. Apabila komponen laptop bermasalah, maka bisa mendapatkannya di grosir komputer Aipel Computer. Semua barang di Aipel Computer terjamin keasliannya dan pastinya harga terjangkau.

Tags: ,

Bagikan ke

Penyimpanan Laptop yang Benar, Perangkat Jadi Lebih Awet

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

,
Mengelola Pesan dan Grup dengan Efisien di WhatsApp
1 June 2023

Mengelola Pesan dan Grup di WhatsApp   A. Organisasi dan Manajemen Pesan WhatsApp menjadi tempat utama bagi banyak orang dalam... selengkapnya

Inilah Keunggulan UPS Prolink, Tak Heran Jika Banyak Dicari
10 March 2023

Perlu kamu ketahui, UPS Prolink ini menjadi sebuah produk yang cukup populer dan dinilai mempunyai banyak keunggulan. Sehingga, tak heran... selengkapnya

Mengenal Sistem Hardware Software Brainware Secara Lengkap
14 May 2024

Hardware software brainware merupakan komponen-komponen yang ada dalam sebuah komputer. Ketiganya memiliki fungsi yang saling terkait dan saling mendukung, sehingga... selengkapnya

Keunggulan Earphone WUW R100 Microphone Black
18 March 2023

Salah satu perangkat yang harus ada sebagai pelengkap alat elektronik adalah earphone. Earphone menjadi kebutuhan hampir semua masyarakat, terutama di... selengkapnya

Mouse Komputer, Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Perawatannya
1 April 2024

Mouse menjadi salah satu komponen penting untuk mempermudah kita menggunakan perangkat komputer. Penting diketahui, mouse pertama kali dirancang oleh Douglas... selengkapnya

Beli Komputer Di Pusat Penjualan Komputer, Ini Yang Perlu Diperhatikan!
27 October 2022

Membeli komputer di pusat penjualan komputer, memang tidak bisa dibilang mudah, apalagi jika budget yang Anda miliki terbatas, atau tidak... selengkapnya

Mengenal Bluetooth Dongle dan Cara Menggunakannya
24 April 2024

Bluetooth dongle merupakan perangkat yang berukuran kecil, namun dapat digunakan untuk menerima serta mengirimkan sinyal Bluetooth. Umumnya perangkat ini akan... selengkapnya

Hardisk Komputer Rusak, Kenali Ciri-Ciri dan Tips Mereparasinya
18 April 2024

Hardisk komputer rusak wajib menjadi perhatian penting bagi pengguna komputer. Komponen utama ini, berfungsi sebagai media penyimpanan utama seluruh data... selengkapnya

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Ada Suara
31 July 2024

Komputer tidak ada suara jelas mengganggu penggunaannya. Hal ini karena pengguna jadi kesulitan dalam memanfaatkan aplikasi tertentu. Misalnya saja YouTube... selengkapnya

Splitter RCA, Ketahui Jenis, Fungsi dan Cara Memasangnya
10 March 2023

Splitter RCA merupakan konektor listrik yang biasa dipakai pada komponen audio. Jenis splitter ini juga bisa disebut dengan nama AV.... selengkapnya

Penyimpanan Laptop yang Benar, Perangkat Jadi Lebih Awet

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan marketing support kami

BY
● online
AC3
● online
AC5
● online
BY
● online
Halo, perkenalkan saya BY
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: